
LAPORAN
KEGIATAN MAGANG 2
MAN 2 WATAMPONE
Oleh
ANDI IHWANA
105355 81714
PROGRAM STUDI BAHASA DAN SASTRA INGGRIS
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAKASSAR
Agustus,
2016
KATA
PENGANTAR
Puji syukur kehadirat Allah SWT atas segala rahmat dan
hidayah-Nya. Sehingga proses penulisan Laporan Magang II ini dapat saya susun sesuai
dengan waktu yang telah ditentukan.
Penulis sadar bahwa apa yang telah
penulis peroleh tidak semata-mata hasil dari jerih payah penulis sendiri tetapi
hasil dari keterlibatan semua pihak. Oleh sebab itu, penulis menyampaikan terima kasih yang
sebesar-besarnya kepada:
1.
Bapak Drs. Abbas, M.Pd.I selaku Kepala Sekolah MAN 2 WATAMPONE yang telah
memberikan kesempatan kepada saya untuk melaksanakan observasi di MAN 2
WATAMPONE
2.
Ibu Farisha Andi Baso, S.Pd, M.Pd., selaku dosen pembimbing yang telah
memonitor dan membimbing saya selama melaksanakan kegiatan magang.
3.
Ibu Aslirah, S. Pd., selaku guru pamong yang telah membantu dan membimbing saya
selama melaksanakan observasi di Sekolah.
4.
Bapak dan Ibu guru serta staf/karyawan MAN 2 WATAMPONE yang telah membantu dan
membimbing penulis selama melakukan kegiatan magang ini.
5.
Pihak-pihak yang tidak dapat saya sebutkan, atas bantuan, doa serta dukungannya yang berhubungan dengan pelaksanaan magang ini.
Semoga bantuan dan dukungan yang
telah diberikan mendapat pahala dan hikmah dari Allah SWT.
Penulis menyadari sepenuhnya bahwa
dalam penyusunan laporan ini masih banyak kekurangan, karena keterbatasan
pengetahuan dan kemampuan, untuk itu kritik dan saran yang bersifat membangun
dari pembaca sangat diharapkan demi kesempurnaan Laporan Magang II ini.
Akhir kata penulis berharap semoga
laporan ini bermanfaat bagi kita semua.
Bone, 10 Agustus 2016
Penulis
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL.......................................................................................... i
LEMBAR
PENGESAHAN................................................................................ ii
LEMBAR
PENILAIAN..................................................................................... iii
KATA
PENGANTAR........................................................................................ iv
DAFTAR
ISI....................................................................................................... vi
BAB
I PENDAHULUAN.................................................................................. 1
A. Visi Misi Sekolah................................................................................. 1
B. Profil Sekolah....................................................................................... 2
BAB
II PROSEDUR PELAKSANAAN........................................................... 7
A. Jumlah siswa, tempat, dan waktu pelaksanaan
MAGANG II............. 7
B. Langkah-langkah melakukan pengamatan............................................ 7
BAB
III HASIL PELAKSANAAN DAN PEMBAHASAN........................... 9
A. Hasil Telaah ......................................................................................... 9
1.
Kurikulum....................................................................................... 9
2.
Strategi pembelajaran yang digunakan
guru ................................. 17
3.
Rancangan RPP guru...................................................................... 21
4.
Media pembelajaran yang digunakan guru...................................... 24
5. Sistem evaluasi pembelajaran yang digunakan
guru....................... 25
B. Hasil Pengembangan ....................................................................... 33
1. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran................................................ 33
2. Bahan Ajar...................................................................................... 41
3. Assessment...................................................................................... 41
C. Refleksi
dan Pembahasan.................................................................... 42
BAB
IV SIMPULAN DAN SARAN................................................................ 45
A. Simpulan.............................................................................................. 45
B. Saran.................................................................................................... 45
DAFTAR
PUSTAKA......................................................................................... viii
LAMPIRAN-LAMPIRAN................................................................................. ix
1. Dokumentasi
proses pembelajaran di kelas2
2. Dokumentasi
profil sekolah
BAB 1
PENDAHULUAN
A. Visi
Misi MAN 2 WATAMPONE
1. Visi
MAN 2 WATAMPONE
Menjadi Madrasah yang berakhlak Islami, Unggul dalam
IPTEK, Berprestasi dalam Olahraga dan Seni, Populer dan Berdaya Saing Tinggi.
2.
Misi MAN 2 WATAMPONE
·
Meningkatkan kualitas pembelajaran
melalui pengembangan sikap ilmiah, aplikasi nilai-nilai moral/akhlak dan
pendalaman rasa persatuan dan kebersamaan
·
Meningkatkan kinerja dan profesionalisme
seluruh pegawai Tata usaha dan Tenaga Kependidikan
· Menumbuhkembangkan
semangat keunggulan kepada peserta didik melalui pengembangan bakat dan minat
siswa
· Meningkatklan
kualitas pelayanan dengan cepat, tepat dan efektif
· Mengembangkan
Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran Administrasi Sekolah.
Catatan : Visi dan Misi MAN 2
WATAMPONE tertulis, dipajang dan sesuai dengan kondisi sekolah. Visi dan Misi
sekolah ini disusun bersama pemangku sekolah (Kepala Sekolah, Guru dan Komite
Sekolah), semua warga sekolah tahu dan memahami rumusan Visi dan Misi sekolah.
B.
Profil Sekolah
Madrasah Aliyah Negeri 2 Watampone terletak
ditengah-tengah jantung kota Watampone tepatnya di Jalan Yos Sudarso (Poros
jalan Pelabuhan Bajoe).
1. Identitas Sekolah
No.
|
IDENTITAS
SEKOLAH
|
||
1.
|
NAMA MADRASAH
|
MAN 2 WATAMPONE
|
|
2.
|
NSM
|
131173080010
|
|
3.
|
AKREDITASI
|
2005
|
|
4.
|
TAHUN BERDIRI
|
1990
|
|
5.
|
ALAMAT
|
JALAN YOS SUDARSO
|
|
6.
|
KECAMATAN
|
TANETE RIATTANG
|
|
7.
|
KEBUPATEN
|
BONE
|
|
8.
|
KEGIATAN
BELAJAR
|
PAGI
|
|
9.
|
NAMA PIMPINAN
|
DRS. ABBAS, M.PD.I
|
|
10.
|
STATUS SEKOLAH
|
NEGERI
|
|
2. Jenis,
dan Jumlah Ruangan
No.
|
JENIS RUANGAN
|
JUMLAH RUANGAN
|
1.
|
RUANG BELAJAR
TEORI
|
27
|
2.
|
RUANG KEPALA
SEKOLAH
|
1
|
3.
|
RUANG WAKIL
KEPALA SEKOLAH
|
1
|
4.
|
RUANG GURU
|
1
|
5.
|
RUANG TATA
USAHA
|
1
|
6.
|
RUANG
PERPUSTAKAAN
|
1
|
7.
|
RUANG
LABORATORIUM IPA
|
1
|
8.
|
RUANG PRAKTEK KETERAMPILAN
|
1
|
9.
|
GUDANG
|
1
|
10.
|
RUANG WC
|
6
|
11.
|
RUANG AULA
|
1
|
12.
|
RUANG OLAH RAGA
|
1
|
13.
|
RUANG BK
|
1
|
14.
|
RUANG LAB
KOMPUTER
|
1
|
15.
|
KANTIN
|
5
|
16.
|
POS SATPAM
|
1
|
17.
|
MUSHOLLAH
|
1
|
18.
|
RUANG BP
|
-
|
19.
|
OSIS/UKS/LAIN-LAIN
|
4
|
3. KUALIFIKASI
GURU/PEGAWAI
NO
|
KUALIFIKASI GURU
|
JUMLAH ORANG
|
1.
|
S2
|
6
|
2.
|
S1
|
51
|
3.
|
SMA
|
8
|
|
JUMLAH
|
65
|
4. JUMLAH
GURU
Jumlah guru di MAN
2 Watampone adalah 48 0rang dan pegawai Tata Usaha ( TU ) sebanyak 18 orang. Berikut nama-nama guru dan pegawai Tata
Usaha di MAN 2 Watampone.
No.
|
N
A M A
|
JABATAN
|
ALAMAT
|
1.
|
Drs.
Abbas, M.Pd.I
|
Kepala MAN
2 Wtp
|
Btn Timurama I Watampone
|
2.
|
A.
Salam, S.Pd
|
Guru MAN
2 Wtp
|
Jln.Jend.Sudirman (GriyaAyu
Lestari)
|
3.
|
Dra.
Hj. Ruhaedah
|
Guru MAN
2 Wtp
|
Jln. S. Limboto Watampone
|
4.
|
Muh.
Nur Musbir, S.Ag
|
Guru MAN
2 Wtp
|
Perumnas Tibojong Blok C/170
|
5.
|
Sitti
Shaliha, S.Ag., S.Pd, M.Pd
|
Guru MAN
2 Wtp
|
Jln. Irian No. 15 Watampone
|
6.
|
Harma,
S.Pd
|
Guru MAN
2 Wtp
|
Jln. Yos Sudarso / Cellu
|
7.
|
Sanatang,
S.Ag., M.Pd.I
|
Guru MAN
2 Wtp
|
Jln. Sukawati
|
8.
|
Hj.Aliyah,
S.Ag,. M.Pd.I
|
Guru MAN
2 Wtp
|
Btn Macanang Indah I/8
|
9.
|
Marta,
S.Pd
|
Guru MAN
2 Wtp
|
Jln. Yos Sudarso Watampone
|
10.
|
Sawiyah,
S.Pd
|
Guru MAN
2 Wtp
|
Bone Biru Indah Permai
B2/34
|
11.
|
Hj.
Ahdaniar, S.Pd
|
Guru MAN
2 Wtp
|
Btn Pepabri
|
12.
|
Dra.
Hj Wahidah Yunus
|
Guru MAN
2 Wtp
|
Jln. Durian Watampone
|
13.
|
Aminah,
S.Ag
|
Guru MAN
2 Wtp
|
Perumnas Tibojong Blok c /170
|
14.
|
Rosmawati,
S.Pd
|
Guru MAN
2 Wtp
|
Paccing
|
15.
|
Sudarmi,
SP
|
Guru MAN
2 Wtp
|
Kelurahan Pappolo
|
16.
|
Muhammad
Daud, S.Ag
|
Guru MAN
2 Wtp
|
Jln.Jend.Sudirman (Griya Ayu
Lestari)
|
17.
|
Muh.
Rafid, S.Ag
|
Guru MAN
2 Wtp
|
Perumahan Anggrek
|
18.
|
Andi
Irwan, S.S
|
Guru MAN
2 Wtp
|
Btn Puri Mutiara Indah B/7
|
19.
|
Maryana,
S.Ag, S.Pd
|
Guru MAN
2 Wtp
|
Btn Husnul Khotimah
|
20.
|
Musdalifah,
S.Pd
|
Guru MAN
2 Wtp
|
Btn Biru Indah Permai B4/7
|
21.
|
Nurhayati,
S.Pd
|
Guru MAN
2 Wtp
|
Btn Tibojong Indah
|
22.
|
Suwaebah,
S.Ag., S.Pd.I
|
Guru MAN
2 Wtp
|
Jln. Lanto Dg. Pasewang
|
23.
|
Hadijah,
S.Pd.I
|
Guru MAN
2 Wtp
|
Soga
|
24.
|
Nasyriani
Kadir, S.Ag
|
Guru MAN
2 Wtp
|
Panyula
|
25.
|
Nurhaedah,
S.Pd.I
|
Guru MAN
2 Wtp
|
Jln. Kh. Adam
|
26.
|
M.
Firdaus, S.Pd.I
|
Guru MAN
2 Wtp
|
Perumnas Tibojong Blok
C/65
|
27.
|
Amilah
Maspufah, S.Pd
|
Guru MAN
2 Wtp
|
Jln. Serigala No.140
|
28.
|
Nurlina,
S.Ag, S.Pd.I
|
Guru MAN
2 Wtp
|
Jln. S Cenrana
|
29.
|
Hj.
Sitti Ramlah, S.Ag.,M.Pd.I
|
Guru MAN
2 Wtp
|
Jln. Yos Sudarso
|
30.
|
Musdalifah,
S.Pd.I
|
Guru MAN
2 Wtp
|
Jln. Kawerang
|
31.
|
Asriaty,
SH.
|
Guru MAN
2 Wtp
|
Jln.Lapawawoi Kr.Sigeri
Lrog. Pemuda
|
32.
|
A.
Mashiyati, SE, S.Pd
|
Guru MAN
2 Wtp
|
Jln. Lapawawoi Karaeng
Sigeri
|
33.
|
Samsinar
S.Pd.I
|
Guru MAN
2 Wtp
|
Jln. Lanto Dg. Pasewang
|
34.
|
Nurhayati,
S.Pd.I
|
Guru MAN
2 Wtp
|
Jl.Sungai Musi
|
35.
|
Darlina,
S.Pd.I
|
Guru MAN
2 Wtp
|
Jln. Jend. Sudirman
|
36.
|
Hj.
Nahidah, S.Pd.
|
Guru MAN
2 Wtp
|
Jln. Yos Sudarso Watampone
|
37.
|
M.
Zaharuddin. H, S.Pd.I., M.Pd.I
|
Guru MAN 2 Wtp
|
Jln. Jend. Sudirman
|
38.
|
Jainuddin,
S.Pd
|
Guru MAN 2 Wtp
|
Panyula
|
39.
|
St.
Halijah, S.Pd.I
|
Guru MAN 2 Wtp
|
Tokaseng
|
40.
|
Junaedah,
S.Pd
|
Guru MAN 2 Wtp
|
Jln. Lapawawoi Karaeng
Sigeri
|
41.
|
Aslirah,
S.Pd
|
Guru MAN 2 Wtp
|
BTN Alda Watampone
|
42.
|
Irmayanti,
S.Pd
|
Guru MAN 2 Wtp
|
Perumnas Tibojong
|
43.
|
Dra.
Musdalipah,
|
Staf TU
MAN 2 Wtp
|
Jln. Kawerang
|
44.
|
Hasniah
|
Staf TU
MAN 2 Wtp
|
Pattiro Bajo Kec. Sibulue
|
45.
|
Nurhaedah
|
Kepala
TU MAN 2 Wtp
|
Perumnas Tibojong
|
46.
|
Hasnah
|
Staf TU
MAN 2 Wtp
|
Btn Corawali
|
47.
|
Megawati
|
Staf TU
MAN 2 Wtp
|
Jln. Yos Sudarso
|
48.
|
Dra.
Darma
|
Staf TU
MAN 2 Wtp
|
Btn Menara Biru
|
49.
|
M.
Sukri, SE
|
Staf TU
MAN 2 Wtp
|
Jln. Sungai Limboto
|
50.
|
Samsir
|
Staf TU
MAN 2 Wtp
|
Kajao Laliddong
|
51.
|
Deasy
Hartina, S.Pd
|
Guru MAN 2 Wtp
|
Jln. Biru
|
52.
|
Asdar.
T, S.Sos
|
Staf TU
MAN 2 Wtp
|
Btn Harfana Halim Indah
|
53.
|
Habriadi
|
Staf TU
MAN 2 Wtp
|
Jln. Irian
|
54.
|
Suciati
Suraida, S.Sos
|
Staf TU
MAN 2 Wtp
|
Btn Timurama 2
|
55.
|
Wati
|
Guru MAN 2 Wtp
|
Soddange
|
56.
|
Niar
Ritsna Gisma, S.Pd
|
Guru MAN 2 Wtp
|
Jln Yos Sudarso
|
57.
|
A .
Nurhayati, S.Pd
|
Staf TU
MAN 2 Wtp
|
Jln. Kinibalu
|
58.
|
Andi
Ria Magfira Syahbari
|
Guru MAN 2 Wtp
|
Btn Puri Mutiara Indah A/27
|
59.
|
Andi
Asharullah, S.Pd
|
Guru MAN 2 Wtp.
|
Btn coppoliang B/7
|
60.
|
Ridwan
Rahmat, S.Ag
|
Staf TU. MAN 2 Wtp
|
Btn Alam Indah B3 No. 2
|
61.
|
Tutiana,
S.Pd.I
|
Staf TU. MAN 2 Wtp
|
Btn Timurama I
|
62.
|
Andi
Sandi Nursam Saputra, S.Pd
|
Staf TU. MAN 2 Wtp
|
Jln.Andalas
|
63.
|
Andi
Muzahhila, S.Sy
|
Staf TU. MAN 2 Wtp
|
Jln Yos Sudarso
|
64.
|
Soefriyadi,
S.Pd.I
|
Staf TU MAN 2 Wtp
|
Desa Cumpiga
|
65.
|
Samsualang, S.Kom
|
Kepala MAN
2 Wtp
|
Jln. Yos Sudarso
|
5. Unit
Kegiatan Siswa
Berikut 7 nama-nama unit kegiatan siswa di MAN 2
Watampone
a. OSIS
MAN 2 Watampone
OSIS selalu
berperan dalam kegiatan-kegiatan yang diadakan oleh sekolah seperti pengadaan
PORSENI setiap akhir semester, dan kegian lainnya.
b. MPK
MPK yaitu
singkatan dari Majelis Perwakilan Kelas, yaitu perkumpulan siswa dimana siswa
terebut adalah perwakilan dari masing masing kelas yang bekerja sama dengan
OSIS dalam melaksanakan berbagai kegiatan sekolah.
c. Palang
Merah Remaja (PMR)
PMR merupakan
salah satu ekstrakurikuler yang bergerak dibidang kesehatan sosial.
d. Pramuka
Pramuka
merupakan wadah bagi siswa yang mengajarkan kepemimpinan, kemandirian,
kedisiplinan, dan tanggung jawab.
e. Sanggar
Seni Budaya
Sanggar seni budaya adalah perkumpulan siswa-siswa
yang memiliki bakat dalam bidang seni, dimana bakat para siswa diasah kemudian
mewakili sekolah dalam berbagai perlombaan kesenian.
f. PKS
(Patroli Keamanan Sekolah)
Organisasi
ini bergerak di bidang keamanan sekolah. Para siswa yang bergabung di
organisasi ini harus mengontrol keamanan sekolah seyiap harinya.
g.
Paskibraka
Organisasi ini
melatih para siswa yg memiliki minat di paskibraka.
BAB
II
PROSEDUR
PELAKSANAAN
A. Jumlah
Siswa, Tempat,
dan Waktu Pelaksanaan
1.
Jumlah Siswa
Jumlah siswa MAN 2 Watampone pada
tahun ajaran 2016/2017 yaitu berjumlah 451 siswa, dimana siswa laki-laki
sebanyak 202, sedangkan siswa perempuan sebanyak 249 siswa.
Berikut data siswa MAN 2 Watampone :
KELAS
|
JUMLAH
|
TOTAL
|
|
LAKI-LAKI
|
PEREMPUAN
|
||
X
|
97
|
97
|
194
|
XI
|
58
|
77
|
135
|
XII
|
47
|
75
|
122
|
TOTAL
|
202
|
249
|
451
|
2. Tempat
Tempat
pelaksanaan magang II dilaksanakan di MAN 2 Watampone, Jalan Yos Sudarso, Kecamatan Tanete
Riattang, Kabupaten Bone.
3. Waktu
Pelaksanaan Magang II
Waktu pelaksanaan magang II
dilaksanakan selama satu bulan mulai dari 01-30 agustus 2016. Jumlah masuk
sekolah 12 kali pertemuan. Berada di sekolah dari pukul 07.00 WITA sampai
dengan 13.30 WITA.
4.
Langkah
– langkah Melakukan pengamatan
a. Mengikuti
pembekalan magang II yang dilaksanakan selama 2 hari di kampus UNISMUH
Makassar.
b. Menyerahkan
surat dan berkomunikasi dengan Kepala Sekolah MAN 2 Watampone, sekaligus
meminta izin melakukan observasi kegiatan magang II.
c. Menemui
guru yang akan diobservasi dan membimbing selama melakukan kegiatan magang.
d. Bertanya
tentang kurikulum yang digunakan sekolah sekaligus menelaah silabus dan RPP
yang digunakan oleh guru yang diobservasi.
e. Melakukan
pengamatan cara guru mengajar apakah sesuai dengan RPP yang dibuat atau tidak,
dan cara siswa belajar dalam proses pembelajaran di ruang kelas X MAN 2
Watampone.
f. Mengamati
strategi, metode, dan media pembelajaran yang digunakan guru.
g. Mengamati
teknik, bahan ajar, dan sistem evaluasi guru dalam proses belajar mengajar di
dalam kelas.
h. Konsultasi
mengenai RPP yang telah dibuat.
i.
Mengumpulkan data dan menyusun hasil
laporan pengamatan kegiatan magang II.
j.
Konsultasi dan meminta penilaian dari
guru yang diobservasi (Pembimbing) mengenai laporan yang telah dibuat.
k. Bertemu
guru dan Kepala Sekolah dan menutup kegiatan magang.
BAB
III
HASIL
PELAKSANAAN DAN PEMBAHASAN
A. Hasil
Telaah
1. Kurikulum
Pengertian kurikulum seperti yang
tertera dalam Undang-undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan
Nasional "Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai
tujuan, isi dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan
kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu". Dalam
panduan penyusunan kurikulum tingkat satuan pendidikan jenjang pendidikan dasar
dan menengah yang dikeluarkan oleh BSNP, pengertian kurikulum yang digunakan
mengacu pada pengertian seperti yang tertera dalam UU tersebut. Secara lebih
jelas dikatakan bahwa KTSP adalah kurikulum operasional yang disusun oleh dan
dilaksanakan di masing-masing satuan pendidikan. KTSP terdiri dari tujuan
pendidikan tingkat satuan pendidikan,
struktur dan muatan kurikulum tingkat satuan pendidikan, kalender pendidikan,
dan silabus. Berdasarkan informasi yang didapatkan dari bagian kurikulum MAN 2 Watampone yang mengatakan bahwa kurikulum yang
dipakai/diterapkan di MAN 2 Watampone adalah
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).
KTSP secara yuridis
diamanatkan oleh Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan
Nasional dan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005
tentang Standar Nasional Pendidikan. Penyusunan KTSP oleh sekolah dimulai tahun
ajaran 2007/2008 dengan mengacu pada Standar Isi (SI) dan Standar Kompetensi
Lulusan (SKL) untuk pendidikan menengah sebagaimana yang diterbitkan melalui
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional masing-masing Nomor 22 Tahun 2006 dan
Nomor 23 Tahun 2006.Pada prinsipnya, KTSP merupakan bagian yang tidak
terpisahkan dari SI, namun pengembangannya diserahkan kepada sekolah agar
sesuai dengan kebutuhan sekolah itu sendiri. KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan) terdiri
dari tujuan pendidikan tingkat satuan pendidikan, struktur dan muatan kurikulum
tingkat satuan pendidikan, kalender pendidikan, dan silabus. Pelaksanaan KTSP mengacu pada
Permendiknas Nomor 24 Tahun 2006 tentang Pelaksanaan SI dan SKL.
Kurikulum Tingkat
Satuan Pendidikan (KTSP) merupakan revisi dan pengembangan dari Kurikulum
Berbasis Kompetensi atau ada yang menyebut Kurikulum 2004. KTSP lahir karena
dianggap KBK masih sarat dengan beban belajar dan pemerintah pusat dalam hal
ini DEPDIKNAS masih dipandang terlalu intervensi dalam mengembangan kurikulum.
OIeh karena itu, dalam KTSP beban belajar siswa sedikit berkurang dan tingkat
satuan pendidikan (sekolah, guru, dan komite sekolah) diberikan kewenangan
untuk mengembangan kurikulum, seperti membuat indikator, silabus, dan beberapa
komponen kurikulum lainnya.
a.
Kelebihan / Keunggulan Kurikulum Tingkat
Satuan Pendidikan (KTSP)
1)
Mendorong terwujudnya otonomi sekolah
dalam menyelenggarakan pendidikan.
Tidak dapat diungkiri bahwa salah satu bentuk kegagalan pelaksanaan kurikulum
di masa lalu ialah adanya penyeragaman kurikulum di seluruh Indonesia, tidak
melihat kepada situasi riil di lapangan, dan kurang menghargai atau meninjau
potensi keunggulan lokal yang ada dan bisa dimunculkan sekolah didaerah atau
provinsi.
2)
Mendorong para guru, kepala sekolah, dan
pihak manajemen sekolah untuk semakin meningkatkan kreativitasnya dalam
penyelenggaraan program-program pendidikan dan dapat tercapainya pendidikan
karakter.
3)
KTSP sangat memungkinkan bagi tiap
sekolah untuk mengembangkan mata pelajaran tertentu bagi kebutuhan siswa.
4)
Untuk mengantisipasi permasalahan
pendidikan, namun secara umum, KTSP
biasa diandalkan menjadi patokan menghadapi tantangan masa depan dengan
pembekalan keterampilan peserta didik.
5)
Peserta didik juga diajak bicara,
diskusi, wawancara dan membahas masalah – masalah yang kontekstual ,yang dalam
kenyataanya memang diperlukan sehingga peserta didik menjadi lebih mengerti dan
menjiwai permasalahannya karena sesuai dengan keadaan peserta didik dalam
kehidupan sehari- hari.
6)
Peserta didik tidak hanya dituntun
menghafal namun yang lebih penting adalah proses belajar mengajar sehingga
mendorong peserta didik untuk meneliti dan mengaplikasikannya dalam kehidupan
sehari – hari.
7)
KTSP mengurangi beban belajar siswa yang
sangat padat dan memberatkan kurang lebih 20 persen.
8)
KTSP memberikan peluang yang lebih luas
kepada sekolah-sekolah plus untuk mengembangkan kurikulum sesuai dengan
kebutuhannya.
9)
Guru sebagai pengajar, pembimbing,
pelatih dan pengembang kurikulum.
10) Kurikulum
sangat humanis, yaitu memberikan kesempatan kepada guru untuk mengembangkan
isi/konten kurikulum sesuai dengan kondisi sekolah, kemampuan peserta didik dan
kondisi daerahnya masing-masing.
11) Standar
kompetensi yang memperhatikan kemampuan individu, baik kemampuan, kecakapan
belajar, maupun konteks sosial budaya.
12)
Berbasis kompetensi sehingga peserta
didik berada dalam proses perkembangan yang berkelanjutan dari seluruh aspek
kepribadian, sebagai pemekaran terhadap potensi-potensi bawaan sesuai dengan
kesempatan belajar yang ada dan diberikan oleh lingkungan.
13) Guru
sebagai fasilitator yang bertugas mengkondisikan lingkungan untuk memberikan
kemudahan belajar peserta didik.
14)
Mengembangkan ranah pengetahuan, sikap,
dan keterampilan berdasarkan pemahaman yang akan membentuk kompetensi
individual.
15)
Pembelajaran yang dilakukan mendorong
terjadinya kerjasama antar sekolah, masyarakat, dan dunia kerja yang membentuk
kompetensi peserta didik.
16)
Kegiatan pembelajaran lebih bervariasi,
dinamis dan menyenangkan.
17)
Menggunakan berbagai sumber belajar.
18) Evaluasi
berbasis kelas yang menekankan pada proses dan hasil belajar.
19) Guru
sebagai fasilitator yang bertugas mengkondisikan lingkungan untuk memberikan
kemudahan belajar siswa.
b.Kelemahan
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)
1)
Kurangnya SDM yang diharapkan mampu
menjabarkan KTSP pada kebanyakan satuan pendidikan yang ada. Minimnya kualitas
guru dan sekolah.
2)
Kurangnya ketersediaan sarana dan prasarana
pendukung sebagai kelengkapan dari
pelaksanaan KTSP .
3)
Masih banyak guru yang belum memahami
KTSP secara komprehensif baik konsepnya, penyusunannya,maupun prakteknya di
lapangan.
4)
Penerapan KTSP yang merekomendasikan
pengurangan jam pelajaran akan berdampak berkurangnya pendapatan guru. Sulit
untuk memenuhi kewajiban mengajar 24 jam, sebagai syarat sertifikasi guru untuk
mendapatkan tunjangan profesi.
5)
Pola kurikulum lama yang terlanjur
mengekang kreativitas guru.
6)Tidak
tersedianya sarana dan prasarana yang lengkap dan representatif juga merupakan
kendala yang banyak dijumpai di lapangan, banyak satuan pendidikan yang minim
alat peraga, laboratorium serta fasilitas penunjang yang menjadi syarat utama
pemberlakuan KTSP.
7)
Diperlukannya waktu yang cukup oleh
pedidik dalam membina perkembangan peserta didiknya,terutama peserta didik yang
berkemampuan dibawah rata – rata. Kenyataan membuktikan , kondisi sosial, dan
ekonomi yang menghimpit kesejahteraan hidup para guru.
8)
Kendala lain yang dialami guru adalah
ketidakpahaman mengenai apa dan bagaimana melakukan evaluasi dengan protofolio
karena ketidakpemahaman ini mereka
kembali kepada pola assessment lama dengan tes dan ulangan yang cognitive based
semata.
c. Tujuan
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)
1) Mendorong
terwujudnya otonomi sekolah dalam penyelenggaraan pendidikan.
2) Mendorong
para guru, kepala sekolah, dan pihak manajemen sekolah untuk semakin
meningkatkan kreativitasnya dalam penyelenggaraan program-program pendidikan.
3) KTSP
sangat memungkinkan bagi setiap sekolah untuk menitikberatkan dan mengembangkan
mata pelajaran tertentu yang acceptable bagi kebutuhan siswa.
4) KTSP
akan mengurangi beban belajar siswa yang sangat padat dan memberatkan kurang
lebih 20%.
5) KTSP
memberikan peluang yang lebih luas kepada sekolah-sekolah plus untuk
mengembangkan kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan.
Penerapan kurikulum KTSP di MAN 2 Watampone telah dilaksanakan semaksimal
mungkin. Dengan adanya kurikulum 2013 banyak terjadi kendala yang dihadapi
pihak sekolah. Mulai dari masalah yang berhubungan dengan pendidik yang belum
semua memperoleh pelatihan sampai pada persiapan dalam penerapan kurikulum 2013
yang belum maksimal. Melalui KTSP ini sekolah dapat melaksanakan program
pendidikannya sesuai dengan karakteristik, potensi, dan kebutuhan peserta
didik. Untuk itu, dalam pengembangannya melibatkan seluruh warga sekolah dengan
berkoordinasi kepada pemangku kepentingan di lingkungan sekitar sekolah.
Dalam hal ini dipaparkan tentang
Kurikulum MAN 2 Watampone,
yang secara keseluruhan mencakup:
1. Struktur
dan muatan kurikulum
2. Beban
belajar peserta didik
3. Kalender
pendidikan
4. Silabus,
5. Rencana
pelaksanaan pembelajaran (RPP)
d. Struktur
dan Muatan Kurikulum
Struktur kurikulum pada dasarnya
merupakan pola dan susunan mata pelajaran yang harus ditempuh oleh siswa dalam
kegiatan pembelajaran. Kedalaman muatan kurikulum pada setiap mata pelajaran
pada setiap satuan pendidikan dituangkan dalam kompetensi yang harus
dikuasai siswa sesuai dengan beban belajar yang tercantum
dalam struktur kurikulum tersebut.
Kompetensi yang dimaksud terdiri atas standar kompetensi dan kompetensi dasar
yang dikembangkan berdasarkan standar kompetensi lulusan. Muatan lokal dan
kegiatan pengembangan diri merupakan bagian integral dari struktur kurikulum
pada jenjang pendidikan dasar dan menengah. Jika ditelaah dari dokumen Standar
Isi sebagai lampiran Permendiknas No. 22/2006, struktur kurikulum tersebut
dibedakan pada masing-masing tingkat satuan pendidikan (SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA,
dan SMK).
Struktur
kurikulum SMA/MA meliputi substansi pembelajaran yang ditempuh dalam satu
jenjang pendidikan selama tiga tahun mulai kelas X sampai dengan kelas XII.
Struktur kurikulum disusun berdasarkan standar kompetensi lulusan dan standar
kompetensi mata pelajaran. Pengorganisasian kelas-kelas pada SMA/MA dibagi ke
dalam dua kelompok, yaitu kelas X merupakan program umum yang diikuti oleh
seluruh siswa, dan kelas XI dan XII merupakan program penjurusan yang terdiri
atas empat program: (1) Program Ilmu Pengetahuan Alam, (2) Program Ilmu
Pengetahuan Sosial, (3) Program Bahasa, dan (4) Program Keagamaan, khusus untuk
MA.
e. Beban
belajar peserta didik
Selain terdiri atas sejumlah mata
pelajaran yang keluasan dan kedalamannya merupakan beban belajar bagi siswa
pada satuan pendidikan tertentu, dalam struktur kurikulum pendidikan dasar dan
menengah terdapat muatan lain, yaitu muatan lokal dan kegiatan pengembangan
diri. Muatan lokal merupakan kegiatan kurikuler untuk mengembangkan kompetensi
yang disesuaikan dengan ciri khas dan potensi daerah, termasuk keunggulan
daerah, yang materinya tidak dapat dikelompokkan ke dalam mata pelajaran yang
ada, yaitu:
1) Struktur
Kurikulum Kelas X
a)Kurikulum
Kelas X terdiri atas:
ü 16
mata pelajaran
ü Program
pengembangan diri.
b)
Sekolah tidak menambah alokasi waktu
untuk setiap mata pelajaran. Jam pembelajaran untuk setiap mata pelajaran
dialokasikan sebagaimana tertera dalam struktur kurikulum.
2) Struktur
Kurikulum Kelas XI dan XII
a)
Kurikulum Kelas XI dan XII Program IPA
dan Program IPS, terdiri atas:
ü 13
mata pelajaran
ü Program
pengembangan diri
b) Sekolah
tidak menambah alokasi waktu untuk setiap mata pelajaran.
Pada tahap mata pelajaran,
pengembangan kurikulum diwujudkan dalam bentuk
silabus pembelajaran untuk masing masing mata pelajaran yang
dikembangkan pada masing-masing satuan
pendidikan. Dari silabus pembelajaran
tersebut oleh guru selanjutnya dijabarkan menjadi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP) atau program yang akan dilaksanakan pada periode belajar tertentu.
Dalam periode waktu tersebut
diharapkan para siswa dapat menguasai satu kesatuan kompetensi baik berupa pengetahuan, sikap, maupun keterampilan
tertentu. Jadi, jam pembelajaran untuk setiap mata pelajaran dialokasikan
sebagimana tertera dalam struktur kurikulum.
Strategi pembelajaran adalah suatu kegiatan
pembelajaran yang harus dikerjakan guru agar tujuan pembelajaran dapat dicapai
secara efektif dan efisien (Senjaya: 2008). Selanjutnya, dengan mengutip pemikiran J. R
David dalam Senjaya: 2008 menyebutkan bahwa dalam strategi pembelajaran
terkandung makna perencanaan. Artinya, bahwa strategi pada dasarnya masih
bersifat konseptual tentang keputusan-keputusan yang akan diambil dalam suatu
pelaksanaan pembelajaran.
Metode merupakan
langkah operasional dari strategi
pembelajaran yang dipilih dalam mencapai tujuan belajar, sehingga bagi
pengajar dalam menggunakan suatu metode pembelajaran harus disesuaikan dengan
jenis strategi yang digunakan. Ketepatan penggunaan suatu metode akan
menunjukkan fungsionalnya strategi dalam kegiatan pembelajaran.
Strategi
pembelajaran sifatnya masih konseptual dan untuk mengimplementasikannya
digunakan berbagai metode pembelajaran tertentu. Dengan kata lain, strategi
merupakan “a plan of operation achieving
something” sedangkan metode adalah “a
way in achieving something” (Senjaya: 2008). Jadi,
metode pembelajaran dapat diartikan sebagai cara yang digunakan untuk
mengimplementasikan rencana yang sudah disusun dalam bentuk kegiatan nyata dan
praktis untuk mencapai tujuan pembelajaran. Terdapat beberapa metode
pembelajaran yang dapat digunakan untuk mengimplementasikan strategi
pembelajaran, diantaranya: (1) ceramah; (2) demonstrasi; (3) diskusi; (4)
simulasi; (5) laboratorium; (6) pengalaman lapangan; (7) brainstorming; (8)
debat, (9) simposium, dan sebagainya.
Selanjutnya metode pembelajaran
dijabarkan ke dalam teknik dan gaya pembelajaran. Dengan demikian, teknik pembelajaran dapat diartikan sebagai
cara yang dilakukan seseorang dalam mengimplementasikan suatu metode secara
spesifik. Misalkan, penggunaan metode ceramah pada kelas dengan jumlah siswa yang relatif banyak membutuhkan teknik
tersendiri, yang tentunya secara teknis akan berbeda dengan penggunaan metode
ceramah pada kelas yang jumlah siswanya terbatas. Demikian pula, dengan
penggunaan metode diskusi, perlu digunakan teknik yang berbeda pada kelas yang
siswanya tergolong aktif dengan kelas yang siswanya tergolong pasif.
a. Strategi
yang digunakan guru dengan tujuan yang akan dicapai dalam pembelajaran
Berdasarkan pengamatan saya
strategi yang digunakan guru sudah sesuai dengan tujuan pembelajaran yang akan
dicapai yaitu pada pembelajaran Bahasa Inggris strategi yang digunakan adalah
model inquiry learning. Dengan model
ini siswa di pasangkan dengan teman sebangku/duduknya. Lalu siswa mendiskusikan
permasalahan dan perintah yang diberikan oleh guru. Setelah itu setiap pasangan
mempraktekan hasil diskusi dengan temannya di depan kelas.
Hal ini dilakukan guru agar siswa
bisa aktif dalam belajar sehingga proses pembelajaran pun berjalan sesuai
dengan yang diharapkan dan dapat mencapai indikator atau tujuan pembelajaran.
b. Strategi
yang digunakan guru dengan materi pembelajaran yang digunakan
Berdasarkan hasil pengamatan yang
saya lakukan di kelas X pada pelajaran Bahasa Inggris dengan materi tentang Responding to initial greetings. Guru
dalam menyampaikan materi kepada siswa menggunakan strategi dengan menggunakan
tiga kata kunci yaitu tatap muka, terstruktur, dan mandiri. Hal ini dapat
diaplikasikan yaitu dengan meminta siswa untuk membuat dialog dengan teman
sebangkunya sehingga siswa dapat melakukan conversation
dialogue yang mereka buat sendiri, lalu mempraktekan dialog tersebut di
depan kelas sesuai dengan materi pembelajaran yang telah diberikan oleh guru.
c. Strategi
yang digunakan guru dengan metode pembelajaran yang digunakan
Berdasarkan pengamatan yang saya
lakukan di kelas X strategi yang telah disusun oleh guru sudah sesuai dengan
metode yang digunakan yaitu dengan menggunakan metode Total physical response (TPR) dan ceramah. Metode-metode ini sangat
sesuai dengan materi pembelajaran karena dengan menggunakan metode TPR ini
sangat mudah dan ringan dalam segi penggunaan bahasa dan juga mengandung unsur
gerakan permainan sehingga dapat menghilangkan stress pada peserta didik karena
masalah-masalah yang dihadapi dalam pelajarannya terutama pada saat mempelajari
bahasa asing, dan juga dapat menciptakan suasana hati yang positif pada peserta
didik yang dapat memfasilitasi pembelajaran sehingga dapat meningkatkan
motivasi dan prestasi siswa dalam pelajaran tersebut. Makna atau arti dari
bahasa sasaran dipelajari selama melakukan aksi.
Pada
pembelajaran tentang materi Responding to
initial greetings terlebih dahulu siswa di pasangkan dengan teman
sebangkunya, lalu mereka diberikan kesempatan untuk membuat dialog sendiri
berdasarkan materi yang telah dijelaskan kemudian guru meminta siswa untuk
mempraktekan dialog tersebut di depan kelas. Dengan metode ini siswa lebih
mudah untuk berpartisipasi dalam menyumbangkan ide dan gagasan dalam membuat
dialog sendiri.
Berdasarkan pengamatan saya
terhadap rancangan RPP guru untuk mata pelajaran bahasa Inggris di tingkat
satuan pendidikan (SMA) di MAN
2 WATAMPONE, ada beberapa macam format berkaitan dengan
pencantuman komponen ’tujuan’ dan ’indikator’ yang digunakan masing-masing
guru.
Perencanaan
pembelajaran dirancang dalam bentuk Silabus dan Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran (RPP) yang mengacu pada Standar Isi. Perencanaan pembelajaran
meliputi penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran dan penyiapan media dan
sumber belajar, perangkat penilaian pembelajaran, dan skenario pembelajaran.
Penyusunan Silabus dan RPP disesuaikan pendekatan pembelajaran yang digunakan.
a. Unsur-unsur
pokok yang terkandung dalam RPP meliputi:
1) Identitas
mata pelajaran (nama mata pelajaran, kelas, semester, dan waktu/banyaknya jam
pertemuan yang dialokasikan).
2) Kompetensi
dasar dan indikator-indikator yang hendak dicapai.
3) Materi
pokok beserta uraiannya yang perlu dipelajari siswa dalam rangka mencapai
kompetensi dasar dan indikator.
4) Kegiatan
pembelajaran (kegiatan pembelajaran secara konkret yang harus dilakukan siswa
dalam berinteraksi dengan materi pembelajaran dan sumber belajar untuk
menguasai kompetensi dasar dan indikator).
5) Alat
dan media yang digunakan untuk memperlancar pencapaian kompetensi dasar, serta
sumber bahan yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran sesuai dengan
kompetensi dasar yang harus dikuasai.
6) Penilaian
dan tindak lanjut (prosedur dan instrumen yang akan digunakan untuk menilai
pencapaian belajar siswa serta tindak
lanjut hasil penilaian).
b. Prinsip-prinsip
Penyusunan RPP :
1) Perencanaan
pembelajaran harus berdasarkan kondisi siswa.
2) Perencanaan
pembelajaran harus berdasarkan kurikulum yang berlaku.
3) Perencanaan
pembelajaran harus memperhitungkan waktu yang tersedia.
4) Perencanaan
pembelajaran harus merupakan urutan kegiatan pembelajaran yang sistematis.
5) Perencanaan
pembelajaran bila perlu lengkapi dengan lembaran kerja/tugas dan atau lembar
observasi.
6) Perencanaan
pembelajaran harus bersifat fleksibel.
7) Perencanaan
pembelajaran harus berdasarkan pada pendekatan sistem yang mengutamakan
keterpaduan antara tujuan/kompetensi, materi, kegiatan belajar dan evaluasi.
Prinsip-prinsip tersebut harus
dijadikan landasan dalam penyusunan RPP. Selain itu, secara praktis dalam penyusunan
RPP, seorang guru harus sudah menguasai bagaimana menjabarkan kompetensi dasar
menjadi indikator, bagaimana dalam memilih materi pembelajaran yang sesuai
dengan kompetensi dasar, bagaimana memilih alternatif metode mengajar yang
dianggap paling sesuai untuk mencapai kompetensi dasar, dan bagaimana
mengembangkan evaluasi proses dan hasil belajar.
*Contoh Format Rencana Pelaksanaan Pembelajaran:
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Sekolah :
………………………………………..
Mata Pelajaran :
………………………………….….....
Kelas/Semester :
………………………………….…….
Alokasi Waktu :
………. x pertemuan (@ …… menit)
Standar Kompetensi :
.................................................................
Kompetensi Dasar
: ......................................................................
Indikator :
......................................................................
I. Tujuan
Pembelajaran..................................................................
II. Materi
Pembelajaran..................................................................
III. Metode
Pembelajaran................................................................
IV.
Langkah-langkah Pembelajaran
A. Kegiatan
Awal...........................................................................
B. Kegiatan
Inti..............................................................................
C. Kegiatan
Akhir..........................................................................
V. Alat,
Bahan, dan Sumber Belajar .............................................
VI.
Penilaian....................................................................................
Berdasarkan penjelasan di atas dan
hasil pengamatan saya mengenai RPP yang telah dibuat oleh guru MAN 2 Watampone
mata pelajaran bahasa Inggris kelas X sudah sesuai dengan komponen-komponen
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dalam KTSP di atas. memuat identitas
sekolah (sekolah, mata pelajaran, Kelas/semester, materi pokok, alokasi waktu),
Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar dan Indikator, tujuan pembelajaran, materi
pembelajaran metode pembelajaran, media, alat,sumber pembelajaran,
langkah-langkah kegiatan pembelajaran (pendahuluan, kegiatan inti, dan
penutup), penilaian (jenis/teknik penilaian, bentuk instrumen dan instrumen,
pedoman penskoran).
Media pembelajaran adalah sarana
yang dapat dimanipulasikan dan dapat digunakan mempengaruhi pikiran, perasaan,
perhatian dan sikap peserta didik, sehingga mempermudah terjadinya proses
pembelajaran. Pikiran, perasaan, perhatian dan sikap peserta didik dalam
pembelajaran dapat dirangsang dengan menggunakan media pembelajaran.
Pemanfaatan media pembelajaran diharapkan dapat meningkatkan efektivitas
pembelajaran.
Media pembelajaran atau alat bantu
belajar merupakan semua alat yang dapat digunakan untuk membantu peserta didik
melakukan perbuatan belajar, sehingga kegiatan belajar menjadi efisien dan
efektif. Dengan bantuan berbagai alat, maka pelajaran akan lebih menarik,
menjadi konkrit, mudah dipahami, hemat waktu dan tenaga, dan hasil belajar
lebih bermakna. Alat bantu belajar disebut juga alat peraga, misalnya dalam
bentuk bahan tercetak, alat-alat yang dapat dilihat, alat yang dapat didengar
(media audio), dan alat-alat yang dapat didengar dan dilihat (audio visual
aids), serta sumber-sumber masyarakat yang dapat dialami secara langsung.
Media pembelajaran yang dipakai
oleh guru mata pelajaran bahasa Inggris di MAN 2 Watampone sesuai dengan materi
yang sedang diajarkan. Meliputi kaset/CD, tape, dan LCD yang mendukung dalam
proses belajar mengajar. Penggunaan media pembelajaran khususnya untuk mata
pelajaran bahasa Inggris sangat penting untuk mendukung proses belajar siswa.
Berdasarkan kurikulum KTSP, sistem
evaluasi KTSP ditekanan pada penilaian berbasis kelas. Penilaian yang dilakukan
secara terpadu dan komprehensif terhadap proses dan hasil belajar siswa, dengan
menggunakan beberapa teknik yang relevan, sehingga memperoleh profil kompetensi
yang dimiliki siswa.
Karakteristik operasional Penilaian Berbasis
Kompetensi :
ü Berorientasi
pada kompetensi (Standar kompetensi, Kompetensi dasar)
ü Mengacu
pada indikator pada pencapaian hasil belajar
ü Menggunakan
standar acuan patokan (kriteria ketuntasan minimal –s.d. ketuntasan maksimal)
ü Menggunakan
standar skala kuantitatif 0-100, dan kualiatif, A (sangat baik), B (baik), C
(cukup), D (kurang), E (sangat kurang). Ketuntasan minimal 70 % - ketuntasan
maksimal 100 %
ü Memakai
bebagai macam teknik penilaian, antara lain: ulangan harian, tugas individu,
kuis, pertanyaan lisan, tugas kelompok, ujian akhir semester, baik dalam bentuk
tes pilihan ganda, esai, atau lainnya penilaian unjuk kerja, portofolio, dan
lain-lain.
Berdasarkan hasil pengamatan saya pada RPP mata
pelajaran bahasa Inggris kelas X semester 1 yang di lakukan di MAN 2 Watampone. Saya menemukan bahwa evaluasi yang digunakan guru
dengan tujuan pembelajaran adalah evaluasi tes, non tes, dan penugasan. Evaluasi
ini lebih dipilih guru karena sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ada. Oleh
karena itu, saya menyimpulkan bahwa evaluasi yang diadakan guru berdasarkan
tujuan pembelajaran ini sudah sangat sesuai dengan tujuan pembelajaran dan
kurikulum. Selain itu juga, evaluasi ini bisa memudahkan guru dan siswa dalam
melaksanakan tugas-tugasnya, baik itu sebagai penyampaian materi pelajaran
maupun sebagai siswa yang menerima pelajaran. Berikut ini adalah contoh format
Rencana Pelaksanaan Guru (RPP).
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Nama
Sekolah : MAN 2 WATAMPONE
Mata
Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : XII / 1
Alokasi
Waktu : 2 x 45 menit ( 1x pertemuan )
Topik Pembelajaran : Announcement
Pertemuan Ke : 1
A. Standar Kompetensi
Berbicara
1.
Mengungkapkan
makna dalam teks fungsional pendek dan monolog yang berbentuk narrative,
explanation, dan discussion dalam konteks kehidupan sehari-hari.
B. Kompetensi Dasar
1.1 Mengungkapkan
makna dalam teks fungsional pendek secara
akurat, lancar, dan berterima yang menggunakan ragam bahasa lisan dalam berbagai
konteks kehidupan
sehari-hari (teks pengumuman).
C. Indikator Pencapaian Kompetensi
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Nilai budaya dan
karakter bahasa
|
·
Menggunakan
bahasa lisan dalam menyampaikan teks fungsional pendek
|
Religius, jujur, toleransi, disiplin. Kerja keras, mandiri, demokratis,
rasa ingin tau, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi,
bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial,
tanggungjawab dan mandiri
|
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
§
Percaya
diri (keteguhan hati, optimis).
§
Berorientasi
pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
§
Pengambil
resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
§
Orientasi
ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
D. Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran siswa dapat :
·
Memahami
bahasa dan struktur bahasa short functional text
·
Menggunakan
bahasa lisan dalam menyampaikan teks
functional pendek
E. Materi
Pokok
·
Teks fungsional pendek
·
Kosakata terkait
F. Metode Pembelajaran/Teknik:
Three-phase
technique
·
Pre
listening
·
Whilst
listening
·
Post
listening
G. Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
§
Bertanya jawab tentang isi
cerita (karakter, setting, plot) yang sudah dibaca, ditonton, dan/atau
didengar.
§
Membahas nilai-nilai yang
terkandung dalam cerita, sikap dan perilaku para tokoh.
§
Membahas unsur dan langkah
retorika dalam teks naratif.
§
Membahas ciri-ciri
leksikogramatika.
§
Nonton film
§
Mendengarkan cerita (secara
langsung atau dengan media elektronik).
§
Membacakan cerita kepada
kelompok atau kelas (monolog).
§
Menceritakan kembali cerita
kepada kelompok atau kelas (monolog).
§
Membahas kesulitan yang
dihadapi siswa dalam melakukan kegiatan terstruktur dan mandiri.
|
§
Dengan kelompok belajarnya,
siswa diberi tugas untuk melakukan hal-hal berikut, dan melaporkan setiap
kegiatan kepada guru, a.l. tentang tempat, siapa saja yang datang, kesulitan
yang dihadapi.
§
Bertanya jawab tentang isi
cerita (karakter, setting, plot) yang sudah dibaca, ditonton, dan/atau
didengar dengan kelompok belajarnya
§
Membahas nilai-nilai yang
terkandung dalam cerita, sikap dan perilaku para tokoh.
§
Membahas unsur dan langkah
retorika dalam teks naratif.
§
Membahas ciri-ciri
leksikogramatika.
§
Nonton film.
§
Mendengarkan cerita (secara
langsung atau dengan media elektronik).
§
Membacakan cerita kepada
kelompok (monolog).
§
Menceritakan kembali cerita
kepada kelompok (monolog).
|
§
Siswa melakukan berbagai
kegiatan terkait dengan wacana berbentuk naratif di luar tugas tatap muka dan
terstruktur yang diberikan guru.
§
Siswa mengumpulkan setiap hasil
kerja dalam portofolio, dan melaporkan hal-hal yang sudah diperoleh serta
kesulitan yang dihadapi secara rutin kepada guru.
|
Langkah-langkah Kegiatan
Pembelajaran
Kegiatan
Awal (10’)
·
Mengucapkan salam dengan ramah kepada siswa ketika
memasuki ruang kelas (nilai yang ditanamkan: santun, peduli)
·
Mengecek kehadiran siswa (nilai yang
ditanamkan: disiplin, rajin)
·
Mengaitkan materi/kompetensi yang akan dipelajari
dengan karakter
·
Dengan merujuk pada silabus, RPP, dan bahan ajar,
menyampaikan butir karakter yang hendak dikembangkan selain yang
terkait dengan SK/KD
·
Siswa berdiskusi
mengenai pertanyaan yang tertera di buku teks
Kegiatan
Inti (70’)
Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi guru:
§ Memberikan
stimulus berupa pemberian materi Teks fungsional pendek “announcement”.
§ Mendiskusikan
materi bersama siswa (Buku : Bahan Ajar Bahasa Inggris mengenai Teks
fungsional pendek “announcement”.
§ Memberikan
kesempatan pada peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau
mempresentasikan mengenai Teks fungsional pendek “announcement”.
§ Siswa
diminta membahas contoh soal dalam Buku : Bahan Ajar Bahasa Inggris
mengenai Teks fungsional pendek “announcement”.
Elaborasi
Dalam kegiatan
elaborasi guru:
§ Membiasakan
siswa membuat kalimat Teks fungsional pendek “announcement”.
§ Memfasilitasi
siswa melalui pemberian tugas mengerjakan latihan soal yang ada pada buku ajar
Bahasa Inggris untuk dikerjakan secara individual.
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi guru:
§ Memberikan umpan
balik pada siswa dengan memberi penguatan dalam bentuk lisan pada siswa yang
telah dapat menyelesaikan tugasnya.
§ Memberi
konfirmasi pada hasil pekerjaan yang sudah dikerjakan oleh siswa melalui sumber
buku lain.
§ Memfasilitasi
siswa melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang sudah
dilakukan.
§ Memberikan
motivasi kepada siswa yang kurang dan belum bisa mengikuti dalam materi
mengenai Teks fungsional pendek “announcement”.
Kegiatan
Akhir (10’)
§ Siswa diminta
membuat rangkuman dari materi mengenai Teks fungsional pendek “announcement”.
§ Siswa dan Guru
melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
§ Siswa diberikan
pekerjaan rumah (PR) berkaitan dengan materi mengenai Teks fungsional pendek
“announcement”.
§ Menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
H. Sumber/Bahan/Alat
1.
Buku
teks yang relevan : English Texts in Use jilid XI, English For Better Life XI
2.
Transkrip
percakapan atau rekaman percakapan/ kaset
3.
Gambar
yang relevan
4.
Script
monolog berbentuk banner, poster atau pamplet
I. Penilaian
I. Indikator, Teknik, Bentuk, dan Contoh.
No.
|
Indikator
|
Teknik
|
Bentuk
|
Contoh
|
1.
|
Memahami
isi Teks fungsional pendek “Pengumuman”
|
Tes
Lisan
|
Untuk
Kerja
|
Listen
to the following advertisement and answer the questions!
|
II. Instrumen Penilaian

III. Pedoman Penilaian
No.
|
Aspek
|
Aspek
|
Skor
|
1.
|
Pronounciation
|
-
Anak berbicara dengan lafal, intonasi yang benar
|
3
|
|
|
-
Anak berbicara dengan lafal dan intonasi yang benar namun ada beberapa
kesalahan
|
2
|
|
|
-
Anak berbicara dengan lafal dan intonasi yang masih salah
|
1
|
2.
|
Fluency
|
-
Anak berbicara dengan lancar
|
3
|
|
|
-
Anak berbicara dengan beberapa hambatan
|
2
|
|
|
-
Anak berbicara dengan tidak lancar
|
1
|
3.
|
Performance
|
-
Anak maju ke depan kelas berbicara dengan
keyakinan yang tinggi
|
3
|
|
|
-
Anak maju ke depan kelas berbicara dengan agak
ragu-ragu
|
2
|
|
|
-
Anak maju ke depan kelas berbicara dengan
keyakinan yang sangat rendah
|
1
|
Nilai= Perolehan skor dibagi 15 × 100
|
|
||||
1.
Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Berikut ini adalah hasil pengembangan
saya terhadap RPP guru yang telah saya
amati dan telaah. Dengan topik yang sama, SK dan KD serta Indikator yang sama.
Saya hanya melakukan pengembangan pada bagian strategi, metode, langkah-langkah kegiatan
pembelajaran, tujuan pembelajaran yang ingin dicapai, dan penilaian. RPP ini
saya sesuaikan dengan hasil pengamatan saya di kelas mengenai kondisi siswa
dengan apa yang seharusnya diberikan guru kepada siswa untuk membangun motivasi
siswa dalam belajar bahasa Inggris yang menyenangkan dengan mengacu pada
kurikulum dan silabus sekolah. Berikut adalah Rancangan Pelaksanaan
Pembelajaran yang dapat saya rangkum sendiri melalui pengamatan selama magang
II.
LESSON
PLAN
School : MAN 2 WATAMPONE
Subject : English
Skill : Listening
Grade/Semester : XII/1
Time
Allocation : 2X40
A.
Standard
Competency:
2. Understanding the meaning of short
functional teks and monologue form of a narrative, explanation, and discussion
in the context of daily activities.
B. Basic Competence:
2.1
Responding the meaning contained in oral texts short functional official and
unofficial accurately, fluently and thank the various contexts of daily
activities.
C. Indicator:
1.
Identifying the topic of a short functional text
that
been heard
2.
Identifying the purpose of short functional text
that been heard
D.
Learning
Objective:
1.
Students are able to identify the
announcement text that been heard
2.
Student are able to analyze the
announcement text that been heard
3.
Students are able to response the
announcement that been heard
E. Characters Building:
1. Religion
2. Honest
3. Discipline
4. Critical
5. Responsive
6. Democratic
E.
Learning
Material
a.
Short
Functional Text
Functional
text is writing meant to help the reader accomplish an everyday task.
Examples of functional text might include a recipe for cooking; directions to a
location; a memo notifying of a change in a company's address, or a store's
opening time; a schedule of event times and locations during a seminar; a
directory of addresses, phone numbers or e-mail addresses; directions on a
test; a menu from a restaurant; a pamphlet notifying the public of a grand
opening, store closing, or a foreclosure; or a how-to manual just to name a
few.
Functional
text is used for everyday information. It is called functional because it helps
you function in your day-to-day life. For example, if I wanted to make
chocolate chip cookies, I would read a recipe. If I wanted to know my friend's
phone number, I would look in a phone book. If my English teacher gave a test,
I would need to read the directions.
b.
Example for Short Functional Text
Example 1: Announcement

The
Functions: to provide complete and clear information about certain events or
occasion
Some characteristics of announcement:
1. Straightforward and ease the readers to get
information quickly
2. Keep it short, inviting, and to the point.
3. Clear and complete
4. For a bad news, make a direct and no-nonsense
statement.
Example 2: Greeting Card

Greeting Cards functions as an expression of
sympathy and care to others.
The purpose is to congratulate someone’ achievement, express
sympathy on someone’s, and motivate someone on gaining achievement
Some characteristics of greeting card:
1. Clarify a clear purpose
2. Use an appraisal diction
3. Accurate addressee
Example 3: Invitation
![]() |
Function/Purpose is to o invite someone to
attend an occasion.
The Structure/Parts: The addressee (the person invited),
salutation, the message (the content of the message), and the Sender
Some characteristics of invitation:
1. Having an accurate addressee
2. Giving clear time, place, and activity
3. Providing sufficient information about the
inviter
4. Expressing that the writer is looking
forward to seeing person
5. If there is a dress code, state it in the lower
left-hand corner
Example 4:
Notice/Guidance
The Functions of notice/guidance:
1. Prohibition notifies people not to do something.
People may find this kind of notice in a public places.
2. Caution or warning warns people to be careful in
handling something. Ignoring the notice may cause injury or breaking the
facilities.
3. Guidance gives information to people to do
something appropriately.
4. The informational notice provides information
that could be useful for people.
Example 5: Short Message

Its function is to send an important message to other people
Some characteristics of a short message
1. Clear addressee (someone who receives the
message)
2. Straight forward
3. If it is an instruction state it clearly.
F. Learning
Activities
1. Task 1 (Announcement 1)

2. Task 2 (Announcement 2)

G. Learning
Methods
Cooperative Learning:Three-phase
technique(Pre listening,whilst listening,and post listening)
Pre Activity (10 minutes)
§ Teacher to relation about material that will
be taught
§ Teacher refers to syllabus, lesson plan, and
teaching materials, to convey every character that developed apart relate with
standard competence and basic competence.
Whilst Activity (20 minutes)
·
Teacher playing the announcement text ,at least three times
·
Students are listening and answering task 1
·
Students to check their answer who guided by teacher
·
Teacher to check students answer
·
Teacher asking the words meaning that
students heard from text
·
Students answer words meaning and search
in dictionary
·
Teacher playing announcement text again
·
Students are doing task 2 about announcement
·
Students are discuss their answer
together with teacher
·
Teacher to check students answer
Post
Activity (10 minutes)
·
Teacher asking some students to mention few keywords from
the announcement text
·
Students to mention few keywords from
the announcement text
·
Teacher and student conclude the
materials
·
Teacher gives homework
·
Teacher informs the next activities
H.
Media
·
Script announcement or record
announcement
·
Book are relevant to the material
I.
Assessment
Instrument
Task 1
Answer the questions a
according to text that you hear!
1. What
is the announcement about?
2. Who
is announced the announcement?
3. Where
the announcement was happen?
4. Why
they announced the announcement?
5. Whom
the announcement was intended?
Task 2
Fill the blank with the words that
you heard.

Ladies
and gentlemen, on .............(1) the crew I ask that you please direct your
attention to the .............(2) above as we review the emergency procedures.
There are six emergency exits on this aircraft. Take a minute to locate the
exit closest to you. Note that the nearest exit may be behind you. Count the
number ............(3) to this exit. Should the cabin experience sudden
pressure loss, stay calm and listen for instructions from the cabin crew.
Oxygen ...............(4) will drop down from above your seat. Place the mask
over your mouth and nose, like this. Pull the strap to tighten it. If you are ............(5)
with children, make sure that your own mask is on first before helping your
children. In the unlikely event of .............(6) landing and evacuation,
leave your carry-on items behind. Life rafts are located below your seats and
emergency lighting will lead you to your ............(7) exit and slide. We ask
that you make sure that all ...............(8) luggage is stowed away safely ..........(9)
the flight. While we wait for take off, please take a moment to review the
safety data card in .............(10) pocket in front of you.
J.
Assessment
NO
|
Indicator
|
Technic
|
Form
|
1.
|
Identifying
the topic of a short functional
text that
been heard
|
Written Test
|
Answer
the questions
|
2.
|
Identifying the purpose of short functional text
that been heard
|
Task
|
Fill
the blank with the correct answer
|
K.
Rubric
Assessment
1. For
task 2, every correct answer was given a score of 5
2. For
task 1 is following this rubric below:
SCORE
|
CRITERIA
|
Excellent
100-90
|
Excellent
at identifying the main idea, general, and specific information. No problems
at recognizing vocabulary and expressions.
|
Very Good
89-80
|
Very
Good at identifying the main idea, general, and specific information. Shows
good ability to infer implied information. Almost no problems at recognizing
vocabulary nad expressions.
|
Good
79-70
|
Good
at identifying the main idea, general, and specific information. Shows some
ability to infer implied information. Some minor problems at recognizing
vocabulary and expressions.
|
Fair
69-60
|
Still
able to identify the main idea, general, and specific information. Still
shows ability to infer implied information. Some problems at recognizing
vocabulary and expressions.
|
Unsatisfactory
59 or fewer
|
Unable
to to identify the main idea, general, and specific information. Fails to
infer information. Many problems at recognizing vocabulary and expressions.
|
Total
maximum score 1. If the maximum score achieved = 50
2. 10 X
5 = 50
|
|
Total = 100
Bahan ajar adalah segala bentuk
bahan yang digunakan untuk membantu guru dalam melaksanakan kegiatan belajar
mengajar. Bahan yang dimaksud dapat berupa bahan tertulis maupun bahan yang
tidak tertulis. Berdasarkan pengertian tersebut dapat disimpulkan bahwa bahan
ajar merupakan komponen pembelajaran yang digunakan oleh guru sebagai
bahan belajar bagi siswa dan membantu guru dalam melaksanakan kegiatan
belajar di kelas.
Berdasarkan hasil pengamatan saya
pada RPP guru di MAN 2 Watampone
mengenai bahan ajar yang digunakan guru yaitu buku cetak bahasa Inggris kelas
X. Maka hasil pengembangan saya mengenai bahan ajar yang saya gunakan dalam RPP
di atas adalah saya menggunakan bahan ajar berupa buku cetak dan juga saya
mengambil beberapa referensi materi terkait di internet agar bahan ajar
tersebut dapat mempermudah siswa untuk mengerti materi yang
diajarkan.Pengembangan bahan ajar di sekolah perlu memperhatikan karakteristik
siswa dan kebutuhan siswa sesuai kurikulum. Yaitu menuntut adanya partisipasi
dan aktivasi siswa lebih banyak dalam pembelajaran. Pengembangan lembar
kegiatan siswa menjadi salah satu alternatif bahan ajar yang akan bermanfaat
bagi siswa menguasai kompetensi tertentu.
3. Assessment
Assessment
digunakan sebagai bahan evaluasi untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa
berdasarkan hasil belajarnya. Pengembangan yang dapat dilakukan dalam
assessment dapat berupa lembar pengamatan sikap dan rubrik/pedoman penilaian,
tes penilaian kinerja untuk mendiskripkan materi, tes uraian. Perangkat yang
dapat digunakan dapat mencakup media pembelajaran yang digunakan oleh guru.
Penilaian merupakan salah satu
komponen yang yang harus di capai guru dan siswa untuk memenuhi tujuan pembelajaran
yang sudah ditentukan. Penilaian dapat mencakup penilaian Kompetensi Inti sikap
spiritual, Kompetensi Inti sikap sosial, Kompetensi Inti pengetahuan dan
Kompetensi Inti keterampilan, yang mencakup penilaian afektif, kognitif, dan
psikomotorik siswa.
C. Refleksi
dan Pembahasan
Gebrakan yang inovatif dalam proses
pembelajaran tidak hanya akan mampu menciptakan suasana yang kondusif tetapi
juga efektif untuk meningkatkan mutu pendidikan. Untuk menghadapi era
globalisasi yang penuh dengan persaingan dan perubahan dibutuhkan pendidik yang
visioner, diperlukan perubahan strategis dan model pembelajaran menyenangkan.
Proses pembelajaran akan sangat menentukan dalam tercapainya tujuan pendidikan.
Perencanaan proses pembelajaran meliputi silabus dan rencana pelaksanaan
pembelajaran yang memuat sekurang-kurangnya tujuan pembelajaran, materi ajar,
metode pengajaran, sumber belajar, dan penilaian hasil belajar. Perencanaan
yang baik dalam proses pembelajaran, akan memudahkan pendidik dalam menjalankan
kewajibannya serta membantu peserta didik dalam memahami materi yang diajarkan.
Dua komponen utama dalam
perencanaan proses pembelajaran sebagaimana disebutkan dalam perencanaan
pembelajaran di atas yakni silabus dan RPP. Silabus dan RPP merupakan sumber
pokok dalam penyusunan rencana pembelajaran, baik rencana pembelajaran untuk
satu SK maupun satu KD. Dua komponen ini bermanfaat sebagai pedoman untuk
merencanakan pengelolaan kegiatan pembelajaran, misalnya kegiatan belajar
secara klasikal, kelompok kecil, atau pembelajaran secara individual.
Demikian pula, silabus sangat
bermanfaat untuk mengembangkan sistem penilaian. Dalam pelaksanaan pembelajaran
berbasis kompetensi sistem penilaian selalu mengacu pada SK, KD, dan indikator
yang terdapat di dalam silabus. Sedangkan RPP memberikan acuan bagaimana agar
proses pembelajaran berlangsung dengan baik dan mencapai indikator
pencapaian.
Dalam pembelajaran mata pelajaran
bahasa Inggris pada jenjang SMA, silabus dan RPP dapat dijadikan pedoman arah
pengembangan materi pembelajaran. Sebagai mata pelajaran yang banyak berisi
materi dalam meningkatkan skill bahasa Inggris siswa, diperlukan inovasi
pembelajaran supaya penyampaian materi tetap menarik. Tentunya pengembangan
tersebut harus memperhatikan kondisi, kebutuhan, dan karakteristik dari peserta
didik dan mata pelajaran. Pembahasan mengenai pengembangan silabus, RPP, dan
pembelajaran materi menjadi topik yang cukup menarik untuk didiskusikan.
Salah satu inovasi dalam kurikulum
berbasis kompetensi adalah adanya peluang bagi daerah atau sekolah untuk
mengembangkan silabus sesuai kondisi dan kebutuhan. Istilah silabus digunakan
untuk menyebut suatu produk pengembangan kurikulum berupa penjabaran lebih
lanjut dari SK dan KD yang ingin dicapai, dan materi pokok serta uraian materi
yang perlu dipelajari peserta didik dalam rangka mencapai SK dan KD. Seperti
diketahui, dalam pengembangan kurikulum dan pembelajaran, terlebih dahulu perlu
ditentukan SK yang berisikan pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang ingin
dicapai, materi yang harus dipelajari, pengalaman belajar yang harus dilakukan,
dan sistem evaluasi untuk mengetahui pencapaian SK. Dengan kata lain,
pengembangan kurikulum dan pembelajaran menjawab pertanyaan. Apa yang akan
diajarkan (SK, KD, dan materi pembelajaran), bagaimana cara melaksanakan
kegiatan (pembelajaran, metode, media), bagaimana dapat diketahui bahwa SK dan
KD telah tercapai (indikator dan penilaian).
BAB IV
SIMPULAN
DAN SARAN
A. Simpulan
Setelah
saya melaksanakan kegiatan MAGANG II di MAN 2 Watampone, saya dapat menarik kesimpulan bahwa
berada langsung di Sekolah atau objek yang dituju akan lebih baik dan saya bisa
mendapat pengetahuan yang lebih mengenai cara membuat RPP dari pengembangan
kurikulum dan silabus yang telah memberikan saya pengetahuan yang cukup untuk
kedepannya. saya juga bisa mengetahui situasi dan kondisi langsung yang
berkaitan dengan sekolah bersangkutan. Dan pada kegiatan Magang ini saya juga
bisa mengetahui situasi dan kondisi langsung yang berkaitan dengan siswa dalam
proses belajar mengajar.
Adapun beberapa saran yang saya berikan antara lain:
1.
Sebagai calon guru yang profesional
mahasiswa magang harus melakukan observasi dengan serius dan bertanggungjawab
agar memperoleh data atau informasi sesuai dengan kenyataan di Sekolah yang
dituju.
2.
Tetap menjaga hubungan kerjasama yang
baik dengan kepala sekolah dan warga sekolah yang ditempati Magang meskipun
pelaksanaan kegiatan Magang sudah selesai di sekolah yang bersangkutan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar