LAPORAN
KEGIATAN
MAGANG I
SMA NEGERI 5 BULUKUMBA
Oleh
ANDI
IHWANA
(10535581714)
PRODI
PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INGGRIS
FAKULTAS
KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS
MUHAMMADIYAH MAKASSAR
AGUSTUS,
2015
LEMBAR
PENGESAHAN KEGIATAN MAGANG 1
Laporan
Program Magang 1 oleh mahasiswa
Universitas Muhammadiyah Makassar di SMA NEGERI 5 BULUKUMBA Tahun ajaran
2015/2016 dinyatakan diterima dan disahkan
Yang melaksanakan
kegiatan ini adalah :
Nama : Andi Ihwana
NIM :
105 355 817 14
Jurusan
: Pendidikan Bahasa Inggris
Program Studi : Magang 1
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan [FKIP]
Kajang, 22 Agustus 2015 Disahkan oleh,
Mengetahui
Kepala Sekolah Dosen
Pengampu
SMAN 5 BULUKUMBA
Syamsuddin. R, S.Pd Fahrizah
Andi Baso, S.Pd, M.Pd
NIP
19610621 198411 1 003
LEMBAR PENILAIAN
Berdasarkan pengamatan dan laporan Program Magang 1 oleh mahasiswa Universitas
Muhammadiyah Makassar
Nama : Andi Ihwana
NIM : 105 355 817 14
Jurusan : Pendidikan Bahasa Inggris
Program Studi : Magang 1
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan [FKIP]
Maka
guru dan dosen pembimbing memberikan nilai
A/B/C/D/E (………….) pada
kegiatan ini.
Kajang, 22 Agustus 2015
Mengetahui Kepala
Sekolah Dosen
Pengampu
SMAN 5 BULUKUMBA
Syamsuddin. R, S.Pd Fahrizah
Andi Baso, S.Pd, M.Pd
NIP
19610621 198411 1 003
iii
KATA
PENGANTAR
Puji syukur kehadirat Allah SWT atas segala rahmat dan
hidayah-Nya. Sehingga proses penulisan Laporan Magang I ini dapat saya susun sesuai
dengan waktu yang telah ditentukan.
Penulis sadar bahwa apa yang telah
penulis peroleh tidak semata-mata hasil dari jerih payah penulis sendiri tetapi
hasil dari keterlibatan semua pihak. Oleh sebab itu, penulis menyampaikan terima kasih yang
sebesar-besarnya kepada:
1.
Bapak Syamsuddin. R, S.Pd., selaku
Kepala Sekolah SMA Negeri 5 Bulukumba yang telah memberikan kesempatan kepada
saya untuk melaksanakan observasi di SMA Negeri 5 Bulukumba
2.
Ibu Fahrizah Andi Baso, S.Pd, M.Pd., selaku dosen pembimbing yang telah
memonitor dan membimbing saya selama melaksanakan kegiatan magang.
3.
Ibu Milawati Supardi, S. Pd., selaku guru pamong yang telah membantu dan
membimbing saya selama melaksanakan
observasi di Sekolah.
4.
Bapak dan Ibu guru serta staf/karyawan SMA Negeri 5 Bulukumba yang telah
membantu dan membimbing penulis selama melakukan kegiatan magang ini.
5.
Pihak-pihak yang tidak dapat saya sebutkan, atas bantuan, doa serta dukungannya yang berhubungan dengan pelaksanaan magang ini.
Semoga bantuan dan dukungan yang
telah diberikan mendapat pahala dan hikmah dari Allah SWT.
Penulis menyadari sepenuhnya bahwa
dalam penyusunan laporan ini masih banyak kekurangan, karena keterbatasan
pengetahuan dan kemampuan, untuk itu kritik dan saran yang bersifat membangun
dari pembaca sangat diharapkan demi kesempurnaan Laporan Magang I ini.
Akhir kata penulis berharap semoga
laporan ini bermanfaat bagi kita semua.
Kajang,10
Agustus 2015
Penulis
DAFTAR
ISI
HALAMAN JUDUL
i
LEMBAR PENGESAHAN
ii
LEMBAR PENILAIAN iii
KATA PENGANTAR
iv DAFTAR ISI v
BAB I PENDAHULUAN
6
A.Visi Misi Sekolah 6
B. Profil Sekolah 7
BAB
II PROSEDUR PELAKSANAAN 15
A.Jumlah siswa, tempat, dan waktu pelaksanaan
magang I 15
B.Langkah-langkah melakukan pengamatan 16
BAB
III HASIL PELAKSANAAN DAN PEMBAHASAN 17
A. Hasil Pelaksanaan 17
A.1 Deskripsi hasil pengamatan
langsung kultur sekolah 17
A.2 Deskripsi hasil pengamatan
untuk membangun kompetensi
dasar
pedagogik,kepribadian, dan sosial 22
A.3 Deskripsi hasil pengamatan
untuk memperkuat pemahaman
peserta didik 27
A.4 Deskripsi hasil pengamatan langsung proses pembelajaran
di kelas 28
A.5 Refleksi hasil pengamatan proses pembelajaran 29
B. Pembahasan 29
BAB
IV PENUTUP 32
A. Simpulan 32
B. Saran 32
DAFTAR
PUSTAKA 33
LAMPIRAN-LAMPIRAN 34
1. Dokumentasi kegiatan
2. Video berdurasi 5-10 menit proses
pembelajaran dalam kelas
BAB
I
PENDAHULUAN
A.Visi
Misi SMA Negeri 5 Bulukumba
Ø Visi
SMA Negeri 5 Bulukumba unggul dalam
prestasi akademik non akademik dan keterampilan berdasarkan IMTAQ
Ø Misi
1. Meningkatkan potensi Guru dalam
kegiatan pembelajaran berorientasi dengan tolak ukur meningkatan mutu siswa.
2. Meningkatkan disiplin,tanggung
jawab, dedikasi, dan rasa peduli masyarakat sekolah terhadap pendidikan.
3. Mengembangkan dan meningkatkan
kinerja setiap personil sekolah agar dapat bekerja sama saling mendukung
sebagai suatu sistem untuk mencapai tujuan sekolah.
4. Meningkatkan pembinaan olah raga
khususnya olah raga bola kaki dan volley ball
5. Mengembangan life skill siswa untuk
memanfaatkan,dan mengolah sumberdaya hasil laut dengan teknologi tepat guna dan
mampu mendistribusikannya / memasarkan hasil produksinya.
6. Meningkatkan pemahaman agama melalui
pencerahan kalbu setiap awal pembelajaran dan akhir pembelajaran.
7. Mengembangkan life skill siswa untuk
memanfaatkan hasil perkebunan local (jagung marning)
8. Meningkatkan penguasaan dan
keterampilan teknologi informasi dan komputer siswa.
9. Meningkatkan pelayanan,penataan
administrasi sekolah.
Catatan :
Visi dan Misi SMA Negeri 5 Bulukumba tertulis, dipajang dan sesuai dengan
kondisi sekolah. Visi dan Misi sekolah ini disusun bersama pemangku sekolah
(kepala sekolah, guru dan komite sekolah), semua warga sekolah tahu dan
memahami rumusan Visi dan Misi sekolah.
B.
Profil Sekolah
v IDENTITAS SEKOLAH
No.
|
IDENTITAS SEKOLAH
|
|
1.
|
NAMA SEKOLAH
|
SMA NEGERI 5 BULUKUMBA
|
2.
|
INSTANSI/LEMBAGA
|
DINAS PENDIDIKAN
|
3.
|
JENIS
|
SEKOLAH
|
4.
|
NSS
|
3011903003
|
5.
|
NPSN
|
40304256
|
6.
|
NAMA PIMPINAN
|
SYAMSUDDIN. R, S. Pd
|
7.
|
TANGGAL PENDIRIAN
|
20/11/1984
|
8.
|
INSTANSI INDUK
|
PEMERINTAH KABUPATEN BULUKUMBA
|
9.
|
STATUS KEPEMILIKAN
|
PEMERINTAH DAERAH
|
10.
|
AKREDITAS
|
YA
|
11.
|
KEGIATAN BELAJAR
|
PAGI
|
12.
|
TINGKAT SEKOLAH
|
SMA
|
13.
|
STATUS SEKOLAH
|
NEGERI
|
14.
|
JUMLAH SISWA
|
945 ORANG
|
15.
|
JUMLAH GURU
|
51 ORANG
|
16.
|
JUMLAH TENAGA KEPENDIDIKAN
|
15 ORANG
|
17.
|
KECAMATAN
|
KAJANG
|
18.
|
KELURAHAN/DESA
|
LEMBANG LOHE
|
19.
|
NO.TELEPON 2
|
085231011031
|
20.
|
ALAMAT EMAIL
|
smalimabulukumba@yahoo.com
|
21.
|
WEBSITE http;//
|
sman5bulukumba.sch.id
|
v JENIS, DAN JUMLAH RUANGAN
No.
|
JENIS RUANGAN
|
JUMLAH RUANGAN
|
1.
|
RUANG BELAJAR TEORI
|
27
|
2.
|
RUANG KEPALA SEKOLAH
|
1
|
3.
|
RUANG WAKIL KEPALA SEKOLAH
|
1
|
4.
|
RUANG GURU
|
1
|
5.
|
RUANG TATA USAHA
|
1
|
6.
|
RUANG PERPUSTAKAAN
|
1
|
7.
|
RUANG LABORATORIUM IPA
|
3
|
8.
|
RUANG PRAKTEK KETERAMPILAN
|
1
|
9.
|
GUDANG
|
1
|
10.
|
RUANG WC
|
1
|
11.
|
RUANG AULA
|
-
|
12.
|
RUANG OLAH RAGA
|
-
|
13.
|
RUANG BK
|
-
|
14.
|
RUANG LAB KOMPUTER
|
1
|
15.
|
KANTIN
|
5
|
16.
|
POS SATPAM
|
1
|
17.
|
MUSHOLLAH
|
1
|
18.
|
RUANG BP
|
1
|
19.
|
OSIS/UKS/LAIN-LAIN
|
1
|
Catatan : ruang praktek keterampilan dan gudang tersedia,
namun tidak difungsikan lagi (keadaan gedung darurat).
v KUALIFIKASI GURU/PEGAWAI
NO
|
KUALIFIKASI GURU
|
JUMLAH ORANG
|
1.
|
S2
|
5
|
2.
|
S1
|
48
|
3.
|
D
III
|
1
|
4.
|
D
II
|
3
|
5.
|
SMA
|
6
|
6.
|
SMP
|
1
|
7.
|
SD
|
1
|
JUMLAH
|
65
|
v DATA GURU/ PEGAWAI SMAN 5 BULUKUMBA
No.
|
NAMA DAN NIP
|
TUGAS TAMBAHAN
|
JURUSAN
|
GOLONGAN
|
STATUS
KEPEGAWAIAN
|
1.
|
Syamsuddin R, S.Pd
19610621 198411 1 003
|
Kepala Sekolah
|
PENJAS
|
IV/b
|
Guru
|
2.
|
Drs.Muhammad Arif, M. Pd
19611212 199003 1 010
|
Koordinator Lab.Fisika
|
FISIKA
|
IV/ b
|
Guru
|
3.
|
Drs. Thaharuddin
19590501 198811 1 023
|
-
|
MATEMATIKA
|
IV/b
|
Guru
|
4.
|
Lalloi, S. Ag
19571129 198503 1 014
|
Wakasek Urs.
Kesiswaan
|
PEND. AGAMA
|
IV/ b
|
Guru
|
5.
|
Abdul Hakim,
S. Pd
19630119 198703 1 010
|
Wakasek Urs.
Kurikulum
|
BHS.INDONESIA
|
IV/b
|
Guru
|
6.
|
Dra. Rosmini
19641231 199203 2 056
|
Wali Kelas
|
PKN
|
IV/b
|
Guru
|
7.
|
Abdul Kadir. M
19561231 198302 1 023
|
Wakasek
Urs.Sapra
|
PENJAS
|
IV/a
|
Guru
|
8.
|
Muhammad Sultan, S. Pd
19690801 199301 1 001
|
-
|
KIMIA
|
IV/ a
|
Guru
|
9.
|
Abdul Kadir. H
19640525 198601 1 003
|
Wakasek
Urs.Humas dan Wali Kelas
|
BAHASA
INDONESIA
|
IV/a
|
Guru
|
10.
|
Murti, S, B.A
19581116 198503 2 004
|
-
|
PEND.SENI
|
IV/a
|
Guru
|
11.
|
Syafri Raje, S. Pd., M. Pd
19700506 199412 1 002
|
-
|
PKN
|
IV/ a
|
Guru
|
12.
|
Wahida, S. Pd
19681231 199203 2 049
|
BHS. INDONESIA
|
IV/a
|
Guru
|
|
13.
|
Ramlah Jaya, S. Pd
19730520 200003 2 007
|
Wali Kelas
|
BHS. INGGRIS
|
IV/ a
|
Guru
|
14.
|
Erni, S. Pd., M. Pd
19730310 200312 2 004
|
Wali Kelas
|
BAHASA JERMAN DAN SASTRA JERMAN
|
III/ d
|
Guru
|
15.
|
Irma Asriana, S.Pd
19780509 200604 2 011
|
Wali Kelas
|
GEOGRAFI
|
III/ c
|
Guru
|
16.
|
Rustan, S. Pd
19810225 200604 1 008
|
Pemb. Harian
OSIS
Wali kelas
|
FISIKA
|
III/ b
|
Guru
|
17.
|
Milawati Supardi, S. Pd
19840412 201001 2 023
|
Wali Kelas
|
BAHASA INGGRIS
|
III/ b
|
Guru
|
18.
|
Andi Irawati, S. Pd
19790525 201412 2 001
|
Wali Kelas
|
KIMIA
|
III/ a
|
Guru
|
19.
|
Rahmawati, S. Pd
19910520 201503 2 009
|
Wali Kelas
|
BHS. INGGRIS
|
III/a
|
Guru
|
20.
|
Nuryanti, S. Pd
-
|
Wali Kelas
|
MATEMATIKA
|
Non PNS
|
Guru
|
21.
|
Wahidin, S. Pd
-
|
Wali Kelas
|
BHS. JERMAN
|
Non PNS
|
Guru
|
22.
|
Abd. Rahman, S. Pd
-
|
Wali Kelas
|
EKONOMI DAN
SOSIOLOGI
|
Non PNS
|
Guru
|
23.
|
Andi selastri, S. Si., M. Kes
-
|
Wali kelas
|
BIOLOGI
|
Non PNS
|
Guru
|
24.
|
Andi Herlinah, S. Ag
-
|
-
|
MULOK
|
Non PNS
|
Guru
|
25.
|
Sukmawati, H, S. Pi
-
|
Wali Kelas
|
MULOK
|
Non PNS
|
Guru
|
26.
|
Muliati, S. Pd
-
|
Wali kelas
|
MATEMATIKA
|
Non PNS
|
Guru
|
27.
|
Suriani, S. Pd
-
|
Wali Kelas
|
BHS. INGGRIS
|
Non PNS
|
Guru
|
28.
|
Abd. Rakhmat, S. Komp.
-
|
-
|
TIK
|
Non PNS
|
Guru
|
29.
|
Nur Asia Raje, S. Pd
-
|
Wali Kelas
|
BHS DAN SASTRA INDONESIA
|
Non PNS
|
Guru
|
30.
|
Haslinda, S. Pd
-
|
Wali Kelas
|
SOSIOLOGI DAN
ANTROPOLOGI
|
Non PNS
|
Guru
|
31.
|
Ummul Khaeriah, S. Pd
-
|
-
|
BHS. JERMAN
|
Non PNS
|
Guru
|
32.
|
Dewi Ratnasari, S. Pd
-
|
Wali Kelas
|
BAHASA DAN
SASTRA INDONESIA
|
Non PNS
|
Guru
|
33.
|
Nani Fitriah, S. Pd
-
|
Wali Kelas
|
GEOGRAFI DAN
TIK
|
Non PNS
|
Guru
|
34.
|
Silaturahmi, S. Pd
-
|
Wali Kelas
|
BIOLOGI DAN
MULOK
|
Non PNS
|
Guru
|
35.
|
Elly, S. Pd
-
|
Wali Kelas
|
PENJAS
|
Non PNS
|
Guru
|
36.
|
Syamsul Rijal, S. Pd
-
|
Wali Kelas
|
PENJAS
|
Non PNS
|
Guru
|
37.
|
Andi Mutmainnah, S. Pd
-
|
Wali kelas
|
KIMIA
|
Non PNS
|
Guru
|
38.
|
Ernawati, S. Pdi
-
|
Wali Kelas
|
PEND. AGAMA
|
Non PNS
|
Guru
|
39.
|
Nani Amriani, S.Pd
-
|
-
|
PEND. SENI
|
Non PNS
|
Guru
|
40.
|
Kasmawati, S. Pd
-
|
Wali Kelas
|
MATEMATIKA
|
Non PNS
|
Guru
|
41.
|
Dedi Sumarto, S. Pd
-
|
-
|
PKN DAN TIK
|
GTT
|
Guru
|
42.
|
Muhammad Tahir, BA
-
|
-
|
SEJARAH
|
GTT
|
Guru
|
43.
|
Andi Khaerawati, S. Pd.,MM
-
|
-
|
BIOLOGI
|
GTT
|
Guru
|
44.
|
Andi Ilham, S. Pd
-
|
-
|
SEJARAH
|
GTT
|
Guru
|
45.
|
Akbar Tanjung, S. Pd
-
|
-
|
MATEMATIKA
|
GTT
|
Guru
|
46.
|
Fahruddin Arif, S. Pd
-
|
Wali Kelas
|
BHS. INDONESIA
|
GTT
|
Guru
|
47.
|
Aswandi
Tahir, S. Pd
-
|
-
|
PEND. SENI
|
GTT
|
Guru
|
48.
|
Asniar, S. Pd
-
|
-
|
SEJARAH
|
GTT
|
Guru
|
49.
|
Megawati, S. Si
-
|
KIMIA
|
GTT
|
Guru
|
|
50.
|
Dra. Hasma Halim
-
|
-
|
KIMIA
|
GTT
|
Guru
|
51.
|
Nirwana, S. Pd
-
|
-
|
EKONOMI
|
GTT
|
Guru
|
52.
|
Baba, S. Pd
19630418 198603 1 018
|
-
|
PPKN
|
III/c
|
Kepala TU
|
53.
|
Muhammad Amin, S. Pd
19650425 198603 1 007
|
-
|
PPKN
|
III/c
|
Bendahara
|
54.
|
St. Nursiah Marhaeni
19591231 198603 2 082
|
-
|
-
|
III/c
|
Staf TU
|
55.
|
DARWA
19680510 199002 1 007
|
-
|
-
|
III/a
|
Staf TU
|
56.
|
Muhammad Ali
-
|
-
|
-
|
Non PNS
|
Operator
|
57.
|
M. Rustan, SE
-
|
-
|
EKONOMI
|
Non PNS
|
Staf TU
|
58.
|
Ernawati, S. Pd
-
|
-
|
PPKN
|
Non PNS
|
Staf TU
|
59.
|
Syahrul, S. Pd
-
|
-
|
BHS. INDONESIA
|
Non PNS
|
Staf TU
|
60.
|
Risman
-
|
-
|
-
|
Non PNS
|
Staf TU
|
61.
|
Suhaedah
-
|
-
|
-
|
Non PNS
|
Staf TU
|
62.
|
Asran Pratama, A. Ma.,Pust
-
|
-
|
PERPUSTAKAAN
|
Non PNS
|
Pustakawan
|
63.
|
Surianti Nurman, S.IP
-
|
-
|
ILMU
PERPUSTAKAAN
|
Non PNS
|
Pustakawan
|
64.
|
Basri
-
|
-
|
-
|
Non PNS
|
Satpam
|
65.
|
Ahrianto
-
|
-
|
-
|
Non PNS
|
Satpam
|
66.
|
Abdul Malik
-
|
-
|
-
|
Non PNS
|
Cleaning
Service
|
v UNIT KEGIATAN SISWA
Unit kegiatan siswa di SMA Negeri 5
Bulukumba yaitu Pramuka, PMR, SSBTK.
BAB
II
PROSEDUR
PELAKSANAAN
A. Jumlah Siswa, Tempat dan Waktu
Pelaksanaan Magang I
Ø Jumlah Siswa
Jumlah
siswa SMA Negeri 5 Bulukumba pada tahun ajaran 2015/2016 yaitu berjumlah 945
siswa, dimana siswa laki-laki sebanyak 359, sedangkan siswa perempuan sebanyak
586 siswa.
Berikut data siswa SMA Negeri 5 Bulukumba :
JURUSAN/KELAS
|
LAKI-LAKI
|
PEREMPUAN
|
JUMLAH
|
10
(Umum)
|
140
|
209
|
349
|
11 IPA
|
31
|
103
|
134
|
11 IPS
|
36
|
38
|
74
|
11 IPB
|
56
|
49
|
105
|
12 IPA
|
26
|
117
|
143
|
12 IPS
|
64
|
40
|
104
|
12 IPB
|
6
|
30
|
36
|
JUMLAH
|
359
|
586
|
945
|
Ø Tempat
Tempat pelaksanaan magang I dilaksanakan di SMA Negeri 5
Bulukumba, Kecamatan Kajang, Kabupaten Bulukumba.
Ø Waktu
Waktu pelaksanaan magang 1 dilaksanakan selama satu bulan
mulai dari 10-30 agustus 2015. Jumlah masuk sekolah 12 kali pertemuan. Berada
di sekolah dari pukul 07.00 WITA sampai dengan 13.30 WITA.
B. Langkah-Langkah Melakukan
Pengamatan
Langkah-langkah dalam melakukan suatu
pengamatan yaitu :
1. Mahasiswa diberikan pembekalan
magang I oleh masing-masing dosen
pengampuh.
2. Mahasiswa diberikan kesempatan untuk
melakukan magang I secara individu di sekolah masing-masing yang telah dipilih.
3. Memasukkan surat laporan magang I di
Kantor Dinas Pendidikan dan Kepala Sekolah yang akan ditempati magang I.
4. Wawancara kepala sekolah, guru, dan
komite sekolah.
5. Melakukan observasi atau pengamatan
di kelas dan lingkungan sekolah.
BAB
III
HASIL
PELAKSANAAN DAN PEMBAHASAN
A. Hasil
Pelaksanaan
A.1. Deskripsi Hasil Pengamatan Langsung
Kultur Sekolah
1. Kedisiplinan Warga Sekolah
a.
Kepala Sekolah
Berdasarkan hasil pengamatan selama
beberapa hari, bahwa kepala SMAN 5 Bulukumba telah menjalankan tugasnya secara
maksimal terutama disiplin waktu, cara berpakaian dan memberi andil dalam
kebersihan lingkungan sekolah terutama melaksanakan Visi dan Misi sekolah
dengan baik, serta selalu memberikan bimbingan atau didikan kepada siswa.
b.
Guru
Berdasarkan hasil pengamatan selama
kegiatan magang 1 berlangsung, sebagian besar guru datang tepat waktu yaitu
pukul 07.00 WITA . setiap hari jumat tiap guru
mengkordinir anak walinya ikut serta membersihkan ruang dan halaman
kelas.
c.
Siswa
Berdasarkan
hasil pengamatan selama kegiatan magang 1 berlangsung, sebagian besar siswa
datang tepat waktu yaitu pukul 07.00 WITA walaupun masih ada yang terlambat.
Siswa yang piket biasanya datang sebelum pukul 07.00 WITA dan langsung
membersihkan ruangan kelas dan halaman kelas, tetapi ada juga beberapa siswa yang
piket terlambat datang ke sekolah. Selain itu, apabila jam pelajaran telah
dimulai biasanya terdapat beberapa siswa yang bolos belajar namun masih dominan
yang aktif belajar.
d.
Satpam
Berdasarkan
hasil kegiatan magang 1, satpam di SMA Negeri 5 Bulukumba terdapat dua orang. Mereka
selalu datang tepat waktu untuk membuka pagar sekolah dan menjaga keamanan
sekolah. 2. Program Kerja
Ø Program
Umum
·
Rapat
awal tahun ajaran
·
Rapat
rutin kepala sekolah dan guru
·
Pembinaan
guru
·
Penataan
halaman
·
Rapat
akhir tahunan
Ø Program
pengajaran
·
Menyusun
jadwal pelajaran
·
Supervise
·
Tes
semester
·
Pembagian
raport
·
Pelaksanaan
ujian
·
Aktivitas
SMA
·
Penyerahan
STTB
Ø Program
kesiswaan
·
Penerimaan
siswa baru
·
Pendataan
siswa
·
Pelaksanaan
MOS
·
Pelaporan
format sekolah
·
Kenaikan
kelas
·
Pelaksanaan
kurikuler
Ø Program
personalia
·
Mengusulkan
kenaikan pangkat dan gaji berkala
·
Pembagian
tugas guru
·
Membuat
daftar penilaian pelaksanaan pekerjaan (Dp3)
·
Membuat
format pegawai
Ø Program
peralatan gedung sekolah
·
Menginventariskan
buku dan alat peraga
·
Menata
perpustakaan sekolah
Ø Program
keuangan
·
Menginventarisir
sumber keuangan
·
Mengawasi
keuangan
·
Pengelolaan
keuangan gaji, DDP, dll.
·
Laporan
keuangan
Ø Program
HUMAS
·
Rapat
dengan orang tua siswa
·
Rapat
dengan komite sekolah
·
Rapat
pengurus
Ø Program
supervise
·
Pemeriksaan
administrasi PBM
·
Kunjungan
kelas
·
Pemeriksaan
sarana dan prasarana
·
Pemeriksaan
administrasi tata usaha
·
Pemeriksaan
7K
·
Pemeriksaan
keuangan rutin dan komite
3. Sistem Pengelolaan Keuangan
Sumber keuangan di SMA Negeri 5 Bulukumba dana bantuan BOS
(Bantuan Operasianan Sekolah). Sekolah ini menggunakan bentuk penganggaran pembukuan,
dimana semua penerimaan dan pengeluaran harus dibukukan terlebih dahulu,
kemudian uangnya diterima atau dibayarkan.
Pengelolaan anggaran di sekolah ini yaitu :
ü Dana dibelanjakan sesuai rencana
ü Pembelanjaan dilakukan dengan
memanfaatkan sumber daya yang tersedia.
ü Dana tidak dihabiskan untuk
kegiatan-kegiatan yang tidak disetujui atau diberikan pada pihak penerima tanpa
persetujuan.
4. Sistem Pembelajaran
Sistem pembelajaran di SMA Negeri 5 Bulukumba yaitu sistem
KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan). Menurut Badan Standar Nasional
Pendidikan (2006), KTSP adalah kurikulum operasional yang disusun dan
dilaksanakan oleh masing-masing satuan pendidikan. KTSP terdiri dari tujuan
pendidikan tingkat satuan pendidikan, struktur dan muatan kurikulum tingkat
satuan pendidikan, kalender pendidikan dan silabus.
Manfaat dari sistem pembelajaran KTSP ini adalah meningkatkan
taraf kecakapan berfikir siswa, memberikan penerapan-penerapan dunia nyata
sehingga dapat mempertinggi kesempatan transfer pembelajaran, siswa akan lebih
aktif dan otonom dalam pemikirannya, membantu menciptakan struktur kognitif
atau pengetahuan awal siswa, dan akan terjadi transfer pemahaman dari satu
konteks ke konteks yang lain, meningkatkan kerja sama antara para guru, para
siswa, guru, dan siswa.
5. Partisipasi Masyarakat Terhadap
Sekolah (Komite)
Dari hasil pengamatan dan wawancara selama kegiatan magang I
ini belangsung, partisipasi masyarakat terhadap sekolah (komite) 75% aktif,
contohnya, masyarakat yang berada
disekitar lingkungan sekolah pada saat pemilihan komite turut berpartisipasi
melalui pemikiran-pemikiran atau saran-saran kepada sekolah.
6. Hubungan Sosial antar Warga Sekolah
a) Hubungan sosial Kepala Sekolah
dengan guru dan karyawan serta dengan siswa.
·
Hubungan
Kepala Sekolah dengan guru-guru sangat baik, seperti yang saya amati ketika
siswa ada lomba Kepala Sekolah bersama guru mendampingi siswa tersebut.
·
Karyawan
selalu membantu Kepala Sekolah ketika ada hal yang dikerjakan.
·
Ketika
bertemu dengan Kepala Sekolah siswa langsung menyapa dengan senyuman, dan
mendahulukan Kepala Sekolah untuk lewat terlebih dahulu.
·
Kepala
SMAN 5 Bulukumba juga bersifat otoriter, selalu terbuka sehingga permasalahan
apa saja yang dihadapi di sekolah selalu dipecahkan secara bersama-sama. Kepala
Sekolah menjunjung tinggi nilai sikap saling menghargai terhadap guru, karyawan
dan siswa.
b) Hubungan sosial antara guru,
karyawan dan siswa.
Karyawan selalu membantu guru-guru, misalnya Tata Usaha,
membantu mengetik soal-soal ujian, pengelola UKS, membantu ketika ada yang
sakit.
Ketika datang, siswa selalu menyapa dengan
senyum dan salam dengan guru-guru. Ketika ada siswa yang bertengkar guru
menasehati dan membimbing mereka. Hubungan sosial antara guru, karyawan dan
siswa SMAN 5 Bulukumba terjalin akrab, harmonis dan memiliki solidaritas yang
tinggi, sehingga memiliki hubungan kekeluargaan yang erat, tanpa pandang suatu
perbedaan baik jabatan maupun latar belakang.
c) Hubungan sosial antara guru dengan
guru
Hubungan guru dengan guru sangat baik, tidak ada
perselisihan,mereka saling memberikan masukan, saling mengisi kekurangan.
Ketika pagi guru-guru saling menyapa dengan senyuman. Jika istirahat guru-guru
berkempul du Ruang guru dan mereka saling berinteraksi.
d) Hubungan sosial antara siswa dengan
siswa.
Hubungan siswa dengan siswa sangat baik, meskipun mereka
kadang bertengkar akan tetapi setelah mereka baikan mereka bermain bersama
lagi. Terkadang ada siswa yang suka mengganggu teman-temannya.
7. Hubungan Warga Sekolah dengan Komite
Sekolah
Hubungan antara Warga Sekolah dan Komite Sekolah sangat
baik, Komite Sekolah berperan aktif ketika mengadakan rapat dengan orangtua
murid.
8. Hubungan antara Warga Sekolah dengan
Masyarakat Sekitar dan Orang Tua Murid.
Ketika ada siswa yang mengikuti perlombaan, orangtuanya
mendukung serta bersedia mendampingi anaknya. Siswa yang tinggalnya jauh dari
sekolah, orangtuanya mengantar dan menjemput. Ketika ada siswa yang sakt,
orangtuanya langsung memberitahukan kepada guru wali kelasnya di sekolah, atau
jika orangtuanya tak sempat ke sekolah untuk memberitahukan kepada wali kelas
orangtua biasa mengirimkan surat keterangan sakit.
9. Sikap siswa terhadap :
·
Kepala
Sekolah
Siswa di SMAN 5 Bulukumba menghargai dan menghormati Kepala
Sekolah sebagai pemimpin. Mereka selalu patuh terhadap kepala sekolah dan
peraturan-peraturan sekolah. Cara berkomunikasi antara siswa dan dengan kepala
sekolah sangat baik, santun dan efektif.
·
Guru
Sikap siswa di SMAN 5 Bulukumba terhadap guru, menghargai,
menghormati dan patuh. Tetapi, masih ada sebagian siswa yang masih mengabaikan
perintah guru. Misalnya : apabila guru memberikan soal latihan untuk dikerjakan
kepada siswa. Sebagian siswa mengerjekan, namun sebagiannya mengabaikan.
Komunikasi siswa terhadap guru sangat baik, sopan dan
efektif. Siswa selalu berani bertanya apabila menemukan masalah atau kesulitan
dalam belajar.
·
Para
Tamu (orang luar yang berkunjung)
Siswa
selalu menunjukkan sikap yang baik, ramah serta saling menghargai dan
menghormati apabila ada tamu atau orang luar yang datang berkunjung di SMAN 5
Bulukumba , cara berkomunikasinya pun santun dan wajar sehingga orang luar atau
tamu yang datang tidak segan untuk bertanya dan cepat akrab.
A.2. Deskripsi Hasil Pengamatan
untuk Membangun Kompetensi Dasar Pedagogik, Kepribadian dan Sosial
1. Kompetensi dasar pedagogik
Kompetensi dasar pedagogik adalah
kemampuan dalam pengelolaan peserta didik yang meliputi :
·
Pemahaman
wawasan atau landasan kependidikan
·
Pemahaman
terhadap peserta didik
·
Pengembangan
kurikulum/ silabus
·
Perancangan
pembelajaran
·
Pelaksanaan
pembelajaran yang mendidik dan logis
·
Evaluasi
hasil belajar
·
Pengembangan
peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya.
Kompetensi dasar pedagogik guru di SMA
Negeri 5 Bulukumba :
ü Kegiatan pembelajaran yang mendidik
di kelas dan lapangan.

Guru menjelaskan materi pelajaran secara
terpadu, terperinci, jelas, sehingga peserta didik dapat mencapai hasil belajar
yang optimal. Dengan adanya sistem pembelajaran seperti itu, siswa memperoleh
pengetahuan dan keterampilan secara utuh sehingga pembelajaran menjadi bermakna
bagi siswa, walaupun masih ada sebagian siswa yang kurang memahami, namun
pendidik tidak ada hentinya untuk memberikan pengarahan dan mengulang-ulang
pelajaran sampai siswa-siswa tersebut betul-betul mengerti.

Dari hasil pengamatan saya, kegiatan pembelajaran di lapangan di SMA Negeri 5 Bulukumba yaitu guru
menjelaskan, mengarahkan dan membimbing siswa, cara berbaris yang benar dan
rapi (biasanya dilakukan apabila ada kegiatan
yang mengharuskan dilakukan di luar kelas), serta menjelaskan materi
yang berkaitan dengan kegiatan olahraga dengan menggunakan alat peraga, seperti
cara bermain bola kaki, bermain bola volli, dan lain sebagainya, sehingga siswa
dapat dengan mudah memahami kegiatan-kegiatan yang dilakukan.
ü Kegiatan pembelajaran yang mendorong
peserta didik mencapai prestasi belajar secara optimal
Dari hasil pengamatan saya, kegiatan pembelajaran yang
mendorong peserta didik mencapai prestasi belajar secara optimal yaitu guru
memberikan bimbingan khusus bagi siswa yang mengalami kesulitan dalam belajar.
Dalam hal ini, diperlukan interaksi antara guru dan siswa, dimana siswa
bertanya kepada guru mengenai kesulitan apa yang dialaminya atau guru juga
langsung menanyakan kesulitan apa yang dialami siswa sehingga siswa tidak putus
asa. Selain itu, guru juga memberikan penguatan kepada peserta didik agar dapat
aktif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran sehingga mampu mencapai kriteria
yang baik.
ü Mengamati berbagai kegiatan
pembelajaran untuk mengaktualisasikan potensi peserta didik, termasuk
kreativitasnya, yang dilakukan guru.
Kegiatan pembelajaran untuk mengaktualisasikan potensi
peserta didik, termasuk kreativitasnya yang dilakukan guru adalah pada saat
kegiatan pembelajaran di kelas guru sudah menerapkan pembelajaran berbasis PAIKEM.
Misalnya guru mengajar dengan metode yang lebih inovatif seperti metode
diskusi, eksperimen, demonstrasi, serta penugasan. Contohnya dalam menyajikan
materi pelajaran bahasa inggris, yang dilakukan guru untuk menyajikan materi
adalah menjelaskan secara terperinci sehingga siswa mudah mengerti. Selain itu,
agar siswa tetap semangat dan konsentrasi dalam melaksanakan pembelajaran di kelas
guru dapat menyajikan materi pembelajaran dengan cara bermain semacam game yang
berkaitan dengan materi sehingga dapat mengaktualisasikan potensi peserta
didik. Kreativitas itu yang dapat mendorong peserta didik untuk semangat dalam
belajar.
ü Mengamati kegiatan guru melakukan
refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan
Kegiatan
guru melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakanadalah memberikan
pertanyaan kepada siswa menyangkut materi yang telah diajarkan sebelumnya
dengan tujuan apakah siswa telah memahami dan mengikuti serius kegiatan
pembelajaran.
Guru
menyimpulkan materi pelajaran dengan cara dituliskan dipapan tulis secara
singkat dan menjelaskanya secara terperinci supaya siswa lebih mengerti.
Kegiatan lain yang dilakukan guru adalah memberikan latihan soal kepada siswa yaitu mengerjakan
soal-soal yang ada pada LKS dengan materi yang telah diajarkan dengan cara
mengoreksinya satu persatu.
2. Kompetensi kepribadian
Kompetensi kepribdian merupakan
kemampuan kepribadian yang meliputi :
·
Mantap
·
Dewasa
·
Stabil
·
Arif
dan bijaksana
·
Berwibawa
·
Berakhlak
mulia
·
Menjadi
teladan bagi peserta didik dan masyarakat
·
Evaluasi
kinerja sendiri
·
Mengembangkan
diri secara berkelanjutan
Kompetensi kepribadian guru SMA Negeri
5 Bulukumba :
ü Mengamati perilaku saling menghargai
antar warga sekolah tanpa membedakan keyakinan yang dianut, suku, adat
istiadat, daerah asal dan gender.
Dari hasil pengamatan saya, perilaku warga sekolah SMA
Negeri 5 Bulukumba dilihat dari segi keyakinan yang dianut saling menghargai
sesama umat muslim berhubung 100% warga sekolah menganut agama yang sama yaitu
islam. Sedangkan dilihat dari segi suku, adat istiadat, daerah asal dan gender,
warga sekolah selalu menunjukkan sifat yang baik, cara berkomunikasinya santun
dengan menggunakan bahasa Indonesia sehingga orang luar yang datang tidak
tersinggung, meskipun masih ada sebagian kecil warga sekolah yang menggunakan bahasa
daerah untuk berkomunikasi.
ü Mengamati sikap dan perilaku warga
sekolah, terhadap norma-norma yang dianut (agama, hukum, dan sosial) yang
belaku dalam masyarakat, serta kebudayaan nasional Indonesia yang beragam.
Dari hasil
pengamatan saya, warga SMA Negeri 5 Bulukumba :
·
Menunjukkan
sikap yang wajar dan santun.
·
Taat
terhadap aturan yang dianut (agama, hukum, dan sosial) yang berlaku dalam
masyarakat.
·
Selalu
menunjukkan sikap yang ramah dan cara berinteraksinya pun baik. Walaupun masih
ada sebagian kecil warga sekolah yang tidak mematuhi norma-norma tersebut.
ü Mengamati berbagai strategi
berkomunikasi yang efektif, empatik, dan santun, baik secara lisan maupun
tulisan di lingkungan sekolah.
Dalam berkomunikasi
secara lisan maupun tulisan warga sekolah lebih sering menggunakan bahasa
Indonesia dibandingkan bahasa daerah terutama dalam proses belajar mengajar
baik didalam maupun di luar kelas. Dalam berkomunikasi lisan maupun tulisan
warga sekolah selalu memakai bahasa yang santun dan mudah dipahami.
ü Mengamati komunikasi para guru,
staf, dan kepala sekolah dari sudut komunikasi yang efektif, empatik, dan
santun pada peserta didik dengan bahasa yang khas dalam interaksi pembelajaran
yang terbangun secara klasikal mulai dari :

Sebelum memulai pelajaran, terlebih dahulu,
guru selalu mengingatkan untuk berdoa dan menyanyikan lagu wajib nasional.

Dalam memberikan pertanyaan atau tugas,
guru mengajukan pertanyaan, kemudian
meminta salah seorang siswa untuk menjawab.

Saat siswa menerima pertanyaan yang
diberikan guru, sebagian besar siswa aktif dalam menjawab pertanyaan.

Ketika
ada siswa yang berani menjawab pertanyaan, guru selalu memberikan pujian agar
siswa termotivasi untuk selalu aktif dalam pembelajaran.
3. Kompetensi sosial
Kompetensi sosial merupakan kemampuan
pendidik sebagai bagian dari masyarakat untuk :
·
Berkomunikasi
secara tulisan maupun tulisan.
·
Menggunakan
teknologi komunikasi dan informasi secara fungsional.
·
Bergaul
secara efektif dengan peserta didik, sesama pendidik, tenaga kependidikan,
orang tua/ wali peserta didik.
·
Bergaul
secara santun dengan masyarakat sekitar, khususnya di daerah lingkungan sekolah
itu sendiri.
Kompetensi sosial guru di SMA Negeri 5 Bulukumba :
ü Mengamati sikap inklusif dan
obyektifguru terhadap peserta didik, teman sejawat dan lingkungan sekitar dalam
melakukan pembelajaran

Jika ada siswa yang mengalami kesulitan tau
masalah, guru memanggil orang tuanya untuk mencari solusi dan menyelesaikan
masalah yang dihadapi oleh siswa tersebut.

Jika seorang guru mempunyai kesulitan maka
guru yang lainnyan selalu emberikan masukan atau memberikan pikiran untuk
mencari solusi dari masalah tersebut. Guru sama-sama saling mengisi kekurangan
yang ada pada diri mereka masing-masing. Misalnya seorang guru mempunyai
kesulitan dalam pembelajaran di kelas, maka guru yang lain saling mengisi dan memberikan masukan agar guru tersebut
dapat menjalani pembelajaran yang lebih baik pada siswanya.
ü Mengamati komunikasi para guru
dengan teman sejawat apakah dilakukan secara santun, empatik, dan efektif
Dalam berkomunikasi
dengan teman sejawat tentunya guru menggunakan bahasa yang santun dan bahasa
yang mudah dimengerti.
ü Mengamati komunikasi warga sekolah
dengan orang tua peserta didik dan masyarakat dalam menginformasikan program
pembelajaran dan dalam mengatasi kemajuan dan masalah-masalah yang dihadapi
oleh peserta didik apakah dilakukan secara santun, empatik, dan efektif
Untuk memajukan pendidikan, guru mengadakan rapat yang
dihadiri oleh orang tua siswa. Bagaimana partisipasi dan peran orang tua siswa
terhadap pendidikan anaknya. Jika ada siswa yang mengalami masalah, guru
memanggil orang tuanya untuk bisa mencari solusi terhadap masalah atau
kesulitan siswa.
ü Mengamati keikutsertaan orangtua
peserta didik dan masyarakat dalam mendukung program sekolah, pelaksanaan
program pembelajaran dan dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik
Orangtua tentunya sangat mendukung anaknya menjadi orang
yang sukses. Jika seorang siswa ada yang sakit dan tidak bisa masuk sekolah
maka orang tuanya memberitahukan atau mengirim surat untuk wali kelasnya.
A.3. Deskripsi Hasil Pengamatan untuk Memperkuat Pemahaman Peserta Didik
1. Mengamati karakteristik peserta
didik yang bekaitan dengan aspek fisik, intelektual,
sosial-emosional, moral, spiritual, dan latar belakang sosial-budaya
Dalam
aspek fisik siswa dalam suatu kelas bervariasi ada yang gemuk, ada yang kurus,
ada yang tinggi, ada yang pendek. Dalam aspek intelektual juga berbeda-beda ada
yang daya serapnya cepat, ada yang sedang, dan ada juga yang daya serapnya
lambat. Sosial-emosional, dalam hubungan dengan teman-teman yang lain ada siswa
yang cepat marah, egonya masih ada, ada
yang sabar, rasa ingin memiliki sesuatu yang sangat tinggi. Moral, tingkah laku
peserta didik ada yang disiplin tepat waktu, disiplin dalam berpakaian,
disiplin dalam kebersihan lingkungan dan ada juga yang tidak. Sikap saling
menghargai dan saling tolong menolong antar sesama. Spiritual, dalam keagamaan
biasanya sebagian peserta didik ada yang pergi sholat ada yang tidak. Latar
belakang sosial-budaya siswa berbeda-beda ada yang orang tuanya petani, PNS,
polri, buruh, dan ada juga pedagang. Tetapi hubungan pergaulan mereka tidak ada
rasa perbedaan dengan latar belakang sosial-budaya.
2. mengidentifikasi potensi peserta didik dalam beberapa
mata pelajaran
Siswa
mempunyai kemampuan dan potensi yang berbeda-beda. Ada siswa yang pandai dalam
pelajaran bahasa inggris, ada juga dalam pelajaran matematika, biologi,
ekonomi, dan sebagainya. Tetapi itu tidak untuk semua siswa, ada juga beberapa
siswa mengalami kesulitan pada pelajaran-pelajaran tersebut.
3. Mengidentifikasi kemampuan awal peserta didik dalam
beberapa pelajaran tersebut
Dalam
beberapa pelajaran tersebut ada siswa yang mengetahui lebih dulu materi yang
diberikan ada juga belum mengetahui.
4. Mengidentifikasi kesulitan peserta didik dalam beberapa
mata pelajaran
Kesulitan
yang terjadi pada siswa pada pelajaran-pelajaran tersebut adalah dimana saat
pelajaran bahasa inggris diajarkan,
kesulitan siswa disaat membuat kalimat dengan menggunakan rumus tenses yang
bena. Dan ada juga siswa yang mengalami kesulitan tapi tidak ingin bertanya
hanya diam saja. Dengan cara melihat atau mengecek satu persatu akhirnya siswa
baru mengatakan bahwa dia belum mengerti dengan materi yang telah dijelaskan.
Guru memberikan tugas atau ulangan, maka dari ulangan yang telah diberikan,
guru mengetahui siswa mana yang memiliki kesulitan dalam materi yang diberikan.
A.4. Deskripsi Hasil Pengamatan Langsung Proses Pembelajaran
di Kelas
1. Kegiatan awal proses pembelajaran
Guru
selalu membuka pelajaran dengan mengajak siswa untuk berdoa, setelah itu
menyanyikan salah satu lagu wajib nasional. Kemudian guru mengajukan
pertanyaan-pertanyaan tentang pembelajaran yang akan dipelajari, hal ini
dilakukan guru agar guru dapat mengukur pemahaman peserta didik sebelum proses
pembelajaran berlangsung.
2. Proses pembelajaran
Dari hasil
pengamatan saya, proses pembelajaran di kelas di SMA Negeri 5 Bulukumba, semua
kelas memiliki program semester pembelajaran, dimana program semester tersebut
sebagian besar digunakan. Dalam pelaksanaan pembelajaran guru menggunakan
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan semua pembelajaran sesuai dengan RPP
yang dibuat. Metode yang digunakan guru dalam proses pembelajaran yaitu metode
yang bervariasi. Keterlibatan
siswa dalam proses pembelajaran yaitu sebagian besar siswa aktif dalam
bertanya, menjawab atau menyatakan pendapat dengan tertib, meskipun masih ada
siswa yang baru berani bertanya, menjawab atau mengajukan pendapat bila
ditunjuk oleh guru.
Pemanfaatan
sumber belajar yang dilakukan guru yaitu guru terampil menggunakan berbagai
sumber belajar (termasuk lingkungan sekitar) yang sesuai dengan kompetensi yang
dikembangkan. Guru menggunakan media untuk memberikan contoh kongkrit yang
menghubungkan antara teori dan praktik dan merangsang anak berfikir kritis.
Dalam
proses pembelajaran guru membuat LKS dan memberikan kepada siswa
3. Refleksi hasil pembelajaran
Sebelum
kegiatan proses belajar mengajar ditutup atau diakhiri, guru mengajukan
pertanyaan kepada siswa tentang pelajaran yang telah dipelajari, hal ini untuk
mengetahui apakah siswa paham dan memperhatikan pelajaran yang baru saja
dipelajari, kemudian guru member tugas kepad siswa. Setelah itu guru menutup
pelajaran dengan mengucapkan salam.
A.5. Refleksi Hasil Pengamatan Proses Pembelajaran
Dari hasil
pengamatan saya, proses belajar mengajar di SMA Negeri 5 Bulukumba sudah baik,
dimana semua mata pelajaran / tema menggunakan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP) dan semua pembelajaran sesuai dengan RPP yang dibuat, guru juga selalu
memancing siswa dengan pertanyaan-pertanyaan sehingga siswa mampu mengeluarkan
ide mereka sendiri. Dari segi penilaian juga sudah baik, dimana guru
menggunakan penilaian proses dan hasil, serta memanfaatkannya untuk kegiatan
tindak lanjut. Hasil belajar siswa dijadikan referensi evaluasi mengajar guru
dan pelaksanaan remedial atau pengayaan pembelajaran siswa secara keseluruhan.
Meskipun proses belajar mengajar di kelas sudah baik, namun masih ada beberapa
siswa yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah
ditetapkan, hal ini diperlukan pendekatan dan perhatian khusus serta peran
serta orangtua dalam membimbing siswa tersebut.
B. Pembahasan
a. Pengertian Budaya Sekolah / Kultur
Sekolah
Kultur merupakan pandangan hidup yang diakui bersama oleh
suatu kelompok masyarakat, yang mencakup cara berpikir, perilaku, sikap, nilai
yang tercermin baik dalam wujud fisik mauun abstrak. Kultur ini juga dilihat
sebagai suatu perilaku, nila-nilai, sikap wujud, dan cara hidup untuk melakukan
penyesuaian dengan lingkungan, dan sekaligus cara untuk memandang persoalan dan
memecahkannya.oleh karena itu, suatu kultur secara alami akan diwariskan oleh
suatu generasi berikutnya. Sekolah merupakan lembaga utama yang didesain untuk
memoperlancar proses transmisi cultural antar generasi tersebut. Konsep kultur
di dunia pendidikan berasal dari kultur tempat kerja di dunia industry, yakni
merupakan situasi yang akan memberikan landasan dan arah untuk berlangsungnya suatu
proses pembelajaran secara efisisen dan efektif. Factor pembentuk kultur
sekolah misalnya adalah nilai, moral, sikap dan perilaku siswa tumbuh dan
berkembang selama waktu di sekolah, dan perkembangan mereka tidak dapat
dihindarkan yang dipengaruhi oleh struktur dan kultur sekolah, serta oleh
interaksi mereka dengan aspek-aspek dan komponen yang ada di sekolah, seperti
Kepala Sekola, guru, materi pelajaran dan antar siswa sendiri. Aturan sekolah
yang ketat berlebihan dan ritual sekolah yang membosankan tidak jarang
menimbulkan konflik baik antar siswa maupun antara sekolah dan siswa. Sebab
aturan dan ritual sekolah tersebut tidak selamanya dapat diterima oleh siswa.
Aturan dan ritual yang oleh siswa yakini tidak mendatangkan kebaikan bagi
mereka, tetapi tetap dipaksakan akan menjadikan sekolah tidak memberikan tempat
bag siswa untuk menjadi dirinya.
Kultur sekolah biasanya berkait erat
dengan visi yang dimiliki oleh kepala sekolah tentang masa depan sekolah.
Kepala sekolah yang memiliki visi untuk menghadapi tantangan sekolah di masa
depan akan lebih sukses dalam membangun kultur sekolah. Untuk membangun visi
sekolah ini, perlu kolaborasi antara kepala sekolah, guru, orang tua, staf
administrasi dan tenaga professional. Kultur sekolah akan baik apabila :
a) Kepala berperan sebagai model,
b) Mampu membangun tim kerjasama,
c) Belajar dari guru, staf, dan siswa,
dan,
d) Harus memahami kebiasaan yang baik
untuk terus dikembangkan.
Kepala
sekolah dan guru harus mampu memahami lingkungan sekolah yang spesifik tesebut.
Karena, akan akan meberikan perspektif dan kerangka dasar untuk melihat,
memahami dan memecahkan berbagai problem yang terjadi di sekolah. Dengan dapat
memahami permasalahan yang kompleks sebagai suatu kesatuan secara mendalam,
kepala sekolah dan guru akan memiliki nilai-nilai dan sikap yang amat
diperlukan dalam menjaga dan memberikan lingkungan yang kondusif bagi
berlangsungnya proses pendidikan.
Jadi yang dimaksud dengan kultur
sekolah adalah seperangkat kumpulan nilai kepercayaan, nilai tradisi, dan pola
pikir, untuk bagaimana bertindak dalam suatu lingkungan sekolah sebagai suatu
identitas sekolah yang menentukan proses perkembangan anak didiknya.
BAB
IV
SIMPULAN
DAN SARAN
A.
Simpulan
Setelah melakukan pengamatan
langsung di SMAN 5 Bulukumba dapat ditarik kesimpulan bahwa dengan bertatap
muka langsung kepada SMAN atau objek yang dituju akan lebih baik dan juga
memberikan pengalaman kepada saya serta memberikan saya pengetahuan yang cukup
untuk kedepannya. Saya juga bisa mengetahui situasi dan kondisi yang berkaitan
dengan sekolah yang bersangkutan.
B.
Saran
Adapun saran yang akan saya berikan
atara lain :
-
Sebagai
calon guru yang professional mahasiswa magang harus melakukan observasi dengan
serius dan bertanggung jawab agar memperoleh data atau informasi sesuai dengan
kenyataan sekolah yang dituju.
-
Mahasiswa
magang sebaiknya ikut terlibat dalam membangun sekolah misalnya ikut berpartisipasi
membantu guru atau karyawan dalam melakukan sebuah tugas atau pekerjaan.
DAFTAR
PUSTAKA
Latifiarni,
Khilma. “pendidikan membangun kultur sekolah”
<
http://tifiacerdikia.wordpress.com/lecture/lecture6/pendidikan/membangun-kultur-sekolah-berbasis-kepemimpinan/ >(diakses 06 agustus 2015)
M.edukasi,
“pengertian manajemen Berbasis Sekolah”. 12 februari 2013,
<
http://www.m-edukasi.web.id/pengertian-manajemen-berbasis-sekolah.html > (diakases 06 agustus 2015)
Syamsuri,
Andi Sukri. (dkk). 2013. Buku panduan magang 1. Makassar : FKIP Universitas
Muhammadiyah Makassar.
LAMPIRAN
1.
Dokumentasi
Kegiatan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar