Senin, 10 Oktober 2016

laporan magang 2


LAPORAN
KEGIATAN MAGANG 2
MAN 2 WATAMPONE

Oleh
ANDI IHWANA
105355 81714



PROGRAM STUDI BAHASA DAN SASTRA INGGRIS
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAKASSAR
Agustus, 2016

KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadirat Allah SWT atas segala rahmat dan hidayah-Nya. Sehingga proses penulisan Laporan Magang II ini dapat saya susun sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.
Penulis sadar bahwa apa yang telah penulis peroleh tidak semata-mata hasil dari jerih payah penulis sendiri tetapi hasil dari keterlibatan semua pihak. Oleh sebab itu, penulis  menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada:
1.   Bapak Drs. Abbas, M.Pd.I selaku Kepala Sekolah MAN 2 WATAMPONE yang telah memberikan kesempatan kepada saya untuk melaksanakan observasi di MAN 2 WATAMPONE
2.   Ibu Farisha Andi Baso, S.Pd, M.Pd., selaku dosen pembimbing yang telah memonitor dan membimbing saya selama melaksanakan kegiatan magang.
3.   Ibu Aslirah, S. Pd., selaku guru pamong yang telah membantu dan membimbing saya selama melaksanakan observasi di Sekolah.
4.   Bapak dan Ibu guru serta staf/karyawan MAN 2 WATAMPONE yang telah membantu dan membimbing penulis selama melakukan kegiatan magang ini.
5.   Pihak-pihak yang tidak dapat saya sebutkan, atas bantuan, doa serta  dukungannya yang   berhubungan dengan pelaksanaan magang ini.
Semoga bantuan dan dukungan yang telah diberikan mendapat pahala dan hikmah dari Allah SWT.

Penulis menyadari sepenuhnya bahwa dalam penyusunan laporan ini masih banyak kekurangan, karena keterbatasan pengetahuan dan kemampuan, untuk itu kritik dan saran yang bersifat membangun dari pembaca sangat diharapkan demi kesempurnaan Laporan Magang II ini.
Akhir kata penulis berharap semoga laporan ini bermanfaat bagi kita semua.

       Bone, 10 Agustus 2016
                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                       Penulis












DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL..........................................................................................      i
LEMBAR PENGESAHAN................................................................................     ii
LEMBAR PENILAIAN.....................................................................................    iii
KATA PENGANTAR........................................................................................    iv
DAFTAR ISI.......................................................................................................    vi
BAB I PENDAHULUAN..................................................................................     1
A.  Visi Misi Sekolah.................................................................................     1
B.  Profil Sekolah.......................................................................................     2
BAB II PROSEDUR PELAKSANAAN...........................................................     7
A.  Jumlah siswa, tempat, dan waktu pelaksanaan MAGANG II.............     7
B.  Langkah-langkah melakukan pengamatan............................................     7
BAB III HASIL PELAKSANAAN DAN PEMBAHASAN...........................     9
A.  Hasil Telaah .........................................................................................     9
1.  Kurikulum.......................................................................................     9
2.  Strategi pembelajaran yang digunakan guru  .................................   17
3.  Rancangan RPP guru......................................................................   21
4.  Media pembelajaran yang digunakan guru......................................   24
5.  Sistem evaluasi pembelajaran yang digunakan guru.......................   25
B.   Hasil Pengembangan    .......................................................................   33
       1. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran................................................   33
       2. Bahan Ajar......................................................................................   41
       3.  Assessment......................................................................................   41
C.   Refleksi dan Pembahasan....................................................................   42
BAB IV SIMPULAN DAN SARAN................................................................   45
A.   Simpulan..............................................................................................   45
B.   Saran....................................................................................................   45
DAFTAR PUSTAKA......................................................................................... viii
LAMPIRAN-LAMPIRAN................................................................................. ix  
1. Dokumentasi proses pembelajaran di kelas2
2. Dokumentasi profil sekolah


























 BAB 1
PENDAHULUAN
A.    Visi Misi MAN 2 WATAMPONE
1.      Visi MAN 2 WATAMPONE
Menjadi Madrasah yang berakhlak Islami, Unggul dalam IPTEK, Berprestasi dalam Olahraga dan Seni, Populer dan Berdaya Saing Tinggi.
2.   Misi MAN 2 WATAMPONE
·      Meningkatkan kualitas pembelajaran melalui pengembangan sikap ilmiah, aplikasi nilai-nilai moral/akhlak dan pendalaman rasa persatuan dan kebersamaan
·      Meningkatkan kinerja dan profesionalisme seluruh pegawai Tata usaha dan Tenaga Kependidikan
·      Menumbuhkembangkan semangat keunggulan kepada peserta didik melalui pengembangan bakat dan minat siswa
·      Meningkatklan kualitas pelayanan dengan cepat, tepat dan efektif
·      Mengembangkan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran Administrasi Sekolah.

Catatan : Visi dan Misi MAN 2 WATAMPONE tertulis, dipajang dan sesuai dengan kondisi sekolah. Visi dan Misi sekolah ini disusun bersama pemangku sekolah (Kepala Sekolah, Guru dan Komite Sekolah), semua warga sekolah tahu dan memahami rumusan Visi dan Misi sekolah.


B.     Profil Sekolah
Madrasah Aliyah Negeri 2 Watampone terletak ditengah-tengah jantung kota Watampone tepatnya di Jalan Yos Sudarso (Poros jalan Pelabuhan Bajoe).
1.      Identitas Sekolah
No.
IDENTITAS SEKOLAH
1.        
NAMA MADRASAH
MAN 2 WATAMPONE
2.        
NSM
131173080010
3.        
AKREDITASI          
2005
4.        
TAHUN BERDIRI
1990
5.        
ALAMAT
JALAN YOS SUDARSO
6.        
KECAMATAN
TANETE RIATTANG
7.        
KEBUPATEN
BONE
8.        
KEGIATAN BELAJAR
PAGI
9.        
NAMA PIMPINAN
DRS. ABBAS, M.PD.I
10.    
STATUS SEKOLAH
NEGERI







2.      Jenis, dan Jumlah  Ruangan
No.
JENIS RUANGAN
JUMLAH RUANGAN
1.        
RUANG BELAJAR TEORI
27
2.        
RUANG KEPALA SEKOLAH
1
3.        
RUANG WAKIL KEPALA SEKOLAH
1
4.        
RUANG GURU
1
5.        
RUANG TATA USAHA
1
6.        
RUANG PERPUSTAKAAN
1
7.        
RUANG LABORATORIUM IPA
1
8.        
RUANG PRAKTEK KETERAMPILAN
1
9.        
GUDANG
1
10.    
RUANG WC
6
11.    
RUANG AULA
1
12.    
RUANG OLAH RAGA
1
13.    
RUANG BK
1
14.    
RUANG LAB KOMPUTER
1
15.    
KANTIN
5
16.    
POS SATPAM
1
17.    
MUSHOLLAH
1
18.    
RUANG BP
-
19.    
OSIS/UKS/LAIN-LAIN
4

3.      KUALIFIKASI GURU/PEGAWAI
NO
KUALIFIKASI GURU
JUMLAH ORANG
1.
S2
6
2.
S1
51
3.
SMA
8

JUMLAH
65

4.      JUMLAH GURU
Jumlah guru di MAN 2 Watampone adalah 48 0rang dan pegawai Tata Usaha ( TU ) sebanyak 18 orang. Berikut nama-nama guru dan pegawai Tata Usaha di MAN 2 Watampone.
No.
N A M A
JABATAN
ALAMAT
1.        
Drs. Abbas, M.Pd.I
Kepala  MAN  2 Wtp
Btn  Timurama  I Watampone
2.        
A. Salam, S.Pd
Guru  MAN  2 Wtp
Jln.Jend.Sudirman (GriyaAyu Lestari)
3.        
Dra. Hj.  Ruhaedah
Guru  MAN  2 Wtp
Jln. S. Limboto Watampone
4.        
Muh. Nur Musbir, S.Ag
Guru  MAN  2 Wtp
Perumnas Tibojong Blok  C/170
5.        
Sitti Shaliha, S.Ag., S.Pd, M.Pd
Guru  MAN  2 Wtp
Jln. Irian No. 15    Watampone
6.        
Harma, S.Pd
Guru  MAN  2 Wtp
Jln. Yos Sudarso / Cellu
7.        
Sanatang, S.Ag., M.Pd.I
Guru  MAN  2 Wtp
Jln. Sukawati
8.        
Hj.Aliyah, S.Ag,. M.Pd.I
Guru  MAN  2 Wtp
Btn  Macanang Indah I/8
9.        
Marta, S.Pd
Guru  MAN  2 Wtp
Jln. Yos Sudarso Watampone
10.     
Sawiyah, S.Pd
Guru  MAN  2 Wtp
Bone Biru Indah Permai B2/34
11.     
Hj. Ahdaniar, S.Pd
Guru  MAN  2 Wtp
Btn  Pepabri
12.     
Dra. Hj Wahidah Yunus
Guru  MAN  2 Wtp
Jln. Durian  Watampone
13.     
Aminah, S.Ag
Guru  MAN  2 Wtp
Perumnas Tibojong Blok c /170
14.     
Rosmawati, S.Pd
Guru  MAN  2 Wtp
Paccing
15.     
Sudarmi, SP
Guru  MAN  2 Wtp
Kelurahan Pappolo
16.     
Muhammad Daud, S.Ag
Guru  MAN  2 Wtp
Jln.Jend.Sudirman (Griya Ayu Lestari)
17.     
Muh. Rafid, S.Ag
Guru  MAN  2 Wtp
Perumahan Anggrek
18.     
Andi Irwan, S.S
Guru  MAN  2 Wtp
Btn Puri Mutiara Indah B/7
19.     
Maryana, S.Ag, S.Pd
Guru  MAN  2 Wtp
Btn Husnul Khotimah
20.     
Musdalifah, S.Pd
Guru  MAN  2 Wtp
Btn Biru Indah Permai B4/7
21.     
Nurhayati, S.Pd
Guru  MAN  2 Wtp
Btn Tibojong Indah
22.     
Suwaebah, S.Ag., S.Pd.I
Guru  MAN  2 Wtp
Jln. Lanto Dg. Pasewang
23.     
Hadijah, S.Pd.I
Guru  MAN  2 Wtp
Soga
24.     
Nasyriani Kadir, S.Ag
Guru  MAN  2 Wtp
Panyula
25.     
Nurhaedah, S.Pd.I
Guru  MAN  2 Wtp
Jln. Kh. Adam
26.     
M. Firdaus, S.Pd.I
Guru  MAN  2 Wtp
Perumnas Tibojong Blok C/65
27.     
Amilah Maspufah, S.Pd
Guru  MAN  2 Wtp
Jln. Serigala No.140
28.     
Nurlina, S.Ag, S.Pd.I
Guru  MAN  2 Wtp
Jln. S Cenrana
29.     
Hj. Sitti Ramlah, S.Ag.,M.Pd.I
Guru  MAN  2 Wtp
Jln. Yos Sudarso
30.     
Musdalifah, S.Pd.I
Guru  MAN  2 Wtp
Jln. Kawerang
31.     
Asriaty, SH.
Guru  MAN  2 Wtp
Jln.Lapawawoi Kr.Sigeri Lrog. Pemuda
32.     
A. Mashiyati, SE, S.Pd
Guru  MAN  2 Wtp
Jln. Lapawawoi Karaeng Sigeri
33.     
Samsinar S.Pd.I
Guru  MAN  2 Wtp
Jln. Lanto Dg. Pasewang
34.     
Nurhayati, S.Pd.I
Guru  MAN  2 Wtp
Jl.Sungai Musi
35.     
Darlina, S.Pd.I
Guru  MAN  2 Wtp
Jln. Jend. Sudirman
36.     
Hj. Nahidah, S.Pd.
Guru  MAN  2 Wtp
Jln. Yos Sudarso Watampone
37.     
M. Zaharuddin. H, S.Pd.I., M.Pd.I
Guru   MAN 2 Wtp
Jln. Jend. Sudirman
38.     
Jainuddin, S.Pd
Guru   MAN 2 Wtp
Panyula
39.     
St. Halijah, S.Pd.I
Guru   MAN 2 Wtp
Tokaseng
40.     
Junaedah, S.Pd
Guru   MAN 2 Wtp
Jln. Lapawawoi Karaeng Sigeri
41.     
Aslirah, S.Pd
Guru   MAN 2 Wtp
BTN Alda Watampone
42.     
Irmayanti, S.Pd
Guru   MAN 2 Wtp
Perumnas Tibojong
43.     
Dra. Musdalipah,
  Staf  TU  MAN  2      Wtp
Jln. Kawerang
44.     
Hasniah
Staf  TU  MAN  2 Wtp
Pattiro Bajo Kec. Sibulue
45.     
Nurhaedah
Kepala TU MAN 2 Wtp
Perumnas Tibojong
46.     
Hasnah
Staf  TU  MAN  2 Wtp
Btn Corawali
47.     
Megawati
Staf  TU  MAN  2 Wtp
Jln. Yos Sudarso
48.     
Dra. Darma
Staf  TU  MAN  2 Wtp
Btn Menara Biru
49.     
M. Sukri, SE
Staf  TU  MAN  2 Wtp
Jln. Sungai Limboto
50.     
Samsir
Staf  TU  MAN  2 Wtp
Kajao Laliddong
51.     
Deasy Hartina, S.Pd
Guru MAN 2 Wtp

Jln. Biru
52.     
Asdar. T, S.Sos
Staf  TU  MAN  2 Wtp
Btn  Harfana Halim Indah

53.     
Habriadi
Staf  TU  MAN  2 Wtp
Jln. Irian
54.     
Suciati Suraida, S.Sos
Staf  TU  MAN  2 Wtp
Btn Timurama 2
55.     
Wati
Guru MAN 2 Wtp
Soddange
56.     
Niar Ritsna Gisma, S.Pd
Guru MAN 2 Wtp
Jln Yos Sudarso
57.     
A . Nurhayati, S.Pd
Staf  TU  MAN  2  Wtp
Jln. Kinibalu
58.     
Andi Ria Magfira Syahbari
Guru MAN 2 Wtp
Btn Puri Mutiara Indah A/27
59.     
Andi Asharullah, S.Pd
Guru MAN 2 Wtp.
Btn coppoliang B/7
60.     
Ridwan Rahmat, S.Ag
Staf  TU. MAN 2 Wtp
Btn Alam Indah B3 No. 2
61.     
Tutiana, S.Pd.I
Staf TU. MAN 2 Wtp
Btn Timurama I
62.     
Andi Sandi Nursam Saputra, S.Pd
Staf TU. MAN 2 Wtp
Jln.Andalas
63.     
Andi Muzahhila, S.Sy
Staf TU. MAN 2 Wtp
Jln Yos Sudarso
64.     
Soefriyadi, S.Pd.I
Staf TU MAN 2 Wtp
Desa Cumpiga
65.     
Samsualang, S.Kom
Kepala  MAN  2 Wtp
Jln. Yos Sudarso

5.      Unit Kegiatan Siswa
Berikut 7 nama-nama unit kegiatan siswa di MAN 2 Watampone
a.       OSIS MAN 2 Watampone
OSIS selalu berperan dalam kegiatan-kegiatan yang diadakan oleh sekolah seperti pengadaan PORSENI setiap akhir semester, dan kegian lainnya.
b.      MPK
MPK yaitu singkatan dari Majelis Perwakilan Kelas, yaitu perkumpulan siswa dimana siswa terebut adalah perwakilan dari masing masing kelas yang bekerja sama dengan OSIS dalam melaksanakan berbagai kegiatan sekolah.
c.       Palang Merah Remaja (PMR)
PMR merupakan salah satu ekstrakurikuler yang bergerak dibidang kesehatan sosial.
d.      Pramuka
Pramuka merupakan wadah bagi siswa yang mengajarkan kepemimpinan, kemandirian, kedisiplinan, dan tanggung jawab.
e.       Sanggar Seni Budaya
Sanggar seni budaya adalah perkumpulan siswa-siswa yang memiliki bakat dalam bidang seni, dimana bakat para siswa diasah kemudian mewakili sekolah dalam berbagai perlombaan kesenian.
f.       PKS (Patroli Keamanan Sekolah)
Organisasi ini bergerak di bidang keamanan sekolah. Para siswa yang bergabung di organisasi ini harus mengontrol keamanan sekolah seyiap harinya.
g.           Paskibraka
Organisasi ini melatih para siswa yg memiliki minat di paskibraka.

















BAB II
PROSEDUR PELAKSANAAN
A.    Jumlah Siswa, Tempat, dan Waktu Pelaksanaan
1.      Jumlah Siswa
Jumlah siswa MAN 2 Watampone pada tahun ajaran 2016/2017 yaitu berjumlah 451 siswa, dimana siswa laki-laki sebanyak 202, sedangkan siswa perempuan sebanyak 249 siswa.
Berikut data siswa MAN 2 Watampone :
KELAS
JUMLAH
TOTAL
LAKI-LAKI
PEREMPUAN
X
97
97
194
XI
58
77
135
XII
47
75
122
TOTAL
202
249
451





2.      Tempat
Tempat pelaksanaan magang II dilaksanakan di MAN 2 Watampone, Jalan Yos SudarsoKecamatan Tanete Riattang, Kabupaten Bone.
3.      Waktu Pelaksanaan Magang II
Waktu pelaksanaan magang II dilaksanakan selama satu bulan mulai dari 01-30 agustus 2016. Jumlah masuk sekolah 12 kali pertemuan. Berada di sekolah dari pukul 07.00 WITA sampai dengan 13.30 WITA.
4.      Langkah – langkah Melakukan pengamatan
a.       Mengikuti pembekalan magang II yang dilaksanakan selama 2 hari di kampus UNISMUH Makassar.
b.      Menyerahkan surat dan berkomunikasi dengan Kepala Sekolah MAN 2 Watampone, sekaligus meminta izin melakukan observasi kegiatan magang II.
c.       Menemui guru yang akan diobservasi dan membimbing selama melakukan kegiatan magang.
d.      Bertanya tentang kurikulum yang digunakan sekolah sekaligus menelaah silabus dan RPP yang digunakan oleh guru yang diobservasi.
e.       Melakukan pengamatan cara guru mengajar apakah sesuai dengan RPP yang dibuat atau tidak, dan cara siswa belajar dalam proses pembelajaran di ruang kelas X MAN 2 Watampone.
f.       Mengamati strategi, metode, dan media pembelajaran yang digunakan guru.
g.      Mengamati teknik, bahan ajar, dan sistem evaluasi guru dalam proses belajar mengajar di dalam kelas.
h.      Konsultasi mengenai RPP yang telah dibuat.
i.        Mengumpulkan data dan menyusun hasil laporan pengamatan kegiatan magang II.
j.        Konsultasi dan meminta penilaian dari guru yang diobservasi (Pembimbing) mengenai laporan yang telah dibuat.
k.      Bertemu guru dan Kepala Sekolah dan menutup kegiatan magang.




BAB III
HASIL PELAKSANAAN DAN PEMBAHASAN
A.    Hasil Telaah
1.      Kurikulum
Pengertian kurikulum seperti yang tertera dalam Undang-undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional "Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu". Dalam panduan penyusunan kurikulum tingkat satuan pendidikan jenjang pendidikan dasar dan menengah yang dikeluarkan oleh BSNP, pengertian kurikulum yang digunakan mengacu pada pengertian seperti yang tertera dalam UU tersebut. Secara lebih jelas dikatakan bahwa KTSP adalah kurikulum operasional yang disusun oleh dan dilaksanakan di masing-masing satuan pendidikan. KTSP terdiri dari tujuan pendidikan  tingkat satuan pendidikan, struktur dan muatan kurikulum tingkat satuan pendidikan, kalender pendidikan, dan silabus. Berdasarkan informasi yang didapatkan dari bagian kurikulum MAN 2 Watampone yang mengatakan bahwa kurikulum yang dipakai/diterapkan di MAN 2 Watampone adalah Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).
KTSP secara yuridis diamanatkan oleh Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Penyusunan KTSP oleh sekolah dimulai tahun ajaran 2007/2008 dengan mengacu pada Standar Isi (SI) dan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) untuk pendidikan menengah sebagaimana yang diterbitkan melalui Peraturan Menteri Pendidikan Nasional masing-masing Nomor 22 Tahun 2006 dan Nomor 23 Tahun 2006.Pada prinsipnya, KTSP merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari SI, namun pengembangannya diserahkan kepada sekolah agar sesuai dengan kebutuhan sekolah itu sendiri. KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan) terdiri dari tujuan pendidikan tingkat satuan pendidikan, struktur dan muatan kurikulum tingkat satuan pendidikan, kalender pendidikan, dan silabus. Pelaksanaan KTSP  mengacu pada Permendiknas Nomor 24 Tahun 2006 tentang Pelaksanaan SI dan SKL.
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) merupakan revisi dan pengembangan dari Kurikulum Berbasis Kompetensi atau ada yang menyebut Kurikulum 2004. KTSP lahir karena dianggap KBK masih sarat dengan beban belajar dan pemerintah pusat dalam hal ini DEPDIKNAS masih dipandang terlalu intervensi dalam mengembangan kurikulum. OIeh karena itu, dalam KTSP beban belajar siswa sedikit berkurang dan tingkat satuan pendidikan (sekolah, guru, dan komite sekolah) diberikan kewenangan untuk mengembangan kurikulum, seperti membuat indikator, silabus, dan beberapa komponen kurikulum lainnya.
a.    Kelebihan / Keunggulan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)
1)   Mendorong terwujudnya otonomi sekolah dalam menyelenggarakan   pendidikan. Tidak dapat diungkiri bahwa salah satu bentuk kegagalan pelaksanaan kurikulum di masa lalu ialah adanya penyeragaman kurikulum di seluruh Indonesia, tidak melihat kepada situasi riil di lapangan, dan kurang menghargai atau meninjau potensi keunggulan lokal yang ada dan bisa dimunculkan sekolah didaerah atau provinsi.
2)   Mendorong para guru, kepala sekolah, dan pihak manajemen sekolah untuk semakin meningkatkan kreativitasnya dalam penyelenggaraan program-program pendidikan dan dapat tercapainya pendidikan karakter.
3)   KTSP sangat memungkinkan bagi tiap sekolah untuk mengembangkan mata pelajaran tertentu bagi kebutuhan siswa.
4)   Untuk mengantisipasi permasalahan pendidikan, namun secara umum, KTSP  biasa diandalkan menjadi patokan menghadapi tantangan masa depan dengan pembekalan keterampilan peserta didik.
5)   Peserta didik juga diajak bicara, diskusi, wawancara dan membahas masalah – masalah yang kontekstual ,yang dalam kenyataanya memang diperlukan sehingga peserta didik menjadi lebih mengerti dan menjiwai permasalahannya karena sesuai dengan keadaan peserta didik dalam kehidupan sehari- hari.
6)   Peserta didik tidak hanya dituntun menghafal namun yang lebih penting adalah proses belajar mengajar sehingga mendorong peserta didik untuk meneliti dan mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari – hari.
7)      KTSP mengurangi beban belajar siswa yang sangat padat dan memberatkan kurang lebih 20 persen.
8)      KTSP memberikan peluang yang lebih luas kepada sekolah-sekolah plus untuk mengembangkan kurikulum sesuai dengan kebutuhannya.
9)      Guru sebagai pengajar, pembimbing, pelatih dan pengembang kurikulum.
10)  Kurikulum sangat humanis, yaitu memberikan kesempatan kepada guru untuk mengembangkan isi/konten kurikulum sesuai dengan kondisi sekolah, kemampuan peserta didik dan kondisi daerahnya masing-masing.
11)  Standar kompetensi yang memperhatikan kemampuan individu, baik kemampuan, kecakapan belajar, maupun konteks sosial budaya.
12)  Berbasis kompetensi sehingga peserta didik berada dalam proses perkembangan yang berkelanjutan dari seluruh aspek kepribadian, sebagai pemekaran terhadap potensi-potensi bawaan sesuai dengan kesempatan belajar yang ada dan diberikan oleh lingkungan.
13)  Guru sebagai fasilitator yang bertugas mengkondisikan lingkungan untuk memberikan kemudahan belajar peserta didik.
14)  Mengembangkan ranah pengetahuan, sikap, dan keterampilan berdasarkan pemahaman yang akan membentuk kompetensi individual.
15)  Pembelajaran yang dilakukan mendorong terjadinya kerjasama antar sekolah, masyarakat, dan dunia kerja yang membentuk kompetensi peserta didik.
16)  Kegiatan pembelajaran lebih bervariasi, dinamis dan menyenangkan.
17)  Menggunakan berbagai sumber belajar.
18)  Evaluasi berbasis kelas yang menekankan pada proses dan hasil belajar.
19)  Guru sebagai fasilitator yang bertugas mengkondisikan lingkungan untuk memberikan kemudahan belajar siswa.
b.Kelemahan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)
1)      Kurangnya SDM yang diharapkan mampu menjabarkan KTSP pada kebanyakan satuan pendidikan yang ada. Minimnya kualitas guru dan sekolah.
2)   Kurangnya ketersediaan sarana dan prasarana pendukung sebagai   kelengkapan dari pelaksanaan KTSP .
3)   Masih banyak guru yang belum memahami KTSP secara komprehensif baik konsepnya, penyusunannya,maupun prakteknya di lapangan.
4)      Penerapan KTSP yang merekomendasikan pengurangan jam pelajaran akan berdampak berkurangnya pendapatan guru. Sulit untuk memenuhi kewajiban mengajar 24 jam, sebagai syarat sertifikasi guru untuk mendapatkan tunjangan profesi.
5)   Pola kurikulum lama yang terlanjur mengekang kreativitas guru.
6)Tidak tersedianya sarana dan prasarana yang lengkap dan representatif juga merupakan kendala yang banyak dijumpai di lapangan, banyak satuan pendidikan yang minim alat peraga, laboratorium serta fasilitas penunjang yang menjadi syarat utama pemberlakuan KTSP.
7)   Diperlukannya waktu yang cukup oleh pedidik dalam membina perkembangan peserta didiknya,terutama peserta didik yang berkemampuan dibawah rata – rata. Kenyataan membuktikan , kondisi sosial, dan ekonomi yang menghimpit kesejahteraan hidup para guru.
8)    Kendala lain yang dialami guru adalah ketidakpahaman mengenai apa dan bagaimana melakukan evaluasi dengan protofolio karena ketidakpemahaman  ini mereka kembali kepada pola assessment lama dengan tes dan ulangan yang cognitive based semata.
c.       Tujuan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)
1)   Mendorong terwujudnya otonomi sekolah dalam penyelenggaraan pendidikan.
2)   Mendorong para guru, kepala sekolah, dan pihak manajemen sekolah untuk semakin meningkatkan kreativitasnya dalam penyelenggaraan program-program pendidikan.
3)   KTSP sangat memungkinkan bagi setiap sekolah untuk menitikberatkan dan mengembangkan mata pelajaran tertentu yang acceptable bagi kebutuhan siswa.
4)   KTSP akan mengurangi beban belajar siswa yang sangat padat dan memberatkan kurang lebih 20%.
5)   KTSP memberikan peluang yang lebih luas kepada sekolah-sekolah plus untuk mengembangkan kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan.
Penerapan kurikulum KTSP di MAN 2 Watampone telah dilaksanakan semaksimal mungkin. Dengan adanya kurikulum 2013 banyak terjadi kendala yang dihadapi pihak sekolah. Mulai dari masalah yang berhubungan dengan pendidik yang belum semua memperoleh pelatihan sampai pada persiapan dalam penerapan kurikulum 2013 yang belum maksimal. Melalui KTSP ini sekolah dapat melaksanakan program pendidikannya sesuai dengan karakteristik, potensi, dan kebutuhan peserta didik. Untuk itu, dalam pengembangannya melibatkan seluruh warga sekolah dengan berkoordinasi kepada pemangku kepentingan di lingkungan sekitar sekolah.
Dalam hal ini dipaparkan tentang Kurikulum MAN 2 Watampone, yang secara keseluruhan mencakup:
1.   Struktur dan muatan kurikulum
2.   Beban belajar peserta didik
3.   Kalender pendidikan  
4.   Silabus,
5.   Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP)
d.      Struktur dan Muatan Kurikulum
Struktur kurikulum pada dasarnya merupakan pola dan susunan mata pelajaran yang harus ditempuh oleh siswa dalam kegiatan pembelajaran. Kedalaman muatan kurikulum pada setiap mata pelajaran pada setiap satuan pendidikan dituangkan dalam kompetensi yang harus dikuasai  siswa  sesuai dengan beban belajar yang tercantum dalam struktur kurikulum  tersebut. Kompetensi yang dimaksud terdiri atas standar kompetensi dan kompetensi dasar yang dikembangkan berdasarkan standar kompetensi lulusan. Muatan lokal dan kegiatan pengembangan diri merupakan bagian integral dari struktur kurikulum pada jenjang pendidikan dasar dan menengah. Jika ditelaah dari dokumen Standar Isi sebagai lampiran Permendiknas No. 22/2006, struktur kurikulum tersebut dibedakan pada masing-masing tingkat satuan pendidikan (SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, dan SMK).
Struktur kurikulum SMA/MA meliputi substansi pembelajaran yang ditempuh dalam satu jenjang pendidikan selama tiga tahun mulai kelas X sampai dengan kelas XII. Struktur kurikulum disusun berdasarkan standar kompetensi lulusan dan standar kompetensi mata pelajaran. Pengorganisasian kelas-kelas pada SMA/MA dibagi ke dalam dua kelompok, yaitu kelas X merupakan program umum yang diikuti oleh seluruh siswa, dan kelas XI dan XII merupakan program penjurusan yang terdiri atas empat program: (1) Program Ilmu Pengetahuan Alam, (2) Program Ilmu Pengetahuan Sosial, (3) Program Bahasa, dan (4) Program Keagamaan, khusus untuk MA.
e.       Beban belajar peserta didik
Selain terdiri atas sejumlah mata pelajaran yang keluasan dan kedalamannya merupakan beban belajar bagi siswa pada satuan pendidikan tertentu, dalam struktur kurikulum pendidikan dasar dan menengah terdapat muatan lain, yaitu muatan lokal dan kegiatan pengembangan diri. Muatan lokal merupakan kegiatan kurikuler untuk mengembangkan kompetensi yang disesuaikan dengan ciri khas dan potensi daerah, termasuk keunggulan daerah, yang materinya tidak dapat dikelompokkan ke dalam mata pelajaran yang ada, yaitu:
1)      Struktur Kurikulum Kelas X
a)Kurikulum Kelas X terdiri atas: 
ü  16 mata pelajaran
ü  Program pengembangan diri. 
b)      Sekolah tidak menambah alokasi waktu untuk setiap mata pelajaran. Jam pembelajaran untuk setiap mata pelajaran dialokasikan sebagaimana tertera dalam struktur kurikulum.  
2)      Struktur Kurikulum Kelas XI dan XII
a)      Kurikulum Kelas XI dan XII Program IPA dan Program IPS, terdiri atas: 
ü  13 mata pelajaran
ü  Program pengembangan diri
b)      Sekolah tidak menambah alokasi waktu untuk setiap mata pelajaran.
Pada tahap mata pelajaran, pengembangan kurikulum diwujudkan dalam bentuk  silabus pembelajaran  untuk masing masing mata pelajaran yang dikembangkan  pada masing-masing satuan pendidikan. Dari  silabus pembelajaran tersebut oleh guru selanjutnya dijabarkan menjadi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) atau program yang akan dilaksanakan pada periode belajar tertentu.
Dalam periode waktu tersebut diharapkan para siswa dapat menguasai satu kesatuan  kompetensi baik berupa  pengetahuan, sikap, maupun keterampilan tertentu. Jadi, jam pembelajaran untuk setiap mata pelajaran dialokasikan sebagimana tertera dalam struktur kurikulum.
Strategi  pembelajaran adalah suatu kegiatan pembelajaran yang harus dikerjakan guru agar tujuan pembelajaran dapat dicapai secara efektif dan efisien (Senjaya: 2008).  Selanjutnya, dengan mengutip pemikiran J. R David dalam Senjaya: 2008 menyebutkan bahwa dalam strategi pembelajaran terkandung makna perencanaan. Artinya, bahwa strategi pada dasarnya masih bersifat konseptual tentang keputusan-keputusan yang akan diambil dalam suatu pelaksanaan pembelajaran.
Metode merupakan langkah operasional dari strategi  pembelajaran yang dipilih dalam mencapai tujuan belajar, sehingga bagi pengajar dalam menggunakan suatu metode pembelajaran harus disesuaikan dengan jenis strategi yang digunakan. Ketepatan penggunaan suatu metode akan menunjukkan fungsionalnya strategi dalam kegiatan pembelajaran.
Strategi pembelajaran sifatnya masih konseptual dan untuk mengimplementasikannya digunakan berbagai metode pembelajaran tertentu. Dengan kata lain, strategi merupakan “a plan of operation achieving something” sedangkan metode adalah “a way in achieving something” (Senjaya: 2008).   Jadi,  metode pembelajaran dapat diartikan sebagai cara yang digunakan untuk mengimplementasikan rencana yang sudah disusun dalam bentuk kegiatan nyata dan praktis untuk mencapai tujuan pembelajaran. Terdapat beberapa metode pembelajaran yang dapat digunakan untuk mengimplementasikan strategi pembelajaran, diantaranya: (1) ceramah; (2) demonstrasi; (3) diskusi; (4) simulasi; (5) laboratorium; (6) pengalaman lapangan; (7) brainstorming; (8) debat, (9) simposium, dan sebagainya.
Selanjutnya metode pembelajaran dijabarkan ke dalam teknik dan gaya pembelajaran. Dengan demikian,  teknik pembelajaran dapat diartikan sebagai cara yang dilakukan seseorang dalam mengimplementasikan suatu metode secara spesifik. Misalkan, penggunaan metode ceramah pada kelas dengan jumlah  siswa yang relatif banyak membutuhkan teknik tersendiri, yang tentunya secara teknis akan berbeda dengan penggunaan metode ceramah pada kelas yang jumlah siswanya terbatas. Demikian pula, dengan penggunaan metode diskusi, perlu digunakan teknik yang berbeda pada kelas yang siswanya tergolong aktif dengan kelas yang siswanya tergolong pasif.
a.       Strategi yang digunakan guru dengan tujuan yang akan dicapai dalam pembelajaran
Berdasarkan pengamatan saya strategi yang digunakan guru sudah sesuai dengan tujuan pembelajaran yang akan dicapai yaitu pada pembelajaran Bahasa Inggris strategi yang digunakan adalah model inquiry learning. Dengan model ini siswa di pasangkan dengan teman sebangku/duduknya. Lalu siswa mendiskusikan permasalahan dan perintah yang diberikan oleh guru. Setelah itu setiap pasangan mempraktekan hasil diskusi dengan temannya di depan kelas. 
Hal ini dilakukan guru agar siswa bisa aktif dalam belajar sehingga proses pembelajaran pun berjalan sesuai dengan yang diharapkan dan dapat mencapai indikator atau tujuan pembelajaran.
b.      Strategi yang digunakan guru dengan materi pembelajaran yang digunakan
Berdasarkan hasil pengamatan yang saya lakukan di kelas X pada pelajaran Bahasa Inggris dengan materi tentang Responding to initial greetings. Guru dalam menyampaikan materi kepada siswa menggunakan strategi dengan menggunakan tiga kata kunci yaitu tatap muka, terstruktur, dan mandiri. Hal ini dapat diaplikasikan yaitu dengan meminta siswa untuk membuat dialog dengan teman sebangkunya sehingga siswa dapat melakukan conversation dialogue yang mereka buat sendiri, lalu mempraktekan dialog tersebut di depan kelas sesuai dengan materi pembelajaran yang telah diberikan oleh guru.
c.       Strategi yang digunakan guru dengan metode pembelajaran yang digunakan
Berdasarkan pengamatan yang saya lakukan di kelas X strategi yang telah disusun oleh guru sudah sesuai dengan metode yang digunakan yaitu dengan menggunakan metode Total physical response (TPR) dan ceramah. Metode-metode ini sangat sesuai dengan materi pembelajaran karena dengan menggunakan metode TPR ini sangat mudah dan ringan dalam segi penggunaan bahasa dan juga mengandung unsur gerakan permainan sehingga dapat menghilangkan stress pada peserta didik karena masalah-masalah yang dihadapi dalam pelajarannya terutama pada saat mempelajari bahasa asing, dan juga dapat menciptakan suasana hati yang positif pada peserta didik yang dapat memfasilitasi pembelajaran sehingga dapat meningkatkan motivasi dan prestasi siswa dalam pelajaran tersebut. Makna atau arti dari bahasa sasaran dipelajari selama melakukan aksi.
              Pada pembelajaran tentang materi Responding to initial greetings terlebih dahulu siswa di pasangkan dengan teman sebangkunya, lalu mereka diberikan kesempatan untuk membuat dialog sendiri berdasarkan materi yang telah dijelaskan kemudian guru meminta siswa untuk mempraktekan dialog tersebut di depan kelas. Dengan metode ini siswa lebih mudah untuk berpartisipasi dalam menyumbangkan ide dan gagasan dalam membuat dialog sendiri.
Berdasarkan pengamatan saya terhadap rancangan RPP guru untuk mata pelajaran bahasa Inggris di tingkat satuan pendidikan (SMA) di MAN 2 WATAMPONE, ada beberapa macam format berkaitan dengan pencantuman komponen ’tujuan’ dan ’indikator’ yang digunakan masing-masing guru.
Perencanaan pembelajaran dirancang dalam bentuk Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang mengacu pada Standar Isi. Perencanaan pembelajaran meliputi penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran dan penyiapan media dan sumber belajar, perangkat penilaian pembelajaran, dan skenario pembelajaran. Penyusunan Silabus dan RPP disesuaikan pendekatan pembelajaran yang digunakan.
a.       Unsur-unsur pokok yang terkandung dalam RPP meliputi:
1)      Identitas mata pelajaran (nama mata pelajaran, kelas, semester, dan waktu/banyaknya jam pertemuan yang dialokasikan).
2)      Kompetensi dasar dan indikator-indikator yang hendak dicapai.
3)      Materi pokok beserta uraiannya yang perlu dipelajari siswa dalam rangka mencapai kompetensi dasar dan indikator.
4)      Kegiatan pembelajaran (kegiatan pembelajaran secara konkret yang harus dilakukan siswa dalam berinteraksi dengan materi pembelajaran dan sumber belajar untuk menguasai kompetensi dasar dan indikator).
5)      Alat dan media yang digunakan untuk memperlancar pencapaian kompetensi dasar, serta sumber bahan yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran sesuai dengan kompetensi dasar yang harus dikuasai.
6)      Penilaian dan tindak lanjut (prosedur dan instrumen yang akan digunakan untuk menilai pencapaian belajar siswa serta tindak  lanjut hasil penilaian).
b.      Prinsip-prinsip Penyusunan RPP :
1)    Perencanaan pembelajaran harus berdasarkan kondisi siswa.
2)    Perencanaan pembelajaran harus berdasarkan kurikulum yang berlaku.
3)    Perencanaan pembelajaran harus memperhitungkan waktu yang tersedia.
4)    Perencanaan pembelajaran harus merupakan urutan kegiatan pembelajaran yang sistematis.
5)    Perencanaan pembelajaran bila perlu lengkapi dengan lembaran kerja/tugas dan atau lembar observasi.
6)    Perencanaan pembelajaran harus bersifat fleksibel.
7)    Perencanaan pembelajaran harus berdasarkan pada pendekatan sistem yang mengutamakan keterpaduan antara tujuan/kompetensi, materi, kegiatan belajar dan evaluasi.
Prinsip-prinsip tersebut harus dijadikan landasan dalam penyusunan RPP. Selain itu, secara praktis dalam penyusunan RPP, seorang guru harus sudah menguasai bagaimana menjabarkan kompetensi dasar menjadi indikator, bagaimana dalam memilih materi pembelajaran yang sesuai dengan kompetensi dasar, bagaimana memilih alternatif metode mengajar yang dianggap paling sesuai untuk mencapai kompetensi dasar, dan bagaimana mengembangkan evaluasi proses dan hasil belajar.
*Contoh Format Rencana Pelaksanaan Pembelajaran:
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Sekolah                       : ………………………………………..
Mata Pelajaran            : ………………………………….….....
Kelas/Semester            : ………………………………….…….
Alokasi Waktu            : ………. x pertemuan (@ …… menit)
Standar Kompetensi : .................................................................
Kompetensi Dasar    : ......................................................................
Indikator                   : ......................................................................
I.    Tujuan Pembelajaran..................................................................
II.   Materi Pembelajaran..................................................................
III.  Metode Pembelajaran................................................................
IV.  Langkah-langkah Pembelajaran
A.   Kegiatan Awal...........................................................................
B.   Kegiatan Inti..............................................................................
C.   Kegiatan Akhir..........................................................................
V.   Alat, Bahan, dan Sumber Belajar .............................................
VI.  Penilaian....................................................................................
Berdasarkan penjelasan di atas dan hasil pengamatan saya mengenai RPP yang telah dibuat oleh guru MAN 2 Watampone mata pelajaran bahasa Inggris kelas X sudah sesuai dengan komponen-komponen Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dalam KTSP di atas. memuat identitas sekolah (sekolah, mata pelajaran, Kelas/semester, materi pokok, alokasi waktu), Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar dan Indikator, tujuan pembelajaran, materi pembelajaran metode pembelajaran, media, alat,sumber pembelajaran, langkah-langkah kegiatan pembelajaran (pendahuluan, kegiatan inti, dan penutup), penilaian (jenis/teknik penilaian, bentuk instrumen dan instrumen, pedoman penskoran).
Media pembelajaran adalah sarana yang dapat dimanipulasikan dan dapat digunakan mempengaruhi pikiran, perasaan, perhatian dan sikap peserta didik, sehingga mempermudah terjadinya proses pembelajaran. Pikiran, perasaan, perhatian dan sikap peserta didik dalam pembelajaran dapat dirangsang dengan menggunakan media pembelajaran. Pemanfaatan media pembelajaran diharapkan dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran.
Media pembelajaran atau alat bantu belajar merupakan semua alat yang dapat digunakan untuk membantu peserta didik melakukan perbuatan belajar, sehingga kegiatan belajar menjadi efisien dan efektif. Dengan bantuan berbagai alat, maka pelajaran akan lebih menarik, menjadi konkrit, mudah dipahami, hemat waktu dan tenaga, dan hasil belajar lebih bermakna. Alat bantu belajar disebut juga alat peraga, misalnya dalam bentuk bahan tercetak, alat-alat yang dapat dilihat, alat yang dapat didengar (media audio), dan alat-alat yang dapat didengar dan dilihat (audio visual aids), serta sumber-sumber masyarakat yang dapat dialami secara langsung.
Media pembelajaran yang dipakai oleh guru mata pelajaran bahasa Inggris di MAN 2 Watampone sesuai dengan materi yang sedang diajarkan. Meliputi kaset/CD, tape, dan LCD yang mendukung dalam proses belajar mengajar. Penggunaan media pembelajaran khususnya untuk mata pelajaran bahasa Inggris sangat penting untuk mendukung proses belajar siswa.
Berdasarkan kurikulum KTSP, sistem evaluasi KTSP ditekanan pada penilaian berbasis kelas. Penilaian yang dilakukan secara terpadu dan komprehensif terhadap proses dan hasil belajar siswa, dengan menggunakan beberapa teknik yang relevan, sehingga memperoleh profil kompetensi yang dimiliki siswa.
Karakteristik operasional Penilaian Berbasis Kompetensi :
ü Berorientasi pada kompetensi (Standar kompetensi, Kompetensi dasar)
ü Mengacu pada indikator pada pencapaian hasil belajar
ü Menggunakan standar acuan patokan (kriteria ketuntasan minimal –s.d. ketuntasan maksimal)
ü  Menggunakan standar skala kuantitatif 0-100, dan kualiatif, A (sangat baik), B (baik), C (cukup), D (kurang), E (sangat kurang). Ketuntasan minimal 70 % - ketuntasan maksimal 100 %
ü  Memakai bebagai macam teknik penilaian, antara lain: ulangan harian, tugas individu, kuis, pertanyaan lisan, tugas kelompok, ujian akhir semester, baik dalam bentuk tes pilihan ganda, esai, atau lainnya penilaian unjuk kerja, portofolio, dan lain-lain.
Berdasarkan hasil pengamatan saya pada RPP mata pelajaran bahasa Inggris kelas X semester 1 yang di lakukan di MAN 2 Watampone. Saya menemukan bahwa evaluasi yang digunakan guru dengan tujuan pembelajaran adalah evaluasi tes, non tes, dan penugasan. Evaluasi ini lebih dipilih guru karena sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ada. Oleh karena itu, saya menyimpulkan bahwa evaluasi yang diadakan guru berdasarkan tujuan pembelajaran ini sudah sangat sesuai dengan tujuan pembelajaran dan kurikulum. Selain itu juga, evaluasi ini bisa memudahkan guru dan siswa dalam melaksanakan tugas-tugasnya, baik itu sebagai penyampaian materi pelajaran maupun sebagai siswa yang menerima pelajaran. Berikut ini adalah contoh format Rencana Pelaksanaan Guru (RPP).



Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Nama Sekolah                 :     MAN 2 WATAMPONE
Mata Pelajaran                :     Bahasa Inggris
Kelas/Semester                :     XII / 1
Alokasi Waktu                 :     2 x 45 menit ( 1x pertemuan )
Topik Pembelajaran       :     Announcement
Pertemuan Ke                 :   1

A.     Standar Kompetensi
         Berbicara
1.              Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek dan monolog yang berbentuk narrative, explanation, dan discussion dalam konteks kehidupan sehari-hari.

B.     Kompetensi Dasar
1.1     Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek secara akurat, lancar, dan berterima yang menggunakan ragam bahasa lisan dalam berbagai konteks  kehidupan sehari-hari (teks pengumuman).

C.     Indikator Pencapaian Kompetensi
Indikator Pencapaian Kompetensi
Nilai budaya dan karakter bahasa
·         Menggunakan bahasa lisan dalam menyampaikan teks fungsional pendek
Religius, jujur, toleransi, disiplin. Kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tau, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggungjawab dan mandiri

Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
§  Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
§  Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
§  Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
§  Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)

D.     Tujuan Pembelajaran
    Pada akhir pembelajaran siswa dapat :
·         Memahami bahasa dan struktur bahasa short functional text
·         Menggunakan bahasa lisan dalam menyampaikan  teks functional pendek
E.        Materi Pokok
·         Teks fungsional pendek
·         Kosakata terkait

F.      Metode Pembelajaran/Teknik:
   Three-phase technique
·         Pre listening
·         Whilst listening
·         Post listening

G.     Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
§  Bertanya jawab tentang isi cerita (karakter, setting, plot) yang sudah dibaca, ditonton, dan/atau didengar.
§  Membahas nilai-nilai yang terkandung dalam cerita, sikap dan perilaku para tokoh.
§  Membahas unsur dan langkah retorika dalam teks naratif.
§  Membahas ciri-ciri leksikogramatika.
§  Nonton film
§  Mendengarkan cerita (secara langsung atau dengan media elektronik).
§  Membacakan cerita kepada kelompok atau kelas (monolog).
§  Menceritakan kembali cerita kepada kelompok atau kelas (monolog).
§  Membahas kesulitan yang dihadapi siswa dalam melakukan kegiatan terstruktur dan mandiri.

§  Dengan kelompok belajarnya, siswa diberi tugas untuk melakukan hal-hal berikut, dan melaporkan setiap kegiatan kepada guru, a.l. tentang tempat, siapa saja yang datang, kesulitan yang dihadapi.
§  Bertanya jawab tentang isi cerita (karakter, setting, plot) yang sudah dibaca, ditonton, dan/atau didengar dengan kelompok belajarnya
§  Membahas nilai-nilai yang terkandung dalam cerita, sikap dan perilaku para tokoh.
§  Membahas unsur dan langkah retorika dalam teks naratif.
§  Membahas ciri-ciri leksikogramatika.
§  Nonton film.
§  Mendengarkan cerita (secara langsung atau dengan media elektronik).
§  Membacakan cerita kepada kelompok (monolog).
§  Menceritakan kembali cerita kepada kelompok (monolog).

§  Siswa melakukan berbagai kegiatan terkait dengan wacana berbentuk naratif di luar tugas tatap muka dan terstruktur yang diberikan guru.
§  Siswa mengumpulkan setiap hasil kerja dalam portofolio, dan melaporkan hal-hal yang sudah diperoleh serta kesulitan yang dihadapi secara rutin kepada guru.


Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Awal  (10’)
·         Mengucapkan salam dengan ramah kepada siswa ketika memasuki ruang kelas (nilai yang ditanamkan: santun, peduli)
·         Mengecek kehadiran siswa (nilai yang ditanamkan: disiplin, rajin)
·         Mengaitkan materi/kompetensi yang akan dipelajari dengan karakter
·         Dengan merujuk pada silabus, RPP, dan bahan ajar, menyampaikan butir karakter yang hendak dikembangkan selain yang terkait dengan SK/KD
·         Siswa berdiskusi mengenai pertanyaan yang tertera di buku teks

Kegiatan Inti (70’)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi guru:
§  Memberikan stimulus berupa pemberian materi Teks fungsional pendek “announcement”.
§  Mendiskusikan materi bersama siswa  (Buku : Bahan Ajar Bahasa Inggris mengenai Teks fungsional pendek “announcement”.
§  Memberikan kesempatan pada peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan mengenai Teks fungsional pendek “announcement”.
§  Siswa diminta membahas contoh soal dalam Buku : Bahan Ajar Bahasa Inggris mengenai Teks fungsional pendek “announcement”.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi guru:
§  Membiasakan siswa membuat kalimat Teks fungsional pendek “announcement”.
§  Memfasilitasi siswa melalui pemberian tugas mengerjakan latihan soal yang ada pada buku ajar Bahasa Inggris untuk dikerjakan secara individual.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi  guru:
§  Memberikan umpan balik pada siswa dengan memberi penguatan dalam bentuk lisan pada siswa yang telah dapat menyelesaikan tugasnya.
§  Memberi konfirmasi pada hasil pekerjaan yang sudah dikerjakan oleh siswa melalui sumber buku lain.
§  Memfasilitasi siswa melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang sudah dilakukan.
§  Memberikan motivasi kepada siswa yang kurang dan belum bisa mengikuti dalam materi mengenai Teks fungsional pendek “announcement”.
Kegiatan Akhir (10’)
§  Siswa diminta membuat rangkuman dari materi mengenai Teks fungsional pendek “announcement”.
§  Siswa dan Guru melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
§  Siswa diberikan pekerjaan rumah (PR) berkaitan dengan materi mengenai Teks fungsional pendek “announcement”.
§  Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
H.     Sumber/Bahan/Alat
1.      Buku teks yang relevan : English Texts in Use jilid XI, English For Better Life XI
2.      Transkrip percakapan atau rekaman percakapan/ kaset
3.      Gambar yang relevan
4.      Script monolog berbentuk banner, poster atau pamplet
I.       Penilaian

 

I. Indikator, Teknik, Bentuk, dan Contoh.


No.

Indikator
Teknik
Bentuk
Contoh
1.       
Memahami isi Teks fungsional pendek “Pengumuman”

Tes Lisan
Untuk Kerja
Listen to the following advertisement and answer the questions!

II. Instrumen  Penilaian

http://www.rivieragolfclub-philippines.com/wp-content/uploads/2013/08/ANNOUNCEMENT-for-posting.jpg
III.  Pedoman Penilaian    
No.
Aspek
Aspek
Skor
1.       
Pronounciation
-       Anak berbicara dengan lafal, intonasi yang benar
3


-       Anak berbicara dengan lafal dan  intonasi yang benar namun ada beberapa kesalahan
2


-       Anak berbicara dengan lafal dan  intonasi yang masih salah
1
2.       
Fluency
-       Anak berbicara dengan lancar
3


-       Anak berbicara dengan beberapa hambatan
2


-       Anak berbicara dengan tidak lancar
1
3.       
Performance
-       Anak maju ke depan kelas berbicara dengan keyakinan yang tinggi
3


-       Anak maju ke depan kelas berbicara dengan agak ragu-ragu
2


-       Anak maju ke depan kelas berbicara dengan keyakinan yang sangat rendah
1
Nilai= Perolehan skor dibagi 15 × 100



Mengetahui
Kepala Sekolah



Drs. Abbas, M. Pd. I
NIP. 19690418 2003 12 1 003
 
Watampone, Agustus 2016
Guru Mata Pelajaran



Junaedah, S. Pd.
 
 



















1.      Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Berikut ini adalah hasil pengembangan saya terhadap RPP guru  yang telah saya amati dan telaah. Dengan topik yang sama, SK dan KD serta Indikator yang sama. Saya hanya melakukan pengembangan pada bagian strategi,  metode, langkah-langkah kegiatan pembelajaran, tujuan pembelajaran yang ingin dicapai, dan penilaian. RPP ini saya sesuaikan dengan hasil pengamatan saya di kelas mengenai kondisi siswa dengan apa yang seharusnya diberikan guru kepada siswa untuk membangun motivasi siswa dalam belajar bahasa Inggris yang menyenangkan dengan mengacu pada kurikulum dan silabus sekolah. Berikut adalah Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran yang dapat saya rangkum sendiri melalui pengamatan selama magang II.
LESSON PLAN
School                      : MAN 2 WATAMPONE
Subject                    : English
Skill                          : Listening
Grade/Semester      : XII/1
Time Allocation      : 2X40

A.    Standard Competency:
2. Understanding the meaning of short functional teks and monologue form of a narrative, explanation, and discussion in the context of daily activities.
B.     Basic Competence:
2.1 Responding the meaning contained in oral texts short functional official and unofficial accurately, fluently and thank the various contexts of daily activities.

C.    Indicator:
1.         Identifying the topic of a short functional text that been heard
2.         Identifying  the purpose of short functional text that been heard
D.    Learning Objective:
1.         Students are able to identify the announcement text that been heard
2.         Student are able to analyze the announcement text that been heard
3.         Students are able to response the announcement that been heard
      E. Characters Building:
1.      Religion
2.      Honest
3.      Discipline
4.      Critical
5.      Responsive
6.      Democratic
E.     Learning Material
a.      Short Functional Text
Functional text is writing meant to help the reader accomplish an everyday task. Examples of functional text might include a recipe for cooking; directions to a location; a memo notifying of a change in a company's address, or a store's opening time; a schedule of event times and locations during a seminar; a directory of addresses, phone numbers or e-mail addresses; directions on a test; a menu from a restaurant; a pamphlet notifying the public of a grand opening, store closing, or a foreclosure; or a how-to manual just to name a few.
       Functional text is used for everyday information. It is called functional because it helps you function in your day-to-day life. For example, if I wanted to make chocolate chip cookies, I would read a recipe. If I wanted to know my friend's phone number, I would look in a phone book. If my English teacher gave a test, I would need to read the directions.







b.      Example for Short Functional Text
Example 1: Announcement
http://www.rivieragolfclub-philippines.com/wp-content/uploads/2013/08/ANNOUNCEMENT-for-posting.jpg

            The Functions: to provide complete and clear information about certain events or occasion
Some characteristics of announcement:
1.      Straightforward and ease the readers to get information quickly
2.      Keep it short, inviting, and to the point.
3.      Clear and complete
4.      For a bad news, make a direct and no-nonsense statement.

Example 2: Greeting Card

https://nurinuryani.files.wordpress.com/2011/12/greeting-card.jpg

Greeting Cards functions as an expression of sympathy and care to others.
The purpose is to congratulate someone’ achievement, express sympathy on someone’s, and motivate someone on gaining achievement
Some characteristics of greeting card:
1.      Clarify a clear purpose
2.      Use an appraisal diction
3.      Accurate addressee



Example 3: Invitation
http://rlv.zcache.com/2016_green_gold_formal_graduation_party_invite-r37f57aa3aaf94175a40b28edc7124029_zk9gc_324.jpg?rlvnet=1
 






















Function/Purpose is to o invite someone to attend an occasion.
The Structure/Parts: The addressee (the person invited), salutation, the message (the content of the message), and the Sender
Some characteristics of invitation:
1.      Having an accurate addressee
2.      Giving clear time, place, and activity
3.      Providing sufficient information about the inviter
4.      Expressing  that the writer is looking forward to seeing person
5.      If there is a dress code, state it in the lower left-hand corner
Example 4: Notice/Guidance

https://dewaadivanwinata.files.wordpress.com/2010/07/prohibition.jpg?w=300&h=170



The Functions of notice/guidance:
1.      Prohibition notifies people not to do something. People may find this kind of notice in a public places.
2.      Caution or warning warns people to be careful in handling something. Ignoring the notice may cause injury or breaking the facilities.
3.      Guidance gives information to people to do something appropriately.
4.      The informational notice provides information that could be useful for people.

Example 5: Short Message

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhY05z5XQxLY9KSLnOdJWCkqjArsKfB7ON9MOS0j7OE24WDdxK0p-tkE6Ue89Q32tDcQypfB6ybRXrUQ9VORLGrlJmYRCC8gLK9AH1StjhX7keocvqOaBCvz20Z2mL52-hI04OuOefIZBOz/s1600/sms+2.jpg


Its function is to send an important message to other people
Some characteristics of a short message
1.      Clear addressee (someone who receives the message)
2.      Straight forward
3.      If it is an instruction state it clearly.

F.     Learning Activities
1.      Task 1 (Announcement 1)
Text Box:  
Ladies and gentlemen, welcome onboard Flight 4B7 with service from Hong Kong to San Francisco. We are currently third in line for take-off and are expected to be in the air in approximately seven minutes time. We ask that you please fasten your seatbelts at this time and secure all baggage underneath your seat or in the overhead compartments. We also ask that your seats and table trays are in the upright position for take-off. Please turn off all personal electronic devices, including laptops and cell phones. Smoking is prohibited for the duration of the flight. Thank you for choosing Mountain Airlines. Enjoy your flight.

 






















2.      Task 2 (Announcement 2)
Text Box:  
Ladies and gentlemen, on behalf of the crew I ask that you please direct your attention to the monitors above as we review the emergency procedures. There are six emergency exits on this aircraft. Take a minute to locate the exit closest to you. Note that the nearest exit may be behind you. Count the number of rows to this exit. Should the cabin experience sudden pressure loss, stay calm and listen for instructions from the cabin crew. Oxygen masks will drop down from above your seat. Place the mask over your mouth and nose, like this. Pull the strap to tighten it. If you are traveling with children, make sure that your own mask is on first before helping your children. In the unlikely event of an emergency landing and evacuation, leave your carry-on items behind. Life rafts are located below your seats and emergency lighting will lead you to your closest exit and slide. We ask that you make sure that all carry-on luggage is stowed away safely during the flight. While we wait for take off, please take a moment to review the safety data card in the seat pocket in front of you.

 














G.    Learning Methods
Cooperative Learning:Three-phase technique(Pre listening,whilst listening,and post listening)

Pre Activity (10 minutes)
§  Teacher to relation about material that will be taught
§  Teacher refers to syllabus, lesson plan, and teaching materials, to convey every character that developed apart relate with standard competence and basic competence.
         Whilst Activity (20 minutes)
·         Teacher playing the announcement  text ,at least three times
·         Students are listening and  answering task 1
·         Students to check their answer who  guided by teacher
·         Teacher to check  students answer
·         Teacher asking the words meaning that students heard from text
·         Students answer words meaning and search in dictionary
·         Teacher playing announcement text again
·         Students are doing task 2 about announcement
·         Students are discuss their answer together with teacher
·         Teacher to check students answer
Post Activity (10 minutes)
·         Teacher asking  some students to mention few keywords from the announcement text
·         Students to mention few keywords from the announcement text
·         Teacher and student conclude the materials
·         Teacher gives homework
·         Teacher informs the next activities
H.    Media
·         Script announcement or record announcement
·         Book are relevant to the material
I.       Assessment Instrument
Task 1
Answer the questions a according to text that you hear!
1.      What is the announcement about?
2.      Who is announced the announcement?
3.      Where the announcement was happen?
4.      Why they announced the announcement?
5.      Whom the announcement was intended?
Task 2
Fill the blank with the words that you heard.
Safety Briefing

Ladies and gentlemen, on .............(1) the crew I ask that you please direct your attention to the .............(2) above as we review the emergency procedures. There are six emergency exits on this aircraft. Take a minute to locate the exit closest to you. Note that the nearest exit may be behind you. Count the number ............(3) to this exit. Should the cabin experience sudden pressure loss, stay calm and listen for instructions from the cabin crew. Oxygen ...............(4) will drop down from above your seat. Place the mask over your mouth and nose, like this. Pull the strap to tighten it. If you are ............(5) with children, make sure that your own mask is on first before helping your children. In the unlikely event of .............(6) landing and evacuation, leave your carry-on items behind. Life rafts are located below your seats and emergency lighting will lead you to your ............(7) exit and slide. We ask that you make sure that all ...............(8) luggage is stowed away safely ..........(9) the flight. While we wait for take off, please take a moment to review the safety data card in .............(10) pocket in front of you.
J.      Assessment
NO
               Indicator
                 Technic
           Form
1.



Identifying the topic of a short functional text that been heard
              Written Test




Answer the questions
 2.


Identifying  the purpose of short functional text that been heard
Task
Fill the blank with the correct answer


K.    Rubric Assessment
1.      For task 2, every correct answer was given a score of 5
2.      For task 1 is following this rubric below:

SCORE

CRITERIA
Excellent
100-90
Excellent at identifying the main idea, general, and specific information. No problems at recognizing vocabulary and expressions.
Very Good
89-80
Very Good at identifying the main idea, general, and specific information. Shows good ability to infer implied information. Almost no problems at recognizing vocabulary nad expressions.
Good
79-70
Good at identifying the main idea, general, and specific information. Shows some ability to infer implied information. Some minor problems at recognizing vocabulary and expressions.
Fair
69-60
Still able to identify the main idea, general, and specific information. Still shows ability to infer implied information. Some problems at recognizing vocabulary and expressions.
Unsatisfactory
59 or fewer
Unable to to identify the main idea, general, and specific information. Fails to infer information. Many problems at recognizing vocabulary and expressions.

Total maximum score 1. If the maximum score achieved = 50
                                    2.                                         10 X 5 = 50
Mengetahui
Kepala Sekolah



Drs. Abbas, M. Pd. I
NIP. 19690418 2003 12 1 003
 
Watampone, Agustus 2016
English Teacher



( .............................................. )
NIP /NIK :  ..............................
 
                                               Total = 100


Bahan ajar adalah segala bentuk bahan yang digunakan untuk membantu guru dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar. Bahan yang dimaksud dapat berupa bahan tertulis maupun bahan yang tidak tertulis. Berdasarkan pengertian tersebut dapat disimpulkan bahwa bahan ajar merupakan komponen pembelajaran yang digunakan oleh guru sebagai bahan  belajar bagi siswa dan membantu guru dalam melaksanakan kegiatan belajar di kelas.
Berdasarkan hasil pengamatan saya pada RPP guru di MAN 2 Watampone mengenai bahan ajar yang digunakan guru yaitu buku cetak bahasa Inggris kelas X. Maka hasil pengembangan saya mengenai bahan ajar yang saya gunakan dalam RPP di atas adalah saya menggunakan bahan ajar berupa buku cetak dan juga saya mengambil beberapa referensi materi terkait di internet agar bahan ajar tersebut dapat mempermudah siswa untuk mengerti materi yang diajarkan.Pengembangan bahan ajar di sekolah perlu memperhatikan karakteristik siswa dan kebutuhan siswa sesuai kurikulum. Yaitu menuntut adanya partisipasi dan aktivasi siswa lebih banyak dalam pembelajaran. Pengembangan lembar kegiatan siswa menjadi salah satu alternatif bahan ajar yang akan bermanfaat bagi siswa menguasai kompetensi tertentu.
3.   Assessment
Assessment digunakan sebagai bahan evaluasi untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa berdasarkan hasil belajarnya. Pengembangan yang dapat dilakukan dalam assessment dapat berupa lembar pengamatan sikap dan rubrik/pedoman penilaian, tes penilaian kinerja untuk mendiskripkan materi, tes uraian. Perangkat yang dapat digunakan dapat mencakup media pembelajaran yang digunakan oleh guru.
Penilaian merupakan salah satu komponen yang yang harus di capai guru dan siswa untuk memenuhi tujuan pembelajaran yang sudah ditentukan. Penilaian dapat mencakup penilaian Kompetensi Inti sikap spiritual, Kompetensi Inti sikap sosial, Kompetensi Inti pengetahuan dan Kompetensi Inti keterampilan, yang mencakup penilaian afektif, kognitif, dan psikomotorik siswa.
C.  Refleksi dan Pembahasan
Gebrakan yang inovatif dalam proses pembelajaran tidak hanya akan mampu menciptakan suasana yang kondusif tetapi juga efektif untuk meningkatkan mutu pendidikan. Untuk menghadapi era globalisasi yang penuh dengan persaingan dan perubahan dibutuhkan pendidik yang visioner, diperlukan perubahan strategis dan model pembelajaran menyenangkan. Proses pembelajaran akan sangat menentukan dalam tercapainya tujuan pendidikan. Perencanaan proses pembelajaran meliputi silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran yang memuat sekurang-kurangnya tujuan pembelajaran, materi ajar, metode pengajaran, sumber belajar, dan penilaian hasil belajar. Perencanaan yang baik dalam proses pembelajaran, akan memudahkan pendidik dalam menjalankan kewajibannya serta membantu peserta didik dalam memahami materi yang diajarkan.
Dua komponen utama dalam perencanaan proses pembelajaran sebagaimana disebutkan dalam perencanaan pembelajaran di atas yakni silabus dan RPP. Silabus dan RPP merupakan sumber pokok dalam penyusunan rencana pembelajaran, baik rencana pembelajaran untuk satu SK maupun satu KD. Dua komponen ini bermanfaat sebagai pedoman untuk merencanakan pengelolaan kegiatan pembelajaran, misalnya kegiatan belajar secara klasikal, kelompok kecil, atau pembelajaran secara individual.
Demikian pula, silabus sangat bermanfaat untuk mengembangkan sistem penilaian. Dalam pelaksanaan pembelajaran berbasis kompetensi sistem penilaian selalu mengacu pada SK, KD, dan indikator yang terdapat di dalam silabus. Sedangkan RPP memberikan acuan bagaimana agar proses pembelajaran berlangsung dengan baik dan mencapai indikator pencapaian. 
Dalam pembelajaran mata pelajaran bahasa Inggris pada jenjang SMA, silabus dan RPP dapat dijadikan pedoman arah pengembangan materi pembelajaran. Sebagai mata pelajaran yang banyak berisi materi dalam meningkatkan skill bahasa Inggris siswa, diperlukan inovasi pembelajaran supaya penyampaian materi tetap menarik. Tentunya pengembangan tersebut harus memperhatikan kondisi, kebutuhan, dan karakteristik dari peserta didik dan mata pelajaran. Pembahasan mengenai pengembangan silabus, RPP, dan pembelajaran materi menjadi topik yang cukup menarik untuk didiskusikan.
Salah satu inovasi dalam kurikulum berbasis kompetensi adalah adanya peluang bagi daerah atau sekolah untuk mengembangkan silabus sesuai kondisi dan kebutuhan. Istilah silabus digunakan untuk menyebut suatu produk pengembangan kurikulum berupa penjabaran lebih lanjut dari SK dan KD yang ingin dicapai, dan materi pokok serta uraian materi yang perlu dipelajari peserta didik dalam rangka mencapai SK dan KD. Seperti diketahui, dalam pengembangan kurikulum dan pembelajaran, terlebih dahulu perlu ditentukan SK yang berisikan pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang ingin dicapai, materi yang harus dipelajari, pengalaman belajar yang harus dilakukan, dan sistem evaluasi untuk mengetahui pencapaian SK. Dengan kata lain, pengembangan kurikulum dan pembelajaran menjawab pertanyaan. Apa yang akan diajarkan (SK, KD, dan materi pembelajaran), bagaimana cara melaksanakan kegiatan (pembelajaran, metode, media), bagaimana dapat diketahui bahwa SK dan KD telah tercapai (indikator dan penilaian).    









BAB IV
SIMPULAN DAN SARAN
A.  Simpulan
     Setelah saya melaksanakan kegiatan MAGANG II di MAN 2 Watampone, saya dapat menarik kesimpulan bahwa berada langsung di Sekolah atau objek yang dituju akan lebih baik dan saya bisa mendapat pengetahuan yang lebih mengenai cara membuat RPP dari pengembangan kurikulum dan silabus yang telah memberikan saya pengetahuan yang cukup untuk kedepannya. saya juga bisa mengetahui situasi dan kondisi langsung yang berkaitan dengan sekolah bersangkutan. Dan pada kegiatan Magang ini saya juga bisa mengetahui situasi dan kondisi langsung yang berkaitan dengan siswa dalam proses belajar mengajar.
Adapun beberapa saran yang saya berikan antara lain:
1.       Sebagai calon guru yang profesional mahasiswa magang harus melakukan observasi dengan serius dan bertanggungjawab agar memperoleh data atau informasi sesuai dengan kenyataan di Sekolah yang dituju.

2.       Tetap menjaga hubungan kerjasama yang baik dengan kepala sekolah dan warga sekolah yang ditempati Magang meskipun pelaksanaan kegiatan Magang sudah selesai di sekolah yang bersangkutan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar