Senin, 09 November 2015

contoh laporan magang 1 universitas muhammadiyah makassar










LAPORAN
KEGIATAN MAGANG I
SMA NEGERI 5 BULUKUMBA
Oleh
ANDI IHWANA
 (10535581714)

PRODI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INGGRIS
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAKASSAR
AGUSTUS, 2015




LEMBAR
 PENGESAHAN KEGIATAN MAGANG 1


Laporan Program Magang 1 oleh mahasiswa Universitas Muhammadiyah Makassar di SMA NEGERI 5 BULUKUMBA Tahun ajaran 2015/2016 dinyatakan diterima dan disahkan

                        Yang melaksanakan kegiatan ini adalah :
                        Nama                           : Andi Ihwana
                        NIM                            : 105 355 817 14
Jurusan                       : Pendidikan Bahasa Inggris
Program Studi             : Magang 1
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan [FKIP]




                                                                        Kajang, 22 Agustus 2015                                                          Disahkan oleh, 
Mengetahui                                                                            
Kepala Sekolah                                                                       Dosen Pengampu
SMAN 5 BULUKUMBA
           

           Syamsuddin. R, S.Pd                                               Fahrizah Andi Baso, S.Pd, M.Pd
          NIP  19610621 198411 1 003
           
LEMBAR PENILAIAN
Berdasarkan  pengamatan dan laporan Program Magang 1 oleh mahasiswa Universitas Muhammadiyah Makassar
Nama                           : Andi Ihwana
NIM                            : 105 355 817 14
Jurusan                        : Pendidikan Bahasa Inggris
Program Studi             : Magang 1
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan [FKIP]
Maka guru dan dosen pembimbing memberikan nilai  A/B/C/D/E (………….) pada kegiatan ini.




                                                                                                Kajang, 22 Agustus 2015                                                                  
Mengetahui                                                                                                                    Kepala Sekolah                                                                    Dosen Pengampu
            SMAN 5 BULUKUMBA
           

           Syamsuddin. R, S.Pd                                               Fahrizah Andi Baso, S.Pd, M.Pd
          NIP  19610621 198411 1 003

                                                                                                                                                                                                                                                                                                iii
KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadirat Allah SWT atas segala rahmat dan hidayah-Nya. Sehingga proses penulisan Laporan Magang I ini dapat saya susun sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.
Penulis sadar bahwa apa yang telah penulis peroleh tidak semata-mata hasil dari jerih payah penulis sendiri tetapi hasil dari keterlibatan semua pihak. Oleh sebab itu, penulis  menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada:
1.   Bapak Syamsuddin.  R, S.Pd., selaku Kepala Sekolah SMA Negeri 5 Bulukumba yang telah memberikan kesempatan kepada saya untuk melaksanakan observasi di SMA Negeri 5 Bulukumba
2.   Ibu Fahrizah Andi Baso, S.Pd, M.Pd., selaku dosen pembimbing yang telah memonitor dan membimbing saya selama melaksanakan kegiatan magang.
3.   Ibu Milawati Supardi, S. Pd., selaku guru pamong yang telah membantu dan membimbing     saya selama melaksanakan observasi di Sekolah.
4.   Bapak dan Ibu guru serta staf/karyawan SMA Negeri 5 Bulukumba yang telah membantu dan membimbing penulis selama melakukan kegiatan magang ini.
5.   Pihak-pihak yang tidak dapat saya sebutkan, atas bantuan, doa serta  dukungannya yang   berhubungan dengan pelaksanaan magang ini.
Semoga bantuan dan dukungan yang telah diberikan mendapat pahala dan hikmah dari Allah SWT.
Penulis menyadari sepenuhnya bahwa dalam penyusunan laporan ini masih banyak kekurangan, karena keterbatasan pengetahuan dan kemampuan, untuk itu kritik dan saran yang bersifat membangun dari pembaca sangat diharapkan demi kesempurnaan Laporan Magang I ini.
Akhir kata penulis berharap semoga laporan ini bermanfaat bagi kita semua.

Kajang,10 Agustus 2015
                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                        Penulis

DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL                                                                                          i
LEMBAR PENGESAHAN                                                                                ii
LEMBAR PENILAIAN                                                                                      iii
KATA PENGANTAR                                                                                        iv       DAFTAR ISI                       v                                                                                                                            
BAB I PENDAHULUAN                                                                                  6
A.Visi Misi Sekolah                                                                                  6   
B. Profil Sekolah                                                                                       7
BAB II PROSEDUR PELAKSANAAN                                                           15
A.Jumlah siswa, tempat, dan waktu pelaksanaan                                                 
                 magang I                                                                                             15              
B.Langkah-langkah melakukan pengamatan                                           16
BAB III HASIL PELAKSANAAN DAN PEMBAHASAN                                       17
A. Hasil Pelaksanaan                                                                               17  
                 A.1 Deskripsi hasil pengamatan langsung kultur sekolah                   17
                 A.2 Deskripsi hasil pengamatan untuk membangun kompetensi      
                         dasar pedagogik,kepribadian, dan sosial                                    22           
     A.3 Deskripsi hasil pengamatan untuk memperkuat pemahaman
             peserta didik                                                                                           27
    A.4 Deskripsi hasil pengamatan langsung proses pembelajaran
             di kelas                                                                                        28
     A.5 Refleksi hasil pengamatan proses pembelajaran                          29
B. Pembahasan                                                                                         29
BAB IV  PENUTUP                                                                                           32
            A.    Simpulan                                                                                             32
            B.     Saran                                                                                                  32      
DAFTAR PUSTAKA                                                                                         33
LAMPIRAN-LAMPIRAN                                                                                 34
1.      Dokumentasi kegiatan
2.      Video berdurasi 5-10 menit proses pembelajaran dalam kelas

BAB I
PENDAHULUAN


A.Visi Misi SMA Negeri 5 Bulukumba
Ø  Visi
SMA Negeri 5 Bulukumba unggul dalam prestasi akademik non akademik dan keterampilan berdasarkan IMTAQ
Ø  Misi
1.      Meningkatkan potensi Guru dalam kegiatan pembelajaran berorientasi dengan tolak ukur  meningkatan mutu siswa.
2.      Meningkatkan disiplin,tanggung jawab, dedikasi, dan rasa peduli masyarakat sekolah terhadap pendidikan.
3.      Mengembangkan dan meningkatkan kinerja setiap personil sekolah agar dapat bekerja sama saling mendukung sebagai suatu sistem untuk mencapai tujuan sekolah.
4.      Meningkatkan pembinaan olah raga khususnya olah raga bola kaki dan volley ball
5.      Mengembangan life skill siswa untuk memanfaatkan,dan mengolah sumberdaya hasil laut dengan teknologi tepat guna dan mampu mendistribusikannya / memasarkan hasil produksinya.
6.      Meningkatkan pemahaman agama melalui pencerahan kalbu setiap awal pembelajaran dan akhir pembelajaran.
7.      Mengembangkan life skill siswa untuk memanfaatkan hasil perkebunan local (jagung marning)
8.      Meningkatkan penguasaan dan keterampilan teknologi informasi dan komputer siswa.
9.      Meningkatkan pelayanan,penataan administrasi sekolah.

Catatan : Visi dan Misi SMA Negeri 5 Bulukumba tertulis, dipajang dan sesuai dengan kondisi sekolah. Visi dan Misi sekolah ini disusun bersama pemangku sekolah (kepala sekolah, guru dan komite sekolah), semua warga sekolah tahu dan memahami rumusan Visi dan Misi sekolah.


B. Profil Sekolah
v  IDENTITAS SEKOLAH
No.
IDENTITAS SEKOLAH
1.        
NAMA SEKOLAH
SMA NEGERI 5 BULUKUMBA
2.        
INSTANSI/LEMBAGA
DINAS PENDIDIKAN
3.        
JENIS
SEKOLAH
4.        
NSS
3011903003
5.        
NPSN
40304256
6.        
NAMA PIMPINAN
SYAMSUDDIN.  R,  S. Pd
7.        
TANGGAL PENDIRIAN
20/11/1984
8.        
INSTANSI INDUK
PEMERINTAH KABUPATEN BULUKUMBA
9.        
STATUS KEPEMILIKAN
PEMERINTAH DAERAH
10.    
AKREDITAS
YA
11.    
KEGIATAN BELAJAR
PAGI
12.    
TINGKAT SEKOLAH
SMA
13.    
STATUS SEKOLAH
NEGERI
14.    
JUMLAH SISWA
945 ORANG
15.    
JUMLAH GURU
51 ORANG
16.    
JUMLAH TENAGA KEPENDIDIKAN
15 ORANG
17.    
KECAMATAN
KAJANG
18.    
KELURAHAN/DESA
LEMBANG LOHE
19.    
NO.TELEPON 2
085231011031
20.    
ALAMAT EMAIL
smalimabulukumba@yahoo.com
21.    
WEBSITE http;//
sman5bulukumba.sch.id

v  JENIS, DAN JUMLAH  RUANGAN
No.
JENIS RUANGAN
JUMLAH RUANGAN
1.        
RUANG BELAJAR TEORI
27
2.        
RUANG KEPALA SEKOLAH
1
3.        
RUANG WAKIL KEPALA SEKOLAH
1
4.        
RUANG GURU
1
5.        
RUANG TATA USAHA
1
6.        
RUANG PERPUSTAKAAN
1
7.        
RUANG LABORATORIUM IPA
3
8.        
RUANG PRAKTEK KETERAMPILAN
1
9.        
GUDANG
1
10.    
RUANG WC
1
11.    
RUANG AULA
-
12.    
RUANG OLAH RAGA
-
13.    
RUANG BK
-
14.    
RUANG LAB KOMPUTER
1
15.    
KANTIN
5
16.    
POS SATPAM
1
17.    
MUSHOLLAH
1
18.    
RUANG BP
1
19.    
OSIS/UKS/LAIN-LAIN
1

Catatan : ruang praktek keterampilan dan gudang tersedia, namun tidak difungsikan lagi (keadaan gedung darurat).

v  KUALIFIKASI GURU/PEGAWAI
NO
KUALIFIKASI GURU
JUMLAH ORANG
1.
S2
5
2.
S1
48
3.
D III
1
4.
D II
3
5.
SMA
6
6.
SMP
1
7.
SD
1
JUMLAH
65
                                                                                      
v  DATA GURU/ PEGAWAI  SMAN 5 BULUKUMBA


No.
NAMA DAN NIP
TUGAS TAMBAHAN
JURUSAN
GOLONGAN
STATUS KEPEGAWAIAN
1.
Syamsuddin R, S.Pd
19610621 198411 1 003
Kepala Sekolah
PENJAS
IV/b
Guru
2.
Drs.Muhammad Arif, M. Pd
19611212 199003 1 010
Koordinator  Lab.Fisika
FISIKA
IV/ b
Guru
3.
Drs. Thaharuddin
19590501 198811 1 023
-
MATEMATIKA
IV/b
Guru
4.
Lalloi, S. Ag
19571129 198503 1 014
Wakasek Urs. Kesiswaan
PEND. AGAMA
IV/ b
Guru
5.
Abdul Hakim,  S. Pd
19630119 198703 1 010
Wakasek Urs. Kurikulum
BHS.INDONESIA
IV/b
Guru
6.
Dra. Rosmini
19641231 199203 2 056
Wali Kelas
PKN
IV/b
Guru
7.
Abdul Kadir. M
19561231 198302 1 023
Wakasek Urs.Sapra
PENJAS
IV/a
Guru
8.
Muhammad Sultan, S. Pd
19690801 199301 1 001
-
KIMIA
IV/ a
Guru
9.
Abdul Kadir. H
19640525 198601 1 003
Wakasek Urs.Humas dan Wali Kelas
BAHASA INDONESIA
IV/a
Guru
10.
Murti, S, B.A
19581116 198503 2 004
-
PEND.SENI
IV/a
Guru
11.
Syafri Raje, S. Pd., M. Pd
19700506 199412 1 002
-
PKN
IV/ a
Guru
12.
Wahida, S. Pd
19681231 199203 2 049

BHS. INDONESIA
IV/a
Guru
13.
Ramlah Jaya, S. Pd
19730520 200003 2  007
Wali Kelas
BHS. INGGRIS
IV/ a
Guru
14.
Erni, S. Pd., M. Pd
19730310 200312 2 004
Wali Kelas
BAHASA  JERMAN DAN SASTRA JERMAN
III/ d
Guru
15.
Irma Asriana, S.Pd
19780509 200604 2 011
Wali Kelas
GEOGRAFI
III/ c
Guru
16.
Rustan, S. Pd
19810225 200604 1 008
Pemb. Harian OSIS
Wali kelas
FISIKA
III/ b
Guru
17.
Milawati Supardi, S. Pd
19840412 201001 2 023
Wali Kelas
BAHASA INGGRIS
III/ b
Guru
18.
Andi Irawati, S. Pd
19790525 201412 2 001
Wali Kelas
KIMIA
III/ a
Guru
19.
Rahmawati, S. Pd
19910520 201503 2 009
Wali Kelas
BHS. INGGRIS
III/a
Guru
20.
Nuryanti, S. Pd
-
Wali  Kelas
MATEMATIKA
Non PNS
Guru
21.
Wahidin, S. Pd
-
Wali Kelas
BHS. JERMAN
Non PNS
Guru
22.
Abd. Rahman, S. Pd
-
Wali Kelas
EKONOMI DAN SOSIOLOGI
Non PNS
Guru
23.
Andi selastri, S. Si., M. Kes
-
Wali kelas
BIOLOGI
Non PNS
Guru
24.
Andi Herlinah, S. Ag
-
-
MULOK
Non PNS
Guru
25.
Sukmawati, H, S. Pi
-
Wali Kelas
MULOK
Non PNS
Guru
26.
Muliati, S. Pd
-
Wali kelas
MATEMATIKA
Non PNS
Guru
27.
Suriani, S. Pd
-
Wali Kelas
BHS. INGGRIS
Non PNS
Guru
28.
Abd. Rakhmat, S. Komp.
-
-
TIK
Non PNS
Guru
29.
Nur Asia Raje, S. Pd
-
Wali Kelas
BHS DAN SASTRA INDONESIA
Non PNS
Guru
30.
Haslinda, S. Pd
-
Wali Kelas
SOSIOLOGI DAN ANTROPOLOGI
Non PNS
Guru
31.
Ummul Khaeriah, S. Pd
-
-
BHS. JERMAN
Non PNS
Guru
32.
Dewi Ratnasari, S. Pd
-
Wali Kelas
BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Non PNS
Guru
33.
Nani Fitriah, S. Pd
-
Wali Kelas
GEOGRAFI DAN TIK
Non PNS
Guru
34.
Silaturahmi, S. Pd
-
Wali Kelas
BIOLOGI DAN MULOK
Non PNS
Guru
35.
Elly, S. Pd
-
Wali Kelas
PENJAS
Non PNS
Guru
36.
Syamsul Rijal, S. Pd
-
Wali Kelas
PENJAS
Non PNS
Guru
37.
Andi Mutmainnah, S. Pd
-
Wali kelas
KIMIA
Non PNS
Guru
38.
Ernawati, S. Pdi
-
Wali Kelas
PEND. AGAMA
Non PNS
Guru
39.
Nani Amriani, S.Pd
-
-
PEND. SENI
Non PNS
Guru
40.
Kasmawati, S. Pd
-
Wali Kelas
MATEMATIKA
Non PNS
Guru
41.
Dedi Sumarto, S. Pd
-
-
PKN DAN TIK
GTT
Guru
42.
Muhammad Tahir, BA
-
-
SEJARAH
GTT
Guru
43.
Andi Khaerawati, S. Pd.,MM
-
-
BIOLOGI
GTT
Guru
44.
Andi Ilham, S. Pd
-
-
SEJARAH
GTT
Guru
45.
Akbar Tanjung, S. Pd
-
-
MATEMATIKA
GTT
Guru
46.
Fahruddin Arif, S. Pd
-
Wali Kelas
BHS. INDONESIA
GTT
Guru
47.
Aswandi  Tahir, S. Pd
-
-
PEND. SENI
GTT
Guru
48.
Asniar, S. Pd
-
-
SEJARAH
GTT
Guru
49.
Megawati, S. Si
-

KIMIA
GTT
Guru
50.
Dra. Hasma Halim
-
-
KIMIA
GTT
Guru
51.
Nirwana, S. Pd
-
-
EKONOMI
GTT
Guru
52.
Baba, S. Pd
19630418 198603 1 018

-
PPKN
III/c
Kepala TU
53.
Muhammad Amin, S. Pd
19650425 198603 1 007
-
PPKN
III/c
Bendahara
54.
St. Nursiah Marhaeni
19591231 198603 2 082
-
-
III/c
Staf TU
55.
DARWA
19680510 199002 1 007
-
-
III/a
Staf TU
56.
Muhammad Ali
-
-
-
Non PNS
Operator
57.
M. Rustan, SE
-
-
EKONOMI
Non PNS
Staf TU
58.
Ernawati, S. Pd
-
-
PPKN
Non PNS
Staf TU
59.
Syahrul, S. Pd
-
-
BHS. INDONESIA
Non PNS
Staf TU
60.
Risman
-
-
-
Non PNS
Staf TU
61.
Suhaedah
-
-
-
Non PNS
Staf TU
62.
Asran Pratama, A. Ma.,Pust
-
-
PERPUSTAKAAN
Non PNS
Pustakawan
63.
Surianti Nurman, S.IP
-
-
ILMU PERPUSTAKAAN
Non PNS
Pustakawan
64.
Basri
-
-
-
Non PNS
Satpam
65.
Ahrianto
-
-
-
Non PNS
Satpam
66.
Abdul Malik
-
-
-
Non PNS
Cleaning Service


v  UNIT KEGIATAN SISWA
Unit kegiatan siswa di SMA Negeri 5 Bulukumba yaitu Pramuka, PMR, SSBTK.























BAB II
                                     PROSEDUR PELAKSANAAN
         
A. Jumlah Siswa, Tempat dan Waktu Pelaksanaan Magang I
Ø  Jumlah Siswa
Jumlah siswa SMA Negeri 5 Bulukumba pada tahun ajaran 2015/2016 yaitu berjumlah 945 siswa, dimana siswa laki-laki sebanyak 359, sedangkan siswa perempuan sebanyak 586 siswa.
   Berikut data siswa SMA Negeri 5 Bulukumba :

JURUSAN/KELAS
LAKI-LAKI
PEREMPUAN
JUMLAH
10  (Umum)
140
209
349
11 IPA
31
103
134
11 IPS
36
38
74
11 IPB
56
49
105
12 IPA
26
117
143
12 IPS
64
40
104
12 IPB
6
30
36
JUMLAH
359
586
945

Ø  Tempat
Tempat pelaksanaan magang I dilaksanakan di SMA Negeri 5 Bulukumba, Kecamatan Kajang, Kabupaten Bulukumba.
Ø  Waktu
Waktu pelaksanaan magang 1 dilaksanakan selama satu bulan mulai dari 10-30 agustus 2015. Jumlah masuk sekolah 12 kali pertemuan. Berada di sekolah dari pukul 07.00 WITA sampai dengan 13.30 WITA.

B. Langkah-Langkah Melakukan Pengamatan
      Langkah-langkah dalam melakukan suatu pengamatan yaitu :
1.      Mahasiswa diberikan pembekalan magang I oleh masing-masing dosen
pengampuh.
2.      Mahasiswa diberikan kesempatan untuk melakukan magang I secara individu di sekolah masing-masing yang telah dipilih.
3.      Memasukkan surat laporan magang I di Kantor Dinas Pendidikan dan Kepala Sekolah yang akan ditempati magang I.
4.      Wawancara kepala sekolah, guru, dan komite sekolah.
5.      Melakukan observasi atau pengamatan di kelas dan lingkungan sekolah.
































BAB III
HASIL PELAKSANAAN DAN PEMBAHASAN

A.    Hasil Pelaksanaan
      A.1. Deskripsi Hasil Pengamatan Langsung  Kultur Sekolah
1. Kedisiplinan Warga Sekolah
a.      Kepala Sekolah
    Berdasarkan hasil pengamatan selama beberapa hari, bahwa kepala SMAN 5 Bulukumba telah menjalankan tugasnya secara maksimal terutama disiplin waktu, cara berpakaian dan memberi andil dalam kebersihan lingkungan sekolah terutama melaksanakan Visi dan Misi sekolah dengan baik, serta selalu memberikan bimbingan atau didikan kepada siswa.
b.      Guru
     Berdasarkan hasil pengamatan selama kegiatan magang 1 berlangsung, sebagian besar guru datang tepat waktu yaitu pukul 07.00 WITA . setiap hari jumat tiap guru  mengkordinir anak walinya ikut serta membersihkan ruang dan halaman kelas.
c.       Siswa
     Berdasarkan hasil pengamatan selama kegiatan magang 1 berlangsung, sebagian besar siswa datang tepat waktu yaitu pukul 07.00 WITA walaupun masih ada yang terlambat. Siswa yang piket biasanya datang sebelum pukul 07.00 WITA dan langsung membersihkan ruangan kelas dan halaman  kelas, tetapi ada juga beberapa siswa yang piket terlambat datang ke sekolah. Selain itu, apabila jam pelajaran telah dimulai biasanya terdapat beberapa siswa yang bolos belajar namun masih dominan yang aktif belajar.
d.      Satpam 
     Berdasarkan hasil kegiatan magang 1, satpam di SMA Negeri 5 Bulukumba terdapat dua orang. Mereka selalu datang tepat waktu untuk membuka pagar sekolah dan menjaga keamanan sekolah.                                                                             2. Program Kerja
Ø  Program Umum
                             ·          Rapat awal tahun ajaran
                             ·          Rapat rutin kepala sekolah dan guru
                             ·          Pembinaan guru
                             ·          Penataan halaman
                             ·          Rapat akhir tahunan
Ø  Program pengajaran
                             ·          Menyusun jadwal pelajaran
                             ·          Supervise
                             ·          Tes semester
                             ·          Pembagian raport
                             ·          Pelaksanaan ujian
                             ·          Aktivitas SMA
                             ·          Penyerahan STTB
Ø  Program kesiswaan
                             ·          Penerimaan siswa baru
                             ·          Pendataan siswa
                             ·          Pelaksanaan MOS
                             ·          Pelaporan format sekolah
                             ·          Kenaikan kelas
                             ·          Pelaksanaan kurikuler
Ø  Program personalia
                             ·          Mengusulkan kenaikan pangkat dan gaji berkala
                             ·          Pembagian tugas guru
                             ·          Membuat daftar penilaian pelaksanaan pekerjaan (Dp3)
                             ·          Membuat format pegawai
Ø  Program peralatan gedung sekolah
                             ·          Menginventariskan buku dan alat peraga
                             ·          Menata perpustakaan sekolah
Ø  Program keuangan
                             ·          Menginventarisir sumber keuangan
                             ·          Mengawasi keuangan
                             ·          Pengelolaan keuangan gaji, DDP, dll.
                             ·          Laporan keuangan
Ø  Program HUMAS
                             ·          Rapat dengan orang tua siswa
                             ·          Rapat dengan komite sekolah
                             ·          Rapat pengurus
Ø  Program supervise
                             ·          Pemeriksaan administrasi PBM
                             ·          Kunjungan kelas
                             ·          Pemeriksaan sarana dan prasarana
                             ·          Pemeriksaan administrasi tata usaha
                             ·          Pemeriksaan 7K
                             ·          Pemeriksaan keuangan rutin dan komite                                              
3.      Sistem Pengelolaan Keuangan
Sumber keuangan di SMA Negeri 5 Bulukumba dana bantuan BOS (Bantuan Operasianan Sekolah). Sekolah ini menggunakan bentuk penganggaran pembukuan, dimana semua penerimaan dan pengeluaran harus dibukukan terlebih dahulu, kemudian uangnya diterima atau dibayarkan.
Pengelolaan anggaran di sekolah ini yaitu :
ü  Dana dibelanjakan sesuai rencana
ü  Pembelanjaan dilakukan dengan memanfaatkan sumber daya yang tersedia.
ü  Dana tidak dihabiskan untuk kegiatan-kegiatan yang tidak disetujui atau diberikan pada pihak penerima tanpa persetujuan.

4.      Sistem Pembelajaran
Sistem pembelajaran di SMA Negeri 5 Bulukumba yaitu sistem KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan). Menurut Badan Standar Nasional Pendidikan (2006), KTSP adalah kurikulum operasional yang disusun dan dilaksanakan oleh masing-masing satuan pendidikan. KTSP terdiri dari tujuan pendidikan tingkat satuan pendidikan, struktur dan muatan kurikulum tingkat satuan pendidikan, kalender pendidikan dan silabus.
Manfaat dari sistem pembelajaran KTSP ini adalah meningkatkan taraf kecakapan berfikir siswa, memberikan penerapan-penerapan dunia nyata sehingga dapat mempertinggi kesempatan transfer pembelajaran, siswa akan lebih aktif dan otonom dalam pemikirannya, membantu menciptakan struktur kognitif atau pengetahuan awal siswa, dan akan terjadi transfer pemahaman dari satu konteks ke konteks yang lain, meningkatkan kerja sama antara para guru, para siswa, guru, dan siswa.
5.      Partisipasi Masyarakat Terhadap Sekolah (Komite)
Dari hasil pengamatan dan wawancara selama kegiatan magang I ini belangsung, partisipasi masyarakat terhadap sekolah (komite) 75% aktif, contohnya,  masyarakat yang berada disekitar lingkungan sekolah pada saat pemilihan komite turut berpartisipasi melalui pemikiran-pemikiran atau saran-saran kepada sekolah.
6.      Hubungan Sosial antar Warga Sekolah
a)      Hubungan sosial Kepala Sekolah dengan guru dan karyawan serta dengan siswa.
                                                                       ·          Hubungan Kepala Sekolah dengan guru-guru sangat baik, seperti yang saya amati ketika siswa ada lomba Kepala Sekolah bersama guru mendampingi siswa tersebut.
                                                                       ·          Karyawan selalu membantu Kepala Sekolah ketika ada hal yang dikerjakan.
                                                                       ·          Ketika bertemu dengan Kepala Sekolah siswa langsung menyapa dengan senyuman, dan mendahulukan Kepala Sekolah untuk lewat terlebih dahulu.
                                                                       ·          Kepala SMAN 5 Bulukumba juga bersifat otoriter, selalu terbuka sehingga permasalahan apa saja yang dihadapi di sekolah selalu dipecahkan secara bersama-sama. Kepala Sekolah menjunjung tinggi nilai sikap saling menghargai terhadap guru, karyawan dan siswa.
b)      Hubungan sosial antara guru, karyawan dan siswa.
Karyawan selalu membantu guru-guru, misalnya Tata Usaha, membantu mengetik soal-soal ujian, pengelola UKS, membantu ketika ada yang sakit.
      Ketika datang, siswa selalu menyapa dengan senyum dan salam dengan guru-guru. Ketika ada siswa yang bertengkar guru menasehati dan membimbing mereka. Hubungan sosial antara guru, karyawan dan siswa SMAN 5 Bulukumba terjalin akrab, harmonis dan memiliki solidaritas yang tinggi, sehingga memiliki hubungan kekeluargaan yang erat, tanpa pandang suatu perbedaan baik jabatan maupun latar belakang.
c)      Hubungan sosial antara guru dengan guru
Hubungan guru dengan guru sangat baik, tidak ada perselisihan,mereka saling memberikan masukan, saling mengisi kekurangan. Ketika pagi guru-guru saling menyapa dengan senyuman. Jika istirahat guru-guru berkempul du Ruang guru dan mereka saling berinteraksi.
d)     Hubungan sosial antara siswa dengan siswa.
Hubungan siswa dengan siswa sangat baik, meskipun mereka kadang bertengkar akan tetapi setelah mereka baikan mereka bermain bersama lagi. Terkadang ada siswa yang suka mengganggu teman-temannya.

7.      Hubungan Warga Sekolah dengan Komite Sekolah
Hubungan antara Warga Sekolah dan Komite Sekolah sangat baik, Komite Sekolah berperan aktif ketika mengadakan rapat dengan orangtua murid.
8.      Hubungan antara Warga Sekolah dengan Masyarakat Sekitar dan Orang Tua Murid.
Ketika ada siswa yang mengikuti perlombaan, orangtuanya mendukung serta bersedia mendampingi anaknya. Siswa yang tinggalnya jauh dari sekolah, orangtuanya mengantar dan menjemput. Ketika ada siswa yang sakt, orangtuanya langsung memberitahukan kepada guru wali kelasnya di sekolah, atau jika orangtuanya tak sempat ke sekolah untuk memberitahukan kepada wali kelas orangtua biasa mengirimkan surat keterangan sakit.
9.      Sikap siswa terhadap :
                                                 ·          Kepala Sekolah
Siswa di SMAN 5 Bulukumba menghargai dan menghormati Kepala Sekolah sebagai pemimpin. Mereka selalu patuh terhadap kepala sekolah dan peraturan-peraturan sekolah. Cara berkomunikasi antara siswa dan dengan kepala sekolah sangat baik, santun dan efektif.
                                                 ·          Guru
Sikap siswa di SMAN 5 Bulukumba terhadap guru, menghargai, menghormati dan patuh. Tetapi, masih ada sebagian siswa yang masih mengabaikan perintah guru. Misalnya : apabila guru memberikan soal latihan untuk dikerjakan kepada siswa. Sebagian siswa mengerjekan, namun sebagiannya mengabaikan.
Komunikasi siswa terhadap guru sangat baik, sopan dan efektif. Siswa selalu berani bertanya apabila menemukan masalah atau kesulitan dalam belajar.
                                                 ·          Para Tamu (orang luar yang berkunjung)
Siswa selalu menunjukkan sikap yang baik, ramah serta saling menghargai dan menghormati apabila ada tamu atau orang luar yang datang berkunjung di SMAN 5 Bulukumba , cara berkomunikasinya pun santun dan wajar sehingga orang luar atau tamu yang datang tidak segan untuk bertanya dan cepat akrab.
A.2. Deskripsi Hasil Pengamatan untuk Membangun Kompetensi Dasar Pedagogik, Kepribadian dan Sosial
1. Kompetensi dasar pedagogik
        Kompetensi dasar pedagogik adalah kemampuan dalam pengelolaan peserta didik yang meliputi :
                                                 ·          Pemahaman wawasan atau landasan kependidikan
                                                 ·          Pemahaman terhadap peserta didik
                                                 ·          Pengembangan kurikulum/ silabus
                                                 ·          Perancangan pembelajaran
                                                 ·          Pelaksanaan pembelajaran yang mendidik dan logis
                                                 ·          Evaluasi hasil belajar
                                                 ·          Pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya.
                    Kompetensi dasar pedagogik guru di SMA Negeri 5 Bulukumba :
ü  Kegiatan pembelajaran yang mendidik di kelas dan lapangan.
*      Kelas
    Guru menjelaskan materi pelajaran secara terpadu, terperinci, jelas, sehingga peserta didik dapat mencapai hasil belajar yang optimal. Dengan adanya sistem pembelajaran seperti itu, siswa memperoleh pengetahuan dan keterampilan secara utuh sehingga pembelajaran menjadi bermakna bagi siswa, walaupun masih ada sebagian siswa yang kurang memahami, namun pendidik tidak ada hentinya untuk memberikan pengarahan dan mengulang-ulang pelajaran sampai siswa-siswa tersebut betul-betul mengerti.
*      Lapangan
    Dari hasil pengamatan saya, kegiatan pembelajaran di lapangan di      SMA Negeri 5 Bulukumba yaitu guru menjelaskan, mengarahkan dan membimbing siswa, cara berbaris yang benar dan rapi (biasanya dilakukan apabila ada kegiatan  yang mengharuskan dilakukan di luar kelas), serta menjelaskan materi yang berkaitan dengan kegiatan olahraga dengan menggunakan alat peraga, seperti cara bermain bola kaki, bermain bola volli, dan lain sebagainya, sehingga siswa dapat dengan mudah memahami kegiatan-kegiatan yang dilakukan.
ü  Kegiatan pembelajaran yang mendorong peserta didik mencapai prestasi belajar secara optimal
Dari hasil pengamatan saya, kegiatan pembelajaran yang mendorong peserta didik mencapai prestasi belajar secara optimal yaitu guru memberikan bimbingan khusus bagi siswa yang mengalami kesulitan dalam belajar. Dalam hal ini, diperlukan interaksi antara guru dan siswa, dimana siswa bertanya kepada guru mengenai kesulitan apa yang dialaminya atau guru juga langsung menanyakan kesulitan apa yang dialami siswa sehingga siswa tidak putus asa. Selain itu, guru juga memberikan penguatan kepada peserta didik agar dapat aktif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran sehingga mampu mencapai kriteria yang baik.
ü  Mengamati berbagai kegiatan pembelajaran untuk mengaktualisasikan potensi peserta didik, termasuk kreativitasnya, yang dilakukan guru.
Kegiatan pembelajaran untuk mengaktualisasikan potensi peserta didik, termasuk kreativitasnya yang dilakukan guru adalah pada saat kegiatan pembelajaran di kelas guru sudah menerapkan pembelajaran berbasis PAIKEM. Misalnya guru mengajar dengan metode yang lebih inovatif seperti metode diskusi, eksperimen, demonstrasi, serta penugasan. Contohnya dalam menyajikan materi pelajaran bahasa inggris, yang dilakukan guru untuk menyajikan materi adalah menjelaskan secara terperinci sehingga siswa mudah mengerti. Selain itu, agar siswa tetap semangat dan konsentrasi dalam melaksanakan pembelajaran di kelas guru dapat menyajikan materi pembelajaran dengan cara bermain semacam game yang berkaitan dengan materi sehingga dapat mengaktualisasikan potensi peserta didik. Kreativitas itu yang dapat mendorong peserta didik untuk semangat dalam belajar.
ü  Mengamati kegiatan guru melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan
Kegiatan guru melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakanadalah memberikan pertanyaan kepada siswa menyangkut materi yang telah diajarkan sebelumnya dengan tujuan apakah siswa telah memahami dan mengikuti serius kegiatan pembelajaran.
Guru menyimpulkan materi pelajaran dengan cara dituliskan dipapan tulis secara singkat dan menjelaskanya secara terperinci supaya siswa lebih mengerti. Kegiatan lain yang dilakukan guru adalah memberikan  latihan soal kepada siswa yaitu mengerjakan soal-soal yang ada pada LKS dengan materi yang telah diajarkan dengan cara mengoreksinya satu persatu.
2. Kompetensi kepribadian
        Kompetensi kepribdian merupakan kemampuan kepribadian yang meliputi :   
·         Mantap
·         Dewasa
·         Stabil
·         Arif dan bijaksana
·         Berwibawa
·         Berakhlak mulia
·         Menjadi teladan bagi peserta didik dan masyarakat
·         Evaluasi kinerja sendiri
·         Mengembangkan diri secara berkelanjutan
        Kompetensi kepribadian guru SMA Negeri 5 Bulukumba :
ü  Mengamati perilaku saling menghargai antar warga sekolah tanpa membedakan keyakinan yang dianut, suku, adat istiadat, daerah asal dan gender.
Dari hasil pengamatan saya, perilaku warga sekolah SMA Negeri 5 Bulukumba dilihat dari segi keyakinan yang dianut saling menghargai sesama umat muslim berhubung 100% warga sekolah menganut agama yang sama yaitu islam. Sedangkan dilihat dari segi suku, adat istiadat, daerah asal dan gender, warga sekolah selalu menunjukkan sifat yang baik, cara berkomunikasinya santun dengan menggunakan bahasa Indonesia sehingga orang luar yang datang tidak tersinggung, meskipun masih ada sebagian kecil warga sekolah yang menggunakan bahasa daerah untuk berkomunikasi.
ü  Mengamati sikap dan perilaku warga sekolah, terhadap norma-norma yang dianut (agama, hukum, dan sosial) yang belaku dalam masyarakat, serta kebudayaan nasional Indonesia yang beragam.
Dari hasil pengamatan saya, warga SMA Negeri 5 Bulukumba :
·         Menunjukkan sikap yang wajar dan santun.
·         Taat terhadap aturan yang dianut (agama, hukum, dan sosial) yang berlaku dalam masyarakat.
·         Selalu menunjukkan sikap yang ramah dan cara berinteraksinya pun baik. Walaupun masih ada sebagian kecil warga sekolah yang tidak mematuhi norma-norma tersebut.
ü  Mengamati berbagai strategi berkomunikasi yang efektif, empatik, dan santun, baik secara lisan maupun tulisan di lingkungan sekolah.
Dalam berkomunikasi secara lisan maupun tulisan warga sekolah lebih sering menggunakan bahasa Indonesia dibandingkan bahasa daerah terutama dalam proses belajar mengajar baik didalam maupun di luar kelas. Dalam berkomunikasi lisan maupun tulisan warga sekolah selalu memakai bahasa yang santun dan mudah dipahami.
ü  Mengamati komunikasi para guru, staf, dan kepala sekolah dari sudut komunikasi yang efektif, empatik, dan santun pada peserta didik dengan bahasa yang khas dalam interaksi pembelajaran yang terbangun secara klasikal mulai dari :
*      Penyiapan kondisi psikologi peserta didik
    Sebelum memulai pelajaran, terlebih dahulu, guru selalu mengingatkan untuk berdoa dan menyanyikan lagu wajib nasional.
*      Memberikan pertanyaan atau tugas sebagai undangan peserta didik untuk merespon
    Dalam memberikan pertanyaan atau tugas, guru mengajukan pertanyaan, kemudian  meminta salah seorang siswa untuk menjawab.
*      Respon peserta didik
    Saat siswa menerima pertanyaan yang diberikan guru, sebagian besar siswa aktif dalam menjawab pertanyaan.
*      Reaksi guru terhadap respon peserta didik
Ketika ada siswa yang berani menjawab pertanyaan, guru selalu memberikan pujian agar siswa termotivasi untuk selalu aktif dalam pembelajaran.
3. Kompetensi sosial
        Kompetensi sosial merupakan kemampuan pendidik sebagai bagian dari masyarakat untuk :
·         Berkomunikasi secara tulisan maupun tulisan.
·         Menggunakan teknologi komunikasi dan informasi secara fungsional.
·         Bergaul secara efektif dengan peserta didik, sesama pendidik, tenaga kependidikan, orang tua/ wali peserta didik.
·         Bergaul secara santun dengan masyarakat sekitar, khususnya di daerah lingkungan sekolah itu sendiri.
  Kompetensi sosial guru di SMA Negeri 5 Bulukumba :
ü  Mengamati sikap inklusif dan obyektifguru terhadap peserta didik, teman sejawat dan lingkungan sekitar dalam melakukan pembelajaran
*      Guru terhadap peserta didik
    Jika ada siswa yang mengalami kesulitan tau masalah, guru memanggil orang tuanya untuk mencari solusi dan menyelesaikan masalah yang dihadapi oleh siswa tersebut.
*      Guru terhadap teman sejawat dan lingkungan sekitar
    Jika seorang guru mempunyai kesulitan maka guru yang lainnyan selalu emberikan masukan atau memberikan pikiran untuk mencari solusi dari masalah tersebut. Guru sama-sama saling mengisi kekurangan yang ada pada diri mereka masing-masing. Misalnya seorang guru mempunyai kesulitan dalam pembelajaran di kelas, maka guru yang lain saling mengisi  dan memberikan masukan agar guru tersebut dapat menjalani pembelajaran yang lebih baik pada siswanya.
ü  Mengamati komunikasi para guru dengan teman sejawat apakah dilakukan secara santun, empatik, dan efektif
Dalam berkomunikasi dengan teman sejawat tentunya guru menggunakan bahasa yang santun dan bahasa yang mudah dimengerti.
ü  Mengamati komunikasi warga sekolah dengan orang tua peserta didik dan masyarakat dalam menginformasikan program pembelajaran dan dalam mengatasi kemajuan dan masalah-masalah yang dihadapi oleh peserta didik apakah dilakukan secara santun, empatik, dan efektif
Untuk memajukan pendidikan, guru mengadakan rapat yang dihadiri oleh orang tua siswa. Bagaimana partisipasi dan peran orang tua siswa terhadap pendidikan anaknya. Jika ada siswa yang mengalami masalah, guru memanggil orang tuanya untuk bisa mencari solusi terhadap masalah atau kesulitan siswa.
ü  Mengamati keikutsertaan orangtua peserta didik dan masyarakat dalam mendukung program sekolah, pelaksanaan program pembelajaran dan dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik
Orangtua tentunya sangat mendukung anaknya menjadi orang yang sukses. Jika seorang siswa ada yang sakit dan tidak bisa masuk sekolah maka orang tuanya memberitahukan atau mengirim surat untuk wali kelasnya.
A.3. Deskripsi Hasil Pengamatan  untuk Memperkuat Pemahaman Peserta Didik
1. Mengamati karakteristik peserta didik yang bekaitan dengan aspek fisik,                     intelektual, sosial-emosional, moral, spiritual, dan latar belakang sosial-budaya
Dalam aspek fisik siswa dalam suatu kelas bervariasi ada yang gemuk, ada yang kurus, ada yang tinggi, ada yang pendek. Dalam aspek intelektual juga berbeda-beda ada yang daya serapnya cepat, ada yang sedang, dan ada juga yang daya serapnya lambat. Sosial-emosional, dalam hubungan dengan teman-teman yang lain ada siswa yang cepat marah,  egonya masih ada, ada yang sabar, rasa ingin memiliki sesuatu yang sangat tinggi. Moral, tingkah laku peserta didik ada yang disiplin tepat waktu, disiplin dalam berpakaian, disiplin dalam kebersihan lingkungan dan ada juga yang tidak. Sikap saling menghargai dan saling tolong menolong antar sesama. Spiritual, dalam keagamaan biasanya sebagian peserta didik ada yang pergi sholat ada yang tidak. Latar belakang sosial-budaya siswa berbeda-beda ada yang orang tuanya petani, PNS, polri, buruh, dan ada juga pedagang. Tetapi hubungan pergaulan mereka tidak ada rasa perbedaan dengan latar belakang sosial-budaya.
2. mengidentifikasi potensi peserta didik dalam beberapa mata pelajaran
Siswa mempunyai kemampuan dan potensi yang berbeda-beda. Ada siswa yang pandai dalam pelajaran bahasa inggris, ada juga dalam pelajaran matematika, biologi, ekonomi, dan sebagainya. Tetapi itu tidak untuk semua siswa, ada juga beberapa siswa mengalami kesulitan pada pelajaran-pelajaran tersebut.
3. Mengidentifikasi kemampuan awal peserta didik dalam beberapa pelajaran tersebut
Dalam beberapa pelajaran tersebut ada siswa yang mengetahui lebih dulu materi yang diberikan ada juga belum mengetahui.
4. Mengidentifikasi kesulitan peserta didik dalam beberapa mata pelajaran
Kesulitan yang terjadi pada siswa pada pelajaran-pelajaran tersebut adalah dimana saat pelajaran bahasa inggris  diajarkan, kesulitan siswa disaat membuat kalimat dengan menggunakan rumus tenses yang bena. Dan ada juga siswa yang mengalami kesulitan tapi tidak ingin bertanya hanya diam saja. Dengan cara melihat atau mengecek satu persatu akhirnya siswa baru mengatakan bahwa dia belum mengerti dengan materi yang telah dijelaskan. Guru memberikan tugas atau ulangan, maka dari ulangan yang telah diberikan, guru mengetahui siswa mana yang memiliki kesulitan dalam materi yang diberikan.
A.4. Deskripsi Hasil Pengamatan Langsung Proses Pembelajaran di Kelas
1. Kegiatan awal proses pembelajaran
Guru selalu membuka pelajaran dengan mengajak siswa untuk berdoa, setelah itu menyanyikan salah satu lagu wajib nasional. Kemudian guru mengajukan pertanyaan-pertanyaan tentang pembelajaran yang akan dipelajari, hal ini dilakukan guru agar guru dapat mengukur pemahaman peserta didik sebelum proses pembelajaran berlangsung.
2. Proses pembelajaran
Dari hasil pengamatan saya, proses pembelajaran di kelas di SMA Negeri 5 Bulukumba, semua kelas memiliki program semester pembelajaran, dimana program semester tersebut sebagian besar digunakan. Dalam pelaksanaan pembelajaran guru menggunakan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan semua pembelajaran sesuai dengan RPP yang dibuat. Metode yang digunakan guru dalam proses pembelajaran yaitu metode yang bervariasi.          Keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran yaitu sebagian besar siswa aktif dalam bertanya, menjawab atau menyatakan pendapat dengan tertib, meskipun masih ada siswa yang baru berani bertanya, menjawab atau mengajukan pendapat bila ditunjuk oleh guru.
Pemanfaatan sumber belajar yang dilakukan guru yaitu guru terampil menggunakan berbagai sumber belajar (termasuk lingkungan sekitar) yang sesuai dengan kompetensi yang dikembangkan. Guru menggunakan media untuk memberikan contoh kongkrit yang menghubungkan antara teori dan praktik dan merangsang anak berfikir kritis.
Dalam proses pembelajaran guru membuat LKS dan memberikan kepada siswa
3. Refleksi hasil pembelajaran
Sebelum kegiatan proses belajar mengajar ditutup atau diakhiri, guru mengajukan pertanyaan kepada siswa tentang pelajaran yang telah dipelajari, hal ini untuk mengetahui apakah siswa paham dan memperhatikan pelajaran yang baru saja dipelajari, kemudian guru member tugas kepad siswa. Setelah itu guru menutup pelajaran dengan mengucapkan salam.
A.5. Refleksi Hasil Pengamatan Proses Pembelajaran
Dari hasil pengamatan saya, proses belajar mengajar di SMA Negeri 5 Bulukumba sudah baik, dimana semua mata pelajaran / tema menggunakan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan semua pembelajaran sesuai dengan RPP yang dibuat, guru juga selalu memancing siswa dengan pertanyaan-pertanyaan sehingga siswa mampu mengeluarkan ide mereka sendiri. Dari segi penilaian juga sudah baik, dimana guru menggunakan penilaian proses dan hasil, serta memanfaatkannya untuk kegiatan tindak lanjut. Hasil belajar siswa dijadikan referensi evaluasi mengajar guru dan pelaksanaan remedial atau pengayaan pembelajaran siswa secara keseluruhan. Meskipun proses belajar mengajar di kelas sudah baik, namun masih ada beberapa siswa yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan, hal ini diperlukan pendekatan dan perhatian khusus serta peran serta orangtua dalam membimbing siswa tersebut.
B.     Pembahasan
a.       Pengertian Budaya Sekolah / Kultur Sekolah
Kultur merupakan pandangan hidup yang diakui bersama oleh suatu kelompok masyarakat, yang mencakup cara berpikir, perilaku, sikap, nilai yang tercermin baik dalam wujud fisik mauun abstrak. Kultur ini juga dilihat sebagai suatu perilaku, nila-nilai, sikap wujud, dan cara hidup untuk melakukan penyesuaian dengan lingkungan, dan sekaligus cara untuk memandang persoalan dan memecahkannya.oleh karena itu, suatu kultur secara alami akan diwariskan oleh suatu generasi berikutnya. Sekolah merupakan lembaga utama yang didesain untuk memoperlancar proses transmisi cultural antar generasi tersebut. Konsep kultur di dunia pendidikan berasal dari kultur tempat kerja di dunia industry, yakni merupakan situasi yang akan memberikan landasan dan arah untuk berlangsungnya suatu proses pembelajaran secara efisisen dan efektif. Factor pembentuk kultur sekolah misalnya adalah nilai, moral, sikap dan perilaku siswa tumbuh dan berkembang selama waktu di sekolah, dan perkembangan mereka tidak dapat dihindarkan yang dipengaruhi oleh struktur dan kultur sekolah, serta oleh interaksi mereka dengan aspek-aspek dan komponen yang ada di sekolah, seperti Kepala Sekola, guru, materi pelajaran dan antar siswa sendiri. Aturan sekolah yang ketat berlebihan dan ritual sekolah yang membosankan tidak jarang menimbulkan konflik baik antar siswa maupun antara sekolah dan siswa. Sebab aturan dan ritual sekolah tersebut tidak selamanya dapat diterima oleh siswa. Aturan dan ritual yang oleh siswa yakini tidak mendatangkan kebaikan bagi mereka, tetapi tetap dipaksakan akan menjadikan sekolah tidak memberikan tempat bag siswa untuk menjadi dirinya.
      Kultur sekolah biasanya berkait erat dengan visi yang dimiliki oleh kepala sekolah tentang masa depan sekolah. Kepala sekolah yang memiliki visi untuk menghadapi tantangan sekolah di masa depan akan lebih sukses dalam membangun kultur sekolah. Untuk membangun visi sekolah ini, perlu kolaborasi antara kepala sekolah, guru, orang tua, staf administrasi dan tenaga professional. Kultur sekolah akan baik apabila :
a)      Kepala berperan sebagai model,
b)      Mampu membangun tim kerjasama,
c)      Belajar dari guru, staf, dan siswa, dan,
d)     Harus memahami kebiasaan yang baik untuk terus dikembangkan.
Kepala sekolah dan guru harus mampu memahami lingkungan sekolah yang spesifik tesebut. Karena, akan akan meberikan perspektif dan kerangka dasar untuk melihat, memahami dan memecahkan berbagai problem yang terjadi di sekolah. Dengan dapat memahami permasalahan yang kompleks sebagai suatu kesatuan secara mendalam, kepala sekolah dan guru akan memiliki nilai-nilai dan sikap yang amat diperlukan dalam menjaga dan memberikan lingkungan yang kondusif bagi berlangsungnya proses pendidikan.
            Jadi yang dimaksud dengan kultur sekolah adalah seperangkat kumpulan nilai kepercayaan, nilai tradisi, dan pola pikir, untuk bagaimana bertindak dalam suatu lingkungan sekolah sebagai suatu identitas sekolah yang menentukan proses perkembangan anak didiknya.






























BAB IV
SIMPULAN DAN SARAN

A.    Simpulan
Setelah melakukan pengamatan langsung di SMAN 5 Bulukumba dapat ditarik kesimpulan bahwa dengan bertatap muka langsung kepada SMAN atau objek yang dituju akan lebih baik dan juga memberikan pengalaman kepada saya serta memberikan saya pengetahuan yang cukup untuk kedepannya. Saya juga bisa mengetahui situasi dan kondisi yang berkaitan dengan sekolah yang bersangkutan.
B.     Saran
Adapun saran yang akan saya berikan atara lain :
-          Sebagai calon guru yang professional mahasiswa magang harus melakukan observasi dengan serius dan bertanggung jawab agar memperoleh data atau informasi sesuai dengan kenyataan sekolah yang dituju.
-          Mahasiswa magang sebaiknya ikut terlibat dalam membangun sekolah misalnya ikut berpartisipasi membantu guru atau karyawan dalam melakukan sebuah tugas atau pekerjaan.

















DAFTAR PUSTAKA

Latifiarni, Khilma. “pendidikan membangun kultur sekolah”
M.edukasi, “pengertian manajemen Berbasis Sekolah”. 12 februari 2013,
Syamsuri, Andi Sukri. (dkk). 2013. Buku panduan magang 1. Makassar : FKIP Universitas Muhammadiyah Makassar.
























LAMPIRAN
1.      Dokumentasi Kegiatan




Tidak ada komentar:

Posting Komentar